57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Cara Memilih Tempat yang Nyaman untuk Membaca Buku

Memang sebenarnya kita bisa membaca di mana pun selama kita bisa meluangkan waktu untuk membaca. Tapi, sebuah tempat untuk membaca mampu memberikan pengalaman membaca yang berbeda. Tempat membaca tertentu mampu memberikan kenyamanan, ketenangan, dan fokus saat membaca. Berikut tempat membaca yang sering gua gunakan dan kunjungi sebagai tempat membaca yang nyaman.

Rekomendasi Tempat yang Nyaman untuk Membaca

  • Kamar

Kamar adalah tempat pertama dan paling dekat yang bisa kalian gunakan untuk membaca buku. Membaca di kamar kita sendiri membuat kita lebih nyaman dan tenang karena kita fimiler dengan tempat tersebut. Kamar menjadi tempat yang jarang sekali memperoleh gangguan. Sebagai pembaca, gangguan paling umum ketika membaca di kamar adalah dari keluarga, teman, atau pun tamu yang berkunjung yang pada nyatanya sangat jarang terjadi.

Kalian bisa membuat kamar sebagai tempat membaca yang nyaman menjadi lebih nyaman dengan melakukan beberapa hal. Gua sendiri biasanya saat membaca di kamar akan memutar musik instrumen dan suara alam, menyeduh teh sebagai minuman yang menemani membaca, dan kadang juga menyiapkan cemilan seperti krupuk.

  • Kafe

Membaca di kafe adalah hal yang mungkin bisa kalian lakukan jika kalian bekerja dan sering berpindah-pindah. Keuntungan membaca di kafe adalah kalian bisa juga membaca sembari bekerja, terutama para pekerja lepas. Di kafe kalian juga bisa memesan minuman dan cemilan untuk menemani kegiatan membaca kalian. Dan biasanya, kafe-kafe selalu memutarkan musik dengan tempo lambat yang sangat cocok sebagai musik pengiring untuk membaca.

  • Toko Buku

Bagi kalian yang sering mengunjungi toko buku untuk melihat buku baru dan membeli buku, toko buku juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk membaca. Dengan koleksi yang lumayan lengkap, kalian bisa membaca buku apa saja tanpa harus membeli bukunya. Tapi, buku yang bisa kalian baca adalah buku contoh atau sample yang telah disediakan oleh pihak toko buku ya. Kalian jangan membuka segel buku baru untuk membaca buku, toko buku bisa merugi karena buku tersebut akhirnya tidak bisa dijual.

Dulu, gua lumayan rutin ke toko buku untuk membaca buku. Buku yang gua baca adalah komik. Gua biasanya bisa menghabiskan waktu 2 hingga 3 jam di toko buku untuk membaca komik yang menjadi contoh alias sample sebelum akhirnya gua beli jika ingin dikoleksi.

  • Perpustakaan

Alternatif selain toko buku dengan koleksi buku yang lengkap adalah perpustakaan. Kalian bisa membaca berbagai macam buku di perpustakaan, bahkan ada perpustakaan di mana kalian bisa menonton film secara gratis seperti di Perpustakaan Nasional. Namun, untuk bisa membaca di perpustakaan biasanya kita diharuskan untuk mendaftar sebagai anggota perpustakaan terlebih dahulu, tidak bisa langsung datang berkunjung dan membaca buku.

Tapi tenang saja, proses pendaftaran anggota perpustakaan tidak sulit. Biasanya kalian cukup mengisi formulir yang telah disediakan, menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau Kartu Pelajar, dan pendaftaran pun selesai. Kalian bisa mengakses koleksi buku yang ada di perpustakaan di mana kalian menjadi anggotanya.

Bahkan, sekarang sudah ada perpustakaan digital seperti iPusnas di mana dengan bermodalkan posnel dan mendaftar di sana, kalian bisa membaca buku digital di ponsel kalian kapan pun dan di mana pum. Kekurangan dari perpustakaan digital adalah adanya antrian baca karena jumlah pengguna yang banyak. Bahkan pernah yang mengantri hingga ratusan orang untuk jumlah buku digital sekitar 5-10 eksemplar saja.

  • Taman

Tempat terakhir yang menjadi rekomendasi gua adalah taman. Sekarang ini, banyak taman-taman yang mendukung kegiatan literasi, seni, dan budaya dengan menyediakan fasilitas seperti pojok baca, perpustakaan umum, ruang baca, panggung pertunjukan, amfiteater, dan lainnya. Di taman, kita bisa beraktivitas di luar ruangan dan juga membaca buku dengan nuansa hijau yang memberikan kesegaran. Taman menjadi tempat rekreasi menyenangkan yang bisa kalian kunjungi di akhir pekan.

Itu dia beberapa tempat yang menjadi rekomendasi gua di mana kalian bisa datangi untuk membaca. Apakah ada yang pernah kalian datangi? Kalau iya, coba ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar. Untuk yang belum, boleh nih kalian coba, seru loh. Pengalaman baru.

Posting Komentar

Posting Komentar