57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

5 Rekomendasi Novel Horor yang Bikin Ngeri

Halo teman-teman pembaca, kalian yang klik tulisan ini pasti sedang mencari rekomendasi novel horor kan? Nah, di sini gua akan memberikan beberapa atau bahkan banyak novel rekomendasi untuk kalian yang menyukai kisah horor.

5 Rekomendasi Novel Horor yang Bikin Ngeri

Seri Trah Pitu oleh Simpleman

Kalian mungkin mengenal Simpleman dari tulisan atau cerita horornya yang viral di Twitter yaitu KKN di Desa Penari (yang menurut gua biasa aja ceritanya). Gua juga sama, tetapi gua akhirnya menjadi fans Simpleman karena seri novel horornya yang lain yaitu Seri Trah Pitu.

Seri Trah Pitu sendiri adalah sebuah seri novel horor yang cukup panjang dan banyak yang ditulis oleh Simpleman. Setidaknya sekarang ini telah ada 7-8 judul. Tiga diantaranya telah diterbitkan oleh Penerbit Bukune dengan judul Sewu Dino, Janur Ireng, dan Ranjat Kembang. Sementara sisanya, kalian bisa baca melalui media tulis dan media sosialnya Simpleman seperti di Wattpad, Karyakarsa, atau pun Twitter.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Sewu Dino oleh Simpleman (dok. Goodreads/Sewu Dino)

Baca juga: Review Novel Sewu Dino

Seri Trah Pitu ini bercerita tentang tujuh keluarga yang masing-masing memiliki iblis yang mereka sekutui. Mereka saling bersaing untuk menjadi keluarga nomor satu. Hal-hal keji, kejam, dan tidak manusiawi mereka lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, setelah perselisihan panjang dan memakan banyak korban, akhirnya mereka membuat kesepakatan damai dan membentuk kelompok yang disebut Trah Pitu.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Janur Ireng oleh Simpleman (dok. Goodreads/Janur Ireng)

Baca juga: Review Novel Janur Ireng

Namun, suatu hari ada keluarga yang melanggar perjanjian damai tersebut. Keluarga ini membunuh anggota keluarga lain yang akhirnya membuat rantai perselisihan masa lalu kembali terjadi.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Ranjat Kembang oleh Simpleman (dok. Goodreads/Ranjat Kembang)

Baca juga: Review Novel Ranjat Kembang

Secara personal, gua sangat menyukai Seri Trah Pitu. Bukan saja karena kisah tentang santet dan dukun, tetapi teror dari perilaku manusia dan kisah penuh misteri untuk mengungkap hal ganjil yang terjadi menjadi kelebihan dari Seri Trah Pitu.

Seri Kisah Tanah Jawa oleh Tim Kisah Tanah Jawa

Kalau seri buku ini kalian pasti tahu deh. Sangat terkenal, terutama kanal Youtube mereka dan figur Om Hao-nya. Seri Kisah Tanah Jawa ialah seri buku yang berisikan kisah-kisah dan informasi seputar hal mistis dan gaib yang terjadi di Pulau Jawa. Bukan hanya tentang hal mistis, Seri Kisah Tanah Jawa juga membahas fenomena-fenomena ganjil yang menjadi legenda di masyarakat serta kisah sejarah yang tentu masih ada kaitannya.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Buku Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul oleh TIm Kisah Tanah Jawa (dok. Goodreads/Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul)

Baca juga: Review Buku Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Gua menyukai Seri Kisah Tanah Jawa karena bukan saja tentang cerita seram, tetapi memberikan pesan moral dan kisah sejarah yang berbeda dari buku horor pada umumnya. Seri Kisah Tanah Jawa sudah memiliki lebih dari 7 judul dan setiap judul memiliki topik dan cerita yang berbeda-beda. Dua judul rekomendasi gua dari seri ini ialah Pocong Gundul dan Sihir Mesir.

Seri Midnight oleh Daniel Ahmad

Mungkin kalian agak asing dengan nama penulis kali ini, Daniel Ahmad, karena buku dari penulis ini tidak seterkenal dua penulis yang telah disebutkan di awal. Tetapi, nggak terkenal bukan berarti nggak bagus loh ya. Menurut gua, Daniel Ahmad adalah salah satu penulis horor bagus yang underrated. Beliau sudah menulis cukup banyak dan salah satu seri yang menjadi rekomendasi gua ialah Seri Midnight.

Seri Midnight adalah seri horor (yang mungkin agak fantasi) yang mengangkat tema cerita unik dan berbeda dari buku horor pada umumnya. Mungkin para pembaca pada tahu, biasanya kisah horor pasti ada hubungannya dengan rumah berhantu, roh penasaran, setan, dan dukun.

Seri Midnight sendiri sangat berbeda. Meski tetap ada unsur mistis seperti setan dan dukun, tetapi penulis juga memasukkan topik seperti benda keramat, sekte sesat, kanibalisme, hubungan terlarang, dan lainnya, yang sangat jarang ada di buku penulis horor Indonesia.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Midnight Restaurant oleh Daniel Ahmad (dok. Goodreads/Midnight Restaurant)

Baca juga: Review Novel Midnight Restaurant

Seri Midnight bercerita tentang tujuh benda keramat yang memiliki kekuatan khusus seperti mengulang waktu, memanggil roh, atau pun melihat masa depan seperti ramalan. Benda-benda keramat tersebut tersebar di berbagai tempat dan nantinya setiap buku akan bercerita tentang benda keramat tersebut serta manusia yang menemukannya.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Midnigth Hospital oleh Daniel Ahmad (dok. Goodreads/Midnight Hospital)

Baca juga: Review Novel Midnight Hospital

Kisah tentang benda keramat dan manusia yang menemukannya sering kali terjadi pada malam hari, makanya judul seri ini disebut Midnight yang memiliki arti Tengah Malam dalam Bahasa Inggris.

Sejauh ini (April 2023), seri ini sudah ada tiga judul. Dua sudah terbit (Midnight Restaurant dan Midnight Hospital) oleh penerbit Gagas Media dan satunya (Midnight Theatre) bisa kalian baca di media baca daring (semoga terbit juga ya). 

Trilogi Timur oleh Daniel Ahmad

Masih dari penulis yang sama, ada satu lagi seri novel horor yang menurut gua juga bagus yaitu Trilogi Timur. Sesuai dengan mana serinya, nantinya akan ada tiga judul cerita. Namun, saat ini yang telah terbit barulah satu dengan judul Pesta Bunuh Diri.

Pesta Bunuh Diri becerita tentang sekelompok orang yang tinggal di sebuah tempar misterius di tengah hutan. Suatu hari, terjadi wabah aneh yang menyerang para penduduk. Orang yang terkena wabah, kulitnya akan menjadi bersisik dan menghitam. Kemudian orang tersebut akan menjadi gila serta menyerang orang lain hingga akhirnya meninggal.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Pesta Bunuh Diri oleh Daniel Ahmad (dok. Goodreads/Pesta Bunuh Diri)

Baca juga: Review Novel Pesta Bunuh Diri

Seri Timur ini berfokus pada kisah misteri di mana kita mengikuti para tokoh mencari tahu sebab munculnya wabah aneh yang diduga berasal dari kutukan danau. Di dekat desa terdapat sebuah danau keramat dan misterius yang ditakuti warga.

Kuyang oleh Achmad Benbela

Nah, kalau yang terakhir ini adalah rekomendasi gua dari penulis pendatang baru yang menuliskan cerita horor.

Achmad Benbela, seorang wartawan yang tinggal di Pulau Kalimantan. Beliau kemudian terkenal karena utas cerita horornya yang viral di Twitter. Utas cerita horor tersebut pun kemudian dibukukan dan terbit oleh Penerbit Gagas Media.

Cerita yang dibukukan tersebut kemudian memiliki judul Kuyang. Inilah yang membuat kisah horor ini unik sehingga akhirnya viral di media sosial. Cerita yang diangkat bukan melulu kisah yang ada di Pulau Jawa, melainkan kisah Kuyang yang berasal dari Pulau Kalimantan.

Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri
Novel Kuyang oleh Achmad Bendela (dok. Goodreads/Kuyang)

Baca juga: Review Novel Kuyang

Kuyang bercerita tentang manusia yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi kuyang yang memangsa bayi dan anak kecil agar bisa awet muda. Suatu hari, ada sepasang suami-istri yang baru pindah ke sebuah desa di Kalimantan. Desa tersebut terletak cukup terpencil di pedalaman hutan Kalimantan. Suatu hari, sang Istri hamil.

Pada masa kehamilan tersebut mulai terjadi hal-hal ganjil di sekitar rumah mereka. Terdengar suara langkah kaki. Cahaya merah yang terbang di antara pepohonan. Dan yang paling mengerikan adalah muncul sosok kepala tanpa tubuh dengan organ dalam yang terjuntai meneteskan darah di kolong rumah mereka.

Itu dia 5 rekomendasi novel horor yang bikin ngeri oleh gua. Gua udah baca semuanya, dan bagus-bagus cerita horor dari novel di atas. 

Bagaimana dengan kalian? Ada yang sudah kalian baca? Silahkan ceritakan pengalaman membaca kalian. Atau kalian juga bisa memberikan rekomendasi buku atau novel horor lain di kolom komentar ya.

Posting Komentar

Posting Komentar