57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Cara Meluangkan Waktu untuk Membaca Buku

Sebelum kita membahas bagaimana cara meluangkan waktu untuk membaca, gua miliki satu pertanyaan nih untuk kalian. Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk membaca buku? Ada yang punya jawabannya? Nah, kalau kalian nggak tahu, mari kita bahas kapan waktu yang tepat untuk membaca buku.

Tidak semua orang memiliki waktu yang cukup panjang dan lama untuk membaca buku. Tapi, sering juga orang-orang beralasan tidak membaca buku karena tidak memiliki waktu yang padahal sebenarnya membaca buku bisa dilakukan kapan pun. Bahkan di sela-sela kesibukan pekerjaan. Berikut gua bagikan pengalaman gua kapan waktu yang sering gua gunakan untuk membaca buku.

Waktu yang Tepat untuk Membaca Buku

  • Setelah Bangun Tidur

Buat kalian yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi. Waktu setelah bangun tidur adalah waktu yang cocok untuk membaca buku. Di waktu pagi setelah bangun tidur dan sarapan, otak kita sedang bersiap untuk beraktivitas. Waktu pagi inilah yang sangat baik untuk membaca buku dengan tujuan belajar karena otak akan merekam informasi di saat otak masih segar. Ini akan memudahkan kita untuk mengingat informasi-informasi baru yang kita perlukan untuk tujuan belajar.

Dan untuk kalian yang tidak memiliki kebiasaan bangung pagi, membaca pada pagi hari bisa menjadi rutinitas baru yang baik untuk  tubuh. Tubuh akan dilatih untuk bangun pagi sehingga kita bisa membaca dan beraktivitas dengan segar dan bersemangat. Tapi ingat, agar bisa bangun pagi, pada malam hari kalian jangan tidur terlalu malam atau bahkan begadang ya. Kekurangan tidur justru akan membuat tubuh menjadi lemas karena tubuh kurang beristirahat setelah beraktivitas panjang.

  • Saat Menggunakan Kendaraan Umum

Tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi. Kebanyakan para pekerja harus menggunakan kendaraan umum untuk pergi dan pulang dari lokasi kerja. Nah, kalian bisa memanfaatkan waktu selama kalian menaiki kendaraan umum dengan membaca. Dikarenakan kendaraan umum adalah tempat yang biasanya ramai oleh penumpang, kalian tidak harus membaca buku dalam bentuk fisik. Kalian bisa membaca buku digital atau ebook, atau juga membaca berita di website dan media sosial.

  • Waktu Istirahat Kerja

Pada siang hari, di waktu istirahat makan siang dan istirahat kerja, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk membaca buku. Biasanya, waktu istirahat antara 30 menit hingga 1 jam. Sembari makan siang dan istirahat, kita bisa juga menyelipkan membaca buku. Kalian bisa membaca buku yang kalian inginkan di waktu makan siang atau istirahat kerja.

  • Sebelum Tidur

Waktu sebelum tidur juga sangat cocok untuk membaca buku seperti halnya setelah bangun tidur. Di waktu-waktu ini sangat cocok untuk kalian membaca buku cerita yang ringan seperti novel, komik, kumpulan cerita, dan lainnya. Tujuannya untuk membuat tubuh rileks sebelum akhirnya kita tidur. Membaca sebelum tidur terbukti mampu mambuat tubuh lebih santai, rileks, dan nyaman apalagi kalau kalian membaca sembari duduk di atas kasur seperti yang rutin gua lakukan. Kita akan lebih mudah tertidur dan tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

Namun, pilihlah cerita yang santai ya. Jangan memilih cerita horor, thriller, atau tragedi. Nanti bukannnya tidur nyenyak, kita malah mimpi buruk karena terbawa cerita dari buku yang kita baca. Gua pernah mengalaminya, mimpi di kejar monster di tengah hutan bambu. Bangunnya dengan kaget dan jadi nggak bisa tidur.

Nah, itu dia waktu-waktu yang baik untuk membaca buku. Kalian bisa meluangkan waktu di waktu-waktu tersebut untuk membentuk rutinitas membaca buku. Tetapi, tidak hanya meluangkan waktu, kalian juga harus memiliki kesiapan dan menyingkirkan hal-hal yang biasanya mengganggu kita saat ingin membaca buku. Berikut hal yang kalian bisa lakukan agar waktu yang telah kalian luangkan tidak terbuang sia-sia untuk membaca buku.

Hal Yang Kalian Lakukan Agar Fokus Membaca Buku

  • Selalu Sedia Buku atau Bahan Bacaan

Kalau kalian serius ingin membangun rutinitas dan kebiasaan membaca, ada baiknya kalian selalu membawa buku bacaan. Kalian bisa membawa buku cetak atau buku digital. Tujuannya agar di saat kalian memiliki waktu, kalian bisa langsung membaca buku kapan pun dan di mana pun.

  • Singkirkan Gangguan Seperti Ponsel

Untuk kalian yang mudah terganggu dengan hal-hal sekitar seperti ponsel, televisi, dan gawai atau hal lainnya. Kalian direkomendasikan untuk menyingkirkan hal yang akan menjadi gangguan tersebut. Tujuannya agar kalian bisa lebih fokus saat membaca.

  • Tentukan Target Membaca

Tujuan menentukan target membaca adalah agar kalian memiliki alasan dan kewajiban untuk membaca sehingga kalian akan rutin membaca dan menjadi kebiasaan untuk membaca.

Target membaca juga tidak harus besar atau banyak. Kalian bisa memulai dengan hal kecil seperti membaca sehari 5-15 menit, membaca 5 halaman setiap hari, atau membaca 2 buku setiap bulan. Kalian tentukan sendiri target membaca seperti apa yang membuat kalian nyaman.

Itu dia tips dan cara meluangkan waktu untuk membaca buku. Kalian bisa coba dan praktikkan masing-masing. Lihat perubahan yang terjadi. Untuk kalian yang sudah memiliki atau sudah mencoba tips di atas, silahkan bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Posting Komentar