57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Cara dan Tips Memilih Buku Bacaan untuk Pemula

Tulisan berikut cocok untuk kalian yang sedang mencari cara bagaimana memilih buku bacaan sebagai pembaca pemula. Gua akan memberikan tips bagaiman memilih buku bacaan sehingga kegiatan membaca pertama kalian menjadi lebih menyenangkan.

Cara dan Tips Memilih Buku Bacaan untuk Pemula

Pilih Sesuai Jenis Buku

Tahukah kalian kalau buku itu memiliki jenis atau ketegori? Berdasarkan jenisnya, buku dibedakan menjadi dua tipe yaitu buku non fiksi dan fiksi. Berikut pengertian buku non fiksi dan buku fiksi.

  • Buku Non Fiksi

Jenis buku non fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan kejadian nyata, data, dan fakta. Buku non fiksi memiliki sifat objektif dan mampu dipertanggungjawabkan dari data dan informasi yang sebelumnya telah diriset oleh penulis. Buku non fiksi biasanya digunakan untuk keperluan pembelajaran atau akademis. Contoh buku non fiksi yaitu esai, jurnal, dan karangan ilmiah.

  • Buku Fiksi

Jenis buku fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan rekaan, khayalan, atau imajinasi alias tulisan yang tidak berdasarkan kenyataan. Buku fiksi umumnya memiliki ide tulisan yang berasal dari khayalan atau imajinasi penulis bukunya. Gaya penulisan buku fiksi biasanya menggunakan diksi atau kata kiasan yang terkadang tidak memiliki makna sebenarnya. Contoh buku fiksi yaitu komik, novel, dan kumpulan cerita atau antologi.

Sebagai orang yang ingin mencoba dan memulai membaca, kalian bisa mulai dengan memilih jenis buku yang ingin kalian baca. Buku non fiksi cocok bagi kalian yang ingin mencari informasi baru yang belum diketahui. Buku fiksi cocok untuk kalian yang ingin mencari hiburan. Jadi, kalian memilih jenis buku yang mana nih?

Pilih Sesuai Topik atau Genre yang Disukai

Cara berikutnya untuk memilih buku bacaan adalah dengan memilih topik atau genre bacaan. Terdapat banyak topik dan genre yang dimiliki oleh buku non fiksi dan buku fiksi. Berikut topik dan genre yang umum dan sering dibaca oleh teman pembaca, termasuk gua.

Macam-macam Buku Non Fiksi

  • Motivasi atau Pengembangan Diri

Buku dengan tema motivasi dan pengembangan diri mengalami perubahan popularitas di zaman sekarang. Di tengah hiruk-pikuk pekerjaan dan kehidupan yang terkadang membuat stres, buku motivasi dan pengembangan diri menjadi solusi untuk membuat diri sendiri berkembang, bersemangat, dan lebih bahagia. Akibatnya, buku motivasi dan pengembangan diri lebih populer saat ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Motivasi dan Pembembangan Diri

  • Bisnis

Sekarang ini lapangan pekerjaan sangat sedikit dan peluang memperoleh pekerjaan menjadi kecil. Para lulusan baru mulai berpikir untuk memulai bisnis sendiri, sehingga buku-buku bisnis menjadi populer beberapa waktu ini. Tapi bukan hanya untuk lulusan baru, banyak juga para pekerja dan pembisnis yang membaca buku bisnis untuk mengembangkan bisnis masing-masing agar lebih efisien, baik, dan besar. Buku dengan tema bisnis menjadi salah satu solusi untuk belajar membangun dan mengembangkan sebuah bisnis.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Bisnis Untuk Memulai dan Mengembangkan Usaha

  • Parenting

Di saat zaman dan dunia serba digital, banyak orang tua yang memiliki kecemasan bagaimana teknologi mempengaruhi tumbuh dan kembang anak-anak mereka. Buku dengan tema parenting akhirnya banyak dicari oleh para orang tua untuk belajar bagaimana mengasuh, mendidik, dan mendukung proses tumbuh dan kembang anak mereka. Buku dengan tema parenting adalah salah satu tema buku yang akhirnya laris, meski pun tidak masuk daftar bestseller.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Parenting Agar Menjadi Orang Tua Bijak

  • Biografi atau Autobiografi

Seorang tokoh atau figur publik yang sukses dengan berbagai pencapaian sering kali menarik perhatian orang-orang. Kita penasaran dengan bagaimana kisah hidup mereka hingga bisa meraih kesuksesan dan pencapaian. Dan mungkin saja kita bisa belajar dari kisah mereka.

Tidak hanya itu, kisah kepahlawan yang penuh dengan perjuangan juga menjadi salah satu cerita yang membuat orang pensaaran. Orang-orang ingin mengetahui bagaimana seorang pahlawan pada zamannya berjuang membela yang mereka yakini. Kita bisa belajar, mengenang dan mengingat kembali kisah sejarah yang ada.

Itulah manfaat dari buku dengan tema biografi atau autobiografi. Buku dengan tema biografi atau autobiografi biasanya berisikan kisah hidup seseorang. Entah itu tokoh terkenal, tokoh pahlawan, tokoh penemu, atau orang-orang sukses yang meraih pencapaian tertentu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Biografi dan Autobiografi Tokoh Keren

  • Teknologi

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat di zaman sekarang, buku dengan tema teknologi menjadi populer. Orang-orang membeli dan membaca buku dengan tema teknologi agar bisa mengikuti dan menggunakan teknologi yang hadir di masyarakat. Biasanya buku teknologi menjelaskan tentang tutorial untuk menggunakan sebuah teknologi, info-info terbaru teknologi, hingga cara membuat sebuah teknologi yang bisa dipergunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Teknologi Agar Selalu Update

Cara dan Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Pemula
Ilustrasi berbagai macam-macam buku (dok. pexels.com)

Macam-macam Buku Fiksi

  • Horor

Buku dengan genre horor memiliki alur cerita yang membuat pembaca takut, ngeri, tegang, hingga membuat pembaca merinding. Biasanya genre ini dihubungkan dengan hal mistis dan supranatural alias gaib. Hal-hal yang sulit dijelaskan oleh akal sehat seperti tentang setan, iblis, dukun, penyihir, dan kutukan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Horor Yang Bikin Ngeri

  • Fantasi

Kisah fantasi adalah cerita yang tidak ada hubungannya dengan dunia nyata dan terkadang tidak masuk akal. Buku dengan genre fantasi biasanya menceritakan kisah petualangan di sebuah dunia imajinasi yang dibuat oleh penulis. Biasanya buku dengan genre fantasi memiliki elemen cerita seperti sihir, monster, kesatria, pahlawan, dan ramalan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Fantasi Dengan Dunia Yang Memukau

  • Fiksi Ilmiah (Science Fiction)

Fiksi ilmiah atau dikenal juga dengan sebutan sci-fi adalah sebuah genre fiksi yang memiliki fokus utama cerita tentang dunia modern, dunia di masa depan, dunia dengan teknologi maju, luar angkasa, kiamat, dan lainnya. Dan tentu saja, segala kemajuan teknologi yang hadir pada cerita adalah sebuah karangan dari imajinasi penulis, tidak ada di dunia nyata. Biasanya, orang akhirnya memutuskan untuk membaca genre sci-fi adalah karena penasaran dengan teknologi maju yang hadir pada cerita.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Sci-fi Yang Bikin Terpana

  • Romansa (Romance) dan Drama

Genre buku romansa dan drama sering kali kita temui dan juga genre yang paling banyak peminatnya. Genre buku romansa atau drama menceritakan kisah kehidupan sehari-hari yang diselipkan unsur drama serta cinta. Buku romansa atau drama biasanya ditulis lebih puitis agar pembaca ikut baper dan senyam-senyum sendiri.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Romance dan Drama Yang Bikin Baper dan Kesel

  • Komedi

Buku dengan genre komedi akan menyajikan kisah ringan dengan unsur humor, candaan, dan kekonyolan dengan tujuan menghibur para pembaca. Buku genre komedi sering kali dipilih oleh pembaca sebagai bacaan ringan dan menghibur di saat sedang penat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Komedi Yang Bikin Senyam-senyum dan Ketawa

  • Thriller dan Misteri

Thriller dan misteri adalah salah satu genre yang populer di kalangan komunitas dan pembaca buku belakangan ini. Genre thriller dan misteri menyuguhkan cerita yang memberikan ketegangan, deg-degan, dan rasa penasaran kepada pembaca. Biasanya, buku genre thriller dan misteri memiliki kisah tentang detektif, pembunuh, kejahatan, atau sebuah tragedi dan bencana mengerikan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Thiller dan Misteri Yang Bikin Geleng Kepala

Cara dan Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Pemula
Ilustrasi mencari buku di bagian bestseller (dok. pexels.com)

Pilih Dari Daftar Buku Bestseller

Cara selanjutnya untuk memilih buku bacaan adalah melihat di daftar buku populer dan bestseller oleh penerbit atau pun toko buku. Umumnya, penerbit atau toko buku akan selalu memperbaharui daftar buku populer dan bestseller mereka setiap bulan. Di sana, kalian bisa memilih berbagai buku dengan berbagai genre dan topik atau tema tulisan.

Pilih Dari Rekomendasi Sesama Pembaca Buku

Kalian bisa menggunakan cara ini dengan bertanya kepada para pembaca lain atau teman kalian yang suka membaca. Keuntungan dari cara ini adalah kita bisa memperoleh testimoni tentang buku yang menjadi rekomendasi oleh teman kita. Dan kalau kalian tidak memiliki teman yang juga suka membaca, sekarang ini banyak rekomendasi buku oleh para pembaca buku di media sosial. Kalian bisa mencari berbagai rekomendasi dari berbagai topik dan genre di sana.

Pilih Dari Tebal Buku

Cara terakhir sangat efektif untuk kalian yang ingin mencoba membaca tetapi tidak ingin terlalu banyak, panjang, dan lama. Kalian bisa memilih buku bergenre atau topik yang kalian suka dengan jumlah ketebalan halaman tertentu. Umumnya, sebuah buku setidaknya memiliki ketebalan mulai dari 50 halaman.

Itu dia beberapa tips dari gua tentang bagaimana cara dan tips memilih buku bacaan untuk pemula sehingga kegiatan membaca pertama kalian menjadi lebih menyenangkan. Jika kalian memiliki tips lain, boleh tulis di kolom komentar.

Baca juga: Tips dan Tutorial Merawat Koleksi Buku agar Awet Lama

Posting Komentar

Posting Komentar