57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Tips dan Tutorial Merawat Koleksi Buku agar Awet Lama

Buku adalah harta karun yang harus dirawat dengan baik. Terlepas dari apakah kalian hanya memiliki beberapa buku atau koleksi buku yang banyak, merawat buku mampu memperpanjang usia pakainya dan menjaga kondisinya tetap baik. Dalam artikel ini, gua akan memberikan beberapa tips tentang cara merawat buku. 

Tips dan Tutorial Merawat Koleksi Buku agar Awet Lama

Jaga Kondisi Lingkungan atau Ruangan Saat Menyimpan Buku

Lingkungan tempat kalian menyimpan buku sangat berpengaruh pada kualitas dan umur pemakaian buku. Pastikan lingkungan atau tempat penyimpanan buku kalian kering, bersih, dan bebas dari paparan sinar matahari langsung. Suhu dan kelembaban yang stabil juga dapat membantu mencegah kerusakan pada buku. Baiknya, suhu ruangan yang dianjurkan untuk menyimpan buku ada di antara 24°C hingga 28°C dengan pengaturan pendingin udara yaitu Dry. Tujuannya agar buku tidak menjamur dan memperlambat oksidasi kertas yang membuat kertas menguning.

Tata atau Atur Posisi Buku dengan Baik

Tata letak penyimpanan buku kalian sangat penting. Untuk menjaga kondisi buku tetap baik, pastikan kalian meletakkan atau memposisikan buku tegak atau mendatar dengan rapi dan tidak menumpuk terlalu banyak di satu tempat. Hindari menaruh buku di lantai atau dinding ruangan atau rumah yang terekspos langsung keluar ruangan atau di area yang rentan terkena kelembaban atau serangan serangga.

Sampul Buku

Menggunakan sampul buku adalah salah satu cara untuk melindungi buku secara langsung. Kalian bisa menyampul buku menggunakan berbagai bahan sampul, namun yang menjadi rekomendasi ialah sampul buku jenis mika yang transparan (bening, putih) atau yang doff (putih, buram). Fungsi menyampul buku ialah untuk mencegah bagian terluar buku terkena kotoran seperti cipratan air atau minuman, keringat tangan, atau debu-debu.

Baca juga: Cara Membuat Kegiatan Membaca Jadi Menyenangkan

Memilih Rak atau Lemari Buku yang Cocok

Pilih rak buku yang kuat dan stabil untuk menempatkan buku kalian. Pastikan rak buku kalian memiliki penyangga atau pegangan yang kuat untuk menjaga buku tetap tegak dan tidak terjatuh. Kalian bisa menggunakan rak, tempat penyimpanan tanpa pintu, atau lemari, tempat penyimpanan dengan pintu yang biasanya kaca. Baiknya menggunakan rak karena mempermudah sirkulasi udara sehingga tidak pengab dan lembab dan membuat buku tidak mudah menguning atau berjamur. Kalian tetap bisa menggunakan lemari dengan pintu kaca, tetapi kalian harus rutin membuka lemari tersebut agar udara di dalam lemari tidak menjadi pengab dan lembab dan membuat buku cepat menguning dan berjamur.

 Bersihkan Buku

Membersihkan buku secara teratur dapat membantu menjaga kondisi buku tetap baik. Pastikan tangan kalian bersih sebelum memegang buku. Kalian bisa gunakan tisu atau kain bersih untuk membersihkan debu atau kotoran pada buku. Hindari menggunakan air atau produk pembersih pada buku kecuali diperlukan. Kalian juga bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan rak buku dan buku. Selain itu, kalian juga disarankan untuk mengeluarkan buku agar buku bisa bernapas dari setiap sisi dan tidak lupa membuka tutup buku agar tidak kaku, agar kertas tetap lentur dan fleksibel karena mungkin buku tersebut akan kalian baca di masa mendatang.

Itu beberapa tips dan tutorial bagaimana cara kalian merawat buku agar tahan lama dan berumur panjang. Tips bonus, kalian bisa mendekorasi rak buku kalian dengan berbagai pernak-pernik buku seperti pembatas buku, poster, kartu ucapan, bunga kering, bahkan lampu RGB sesuai keinginan kalian. Sekian tipsnya, sampai ketemu di tips lain.

Baca juga: Cara dan Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Pemula

Posting Komentar

Posting Komentar