57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Cara Membuat Kegiatan Membaca Jadi Menyenangkan

Gua adalah orang yang gemar membaca, jadi gua tidak pernah berada di posisi kalian yang mungkin sama sekali menganggap kegiatan membaca adalah salah satu kegiatan yang tidak menyenangkan.

Namun, gua pernah berada di posisi yaitu mudah cepat bosan dan mengantuk ketika membaca, apa pun bacaannya. Nah, di sini gua akan membagikan bagaimana cara agar kegiatan membaca itu bisa menyenangkan berdasarkan pengalaman pribadi gua.

Namun, biar lebih enak akan gua jelaskan dari hal dasar yaitu dari pengertian membaca, tujuan membaca, maanfaat membaca, teknik membaca, dan terakhir barulah tips membaca agar lebih menyenangkan.

Apa Itu Membaca

Membaca adalah salah satu kegiatan berupa melihat tulisan atau teks dan memahami isi tulisan atau teks dengan mengeluarkan suara atau hanya dalam hati. Pengertian membaca versi lain adalah mengeja atau melafalkan tulisan atau teks.

Jadi, kalau kalian telah melihat, memahami, mengeja, atau melafalkan sebuah tulisan atau teks apa pun itu, entah satu kata, banyak kata, kalimat, angka, huruf, bahkan simbol. Maka kalian telah melakukan sebuah kegitatan yang kita sebut dengan membaca.

Tujuan Membaca

Sebenarnya, tujuan membaca untuk setiap orang atau individu tentu berbeda. Pasti ada alasan seseorang membaca sebuah tulisan atau teks. Berikut beberapa alasan yang umum seseorang melakukan kegiatan membaca:

  • Untuk belajar agar lebih memahami sebuah topik.
  • Untuk mencari ide yang unik yang belum ada atau ide baru.
  • Untuk menghibur diri atau sebagai sarana hiburan.
  • Untuk mendapatkan informasi atau mencari informasi yang belum diketahui.
  • Untuk menilai atau memeriksa kebenaran, dan lainnya.

Manfaat Membaca

Membaca tentu akan memberikan manfaat, banyak manfaat. Bukan hanya sebagai media komunikasi, membaca juga memiliki maanfaa dari segi kesehatan, pengetahuan, hingga skill atau kemampuan. Berikut beberapa manfaat yang akan kalian peroleh dari membaca:

  • Mengasah dan melatih otak.
  • Melatih dan meningkatkan kedisiplinan.
  • Memperoleh ketenangan.
  • Menambah kosakata atau diksi.
  • Menambah wawasan atau pengetahuan.
  • Mengurangi kebosanan atau bahkan stres.

Media Membaca

Di zaman yang modern ini, membaca sudah bisa dilakukan di mana pun, kapan pun, dan media apa pun. Tetapi di sini guaakan bagikan menjadi dua kategori, yaitu media cetak dan media digital.

Media Cetak

  • Koran atau majalah
  • Buku

Media Digital

  • Blog atau website
  • Media sosial

Teknik Membaca

Umumnya, orang-orang tahu ada dua teknik membaca, yaitu skimming dan scanning. Tetapi, ada dua lagi teknik membaca yang jarang orang tahu yaitu intensif dan ekstensif. Berikut penjelasan gua untuk setiap teknik membaca:

  • Skimming

Skimming adalah teknik membaca berupa mencari inti bacaan seperti ide pokok atau gagasan utama tulisan. Teknik skimming biasanya dipergunakan untuk menyimpulkan atau mencari kesimpulan sebuah bacaan. Teknik skimming dilakukan dengan membaca paragraf pertama, tengah, dan akhir dari sebuah tulisan dan juga hanya membaca kalimat awal, tengah, atau akhir dari setiap paragraf.

  • Scanning

Scanning adalah teknik membaca dengan cepat untuk mencari informasi tertentu atau informasi spesifik. Teknik scanning digunakan untuk mengumpulkan informasi yang diinginkan dengan cepat. Cara teknik scanning adalah membaca dengan cepat dengan fokus mencari kata kunci tertentu dari informasi yang diinginkan.

  • Intensif

Intensif atau disebut juga membaca dengan seksama adalah teknik membaca untuk mencari informasi secara detail dan memahami bacaan lebih dalam. Teknik ini biasanya digunakan untuk memperoleh akurasi informasi, mengumpulkan data dan fakta yang akurat. Cara membaca ini dilakukan dengan membaca satu per satu kata dan memahami maksud setiap kata yang dibaca.

  • Ekstensif

Ekstensif adalah teknik membaca secara biasa atau bahkan santai. Teknik ekstensif biasanya digunakan untuk memperoleh kesenangan atau hiburan dari sebuah bacaan. Teknik ini dilakukan dengan cara membaca seperti biasa tanpa ada ketentuan kecepatan, pilihan tulisan, atau tanpa harus paham secara mendalam suatu kata.

Tips Agar Membaca Jadi Lebih Menyenangkan

Mungkin banyak dari kalian yang menganggap membaca adalah kegiatan sepele yang mudah dilakukan. Namun, ketika kalian melakukannya ternyata tidak semudah dibayangkan. Kalian mudah bosan, mengantuk, atau bahkan pusing karena bacaan tersebut terlalu banyak atau berat secara isi. Berikut tips agar membaca jadi lebih menyenangkan yang pernah gua coba.

  • Pilih topik yang disuka untuk membaca

Untuk kalian yang jarang membaca dan baru ingin mencoba untuk membaca lebih sering dan rutin, sebaiknya kalian mulai dengan memilih topik dari hal yang kalian sukai.

Memilih bacaan yang disukai
Ilustrasi memilih bacaan yang disukai (dok. pexels.com)

Sebagai contoh gua sendiri, gua suka kisah horor, maka biasanya gua akan membaca tulisan bertema horor baik di media cetak seperti buku, mau pun media digital seperti sosial media. Biasanya gua akan membaca novel dengan genre horor atau membaca kisah horor di sosial media seperti Twitter.

Baca juga: Cara dan Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Pemula

  • Pilih waktu yang sesuai untuk membaca

Umumnya, orang-orang sering beralasan tidak membaca karena tidak memiliki waktu akibat kesibukan pekerjaan dan lainnya. Tetapi, sebenarnya kalian bisa membaca kapan pun di sela-sela waktu kesibukan kalian. Kalian bisa membaca saat sedang di angkutan atau kendaraan umum baik ketika berangkat kerja mau pun sepulang kerja. Kalian bisa membaca setelah bangun tidur atau sebelum tidur. Kalian juga bisa membaca di waktu istirahat kerja. Dan waktu yang kalian habiskan untuk membaca tidak harus lama.

Membaca sebelum tidur
Ilustrasi membaca sebelum tidur (dok. pexel.com)

Contohnya gua, biasanya gua akan membaca novel sebelum tidur setidaknya 15 menit. Alasannya karena membuat pikiran lebih rileks dan tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak. Terkadang juga gua akan membaca di sela-sela waktu kosong saat bekerja meskipun hanya 5 menit. Dan ini gua lakukan sering dan rutin hingga menjadi kebiasaan.

Baca juga: Cara Meluangkan Waktu Untuk Membaca Buku

  • Pilih tempat yang nyaman untuk membaca

Sebenarnya, kegiatan membaca bisa dilakukan di mana pun. Namun, kita bisa membuat agar kegiatan membaca kita menjadi lebih nyaman dengan memilih tempat tertentu. Baiknya, tempat yang ideal untuk membaca dengan nyaman adalah lokasi yang tidak terlalu berisik oleh suara aktivitas orang lain. Kereta dan kendaraan umum mungkin tidak bisa menjadi contoh, tetapi kalau kalian tidak mempermasalahkan dengan gangguan suara, maka membaca di kendaraan umum tidak jadi masalah.

Membaca di toko buku
Ilustrasi membaca di tempat tenang seperti toko buku (dok. pexels.com)

Gua biasanya membaca di kamar tidur, duduk di kasur bersenderkan bantal agar nyaman, dan terkadang memutar musik instrumen, suara alam, ambiens, atau musik dengan tempo lambat seperti lo-fi. Dan terkadang lokasi seperti toko buku dan perpustakaan juga menjadi tempat yang gua datangi untuk menghabiskan waktu membaca buku terutama pada akhir pekan.

Baca juga: Cara Memilih Tempat Yang Nyaman Untuk Membaca Buku

  • Cari teman untuk membaca

Kagiatan membaca akan jadi lebih seru dan menyenangkan di saat kita memiliki teman yang juga suka membaca. Teman membaca bisa menjadi dukungan dan motivasi untuk membaca. Bersama teman membaca kita bisa bertukar pikiran dan berdiskusi, saling memberikan rekomendasi bacaan, atau bahkan bertukar bacaan.

Membaca bersama teman atau saudara
Ilustrasi membaca bersama teman bahkan saudara (dok. pexels.com)

Gua memiliki teman-teman yang suka membaca. Teman-teman membaca atau sahabat baca ini gua temui di media sosial seperti Instagram dan Twitter. Terkadang, gua suka mengajak teman untuk membaca novel judul tertentu atau genre tertentu yang nantinya akan jadi bahan obrolan dan diskusi.

Baca juga: Cara Menemukan Teman Membaca Buku

  • Temani membaca dengan cemilan atau minuman

Membaca sembari menikmati cemilan atau minuman terbukti ampuh membuat kegiatan membaca jadi menyenangkan. Namun, hanya cemilan ya, bukan makanan besar. Cemilan atau minuman bisa meningkatkan mood saat membaca, pembaca menjadi lebih rileks atau bahkan bahagia. Contoh cemilan dan minumannya seperti coklat, kacang, kripik, biskuit, teh, dan kopi.

Membaca ditemani minuman
Ilustrasi membaca ditemani minuman (dok. pexels.com)

Gua sendiri suka membaca sembari ditemani oleh minuman. Biasanya gua menyeduh teh hangat seperti teh melati atau vanila. Aroma dari teh bisa membuat gua rileks sehingga lebih bisa menikmati dan nyaman saat membaca.

Baca juga: Rekomendasi Cemilan dan Minuman Untuk Menemani Membaca

  • Ikut komunitas atau klub membaca

Ikut bergabung dalam sebuah komunitas atau klub membaca mungkin bisa menjadi solusi agar kalian tidak mudah bosan saat membaca. Dengan ikut komunitas atau klub buku, maka kita akan memperoleh banyak rekomendasi bacaan unik dan berbeda yang mungkin belum kita ketahui dan kita bisa memiliki teman membaca.

Ikut klub buku dan berdiskusi
Ilustrasi ikut klub buku dan berdiskusi (dok. pexels.com

Gua ikut beberapa komunitas dan klub membaca. Ada dengan tema atau genre tertentu seperti Komunitas Pembaca Novel Fantasi Indonesia (PNFI) yang memiliki fokus membaca novel fantasi. Atau klub buku Neverland Book Club yang memiliki fokus membaca buku middle-grade atau buku anak.

  • Ikut tantangan membaca

Kalian bisa memotivasi diri untuk lebih semangat, rajin, dan rutin membaca dengan ikut tantangan membaca. Tantangan membaca biasanya diadakan oleh sesama pembaca, komunitas, penerbit, atau pun penulis. Tantangan-tantangan membaca ini biasanya diadakan bulanan dengan atau tanpa hadiah.

Tantangan membaca buku
Ilustrasi tantangan membaca buku setiap minggu (dok. pexels.com)

Penulis sendiri sering ikut tantangan membaca dari komunitas atau penerbit atau penulis. Biasanya tantangan tersebut adalah tantangan mingguan (lebih tepatnya 2 minggu) atau bulanan dengan tema tertentu. Tantangan tersebut terkadang ada hadiahnya atau nanti di akhir periode tantangan, para peserta akan berkumpul baik secara daring mau pun luring untuk diskusi tentang bacaannya.

Itu dia wejangan dari penulis perihal cara membuat kegiatan membaca jadi menyenangkan. Silahkan kalian coba praktikan dan kemudian bagikan perubahan yang terjadi di kolom komentar ya. Buat kalian yang punya cara dan tips lain juga bisa berbagi dengan cara berkomentar. Sampai ketemu.


Posting Komentar

Posting Komentar