57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Cars 2 (2011)

Ini adalah film kedua dari seri film Cars (2006).

Pada film pertamanya, kita telah menyaksikan seorang pembalap pendatang baru bernama Lighting McQueen yang berhasil memenangkan kejuaraan Piston Cup. Kita telah menyaksikan kisah perjuangan McQueen. Di film keduanya, kita akan diperlihatkan kelanjutan kisah McQueen. Selain ada kejuaraan Piston Cup, terdapat juga kejuaraan dunia yaitu World Grand Prix dan McQueen diundang untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

Inilah review film animasi Cars 2 (2011).

Deskripsi dan Sinopsis Film Cars 2 (2011)

Bintang mobil balap Lightning McQueen dan temannya Mater pergi ke luar negeri untuk bersaing dalam balapan World Grand Prix. Tapi jalan menuju kejuaraan menjadi berbatu saat Mater terjebak dalam petualangannya sendiri yang menarik: spionase internasional.

Plot dan Alur Cerita Film Cars 2 (2011)

Review Film Cars 2 (2011)
World Grand Prix (dok. IMDb/Cars 2)

Latar belakang cerita adalah setelah beberapa tahun dari film pertama. McQueen yang di film pertama akhirnya mengalah saat kejuaraan, menyerahkan juara Piston Cup ke pesaing lain dan sekarang akhirnya menjadi juara beberapa kali dan memperoleh tropi miliknya sendiri.

Tapi sayangnya, di film keduanya ini dikisahkan kalau Doc Hudson yang merupakan pelatih McQueen sekaligus kepala kru balap McQueen meninggal karena tua. McQueen pun harus berjuang untuk memenangkan kejuaraan dunia, World Grand Prix, tanpa kehadiran Doc.

Selain itu, sahabat McQueen yaitu Mater diajak oleh McQueen untuk menjadi kepala kru selama McQueen mengikuti World Grand Prix. Mater yang mempunyai sifat blak-blakan membuat repot McQueen di mana Mater terlibat konspirasi internasional dan berhubungan dengan kejadian ganjil yang terjadi selama World Grand Prix.

Review Film Cars 2 (2011)
Mater menjadi kepala kru balap McQueen (dok. IMDb/Cars 2)

Film akan dimulai disebuah kota bernama Radiator Spring. McQueen yang saat itu sedang liburan tiba-tiba mengalami kejadian tak terduga di mana Mater yang merasa tersinggung karena McQueen dihina oleh seorang pembalap internasional di televisi yang ditontonnya kemudian membuat panggilan dan membalas komentar tersebut.

Akibatnya, terjadi debat panjang dan perselisihan. Sang penyelenggara yang hadir sebagai bintang tamu di acara televisi tersebut kemudian mengundang dan menantang McQueen untuk ikut dalam kejuaraan. McQueen pun menerima dan mengajak Mater.

Selanjutnya, McQueen bersama kru balapannya pun terbang ke berbagai negara dan melakukan pertandingan sekaligus untuk membuktikan diri kalau dia menerima tantangan tersebut dan akan menjadi juara.

Review Film Cars 2 (2011)
Mater terlibat konspirasi dan agen mata-mata (dok. IMDb/Cars 2)

Di sisi lain, ketika McQueen sedang bertanding, Mater yang menjadi kepala kru untuk membantu McQueen malah terlibat dalam situasi tidak terduga. Seorang agen mata-mata internasional salah menyangka kalau Mater adalah seorang informan internasional dan Mater harus terlibat dalam sebuah konspirasi dan aksi-aksi sebagai agen mata-mata.

Baca juga: Review Film Cars 3 (2017)

Review dan Ulasan Film Cars 2 (2011)

Setelah film pertama yang cukup sukses tetapi menuai beberapa kritik tentang alur cerita yang biasa saja. Di film kedua ini, kita akan menyaksikan sebuah alur cerita baru dan berbeda.

Film ini akan dipenuhi dengan berbagai aksi-aksi menegangkan yang melibatkan Mater sahabat McQueen seperti film mata-mata Mission Impossible tetapi tetap dengan unsur komedi dan tidak lupa bagian balap-balapan mobil oleh McQueen.

Sayangnya, akibat perubahan ini, bukannya dinilai menjadi lebih baik dari film pertamanya, film ini malah menuai kritik pedas karena malah melenceng dari konsep cerita seperti di film pertama. Ada yang suka dan ada yang tidak suka.

Review Film Cars 2 (2011)
Mater terjebak perangkap musuh (dok. IMDb/Cars 2)

Seri ini adalah salah satu seri bagus dari banyak seri. Gua berkata demikian karena gua menyukai alur ceritanya yang sedikit rumit karena perubahan yang terjadi sejak film pertama.

Yang dikecewakan adalah bagian hubungan karakternya, terutama adegan McQueen bersama Mater menurut gua kurang banyak porsinya. Terlalu banyak adegan Mater yang melakukan aksi mata-mata, bertarung, menyamar dll.

Ciri khas film yang harusnya fokus ke karakter McQueen hilang dan beralih ke karakter Mater. Tetapi kalian tidak akan terlalu kecewa pada hal tersebut karena telah dibumbui adegan aksi yang keren-keren serta menegangkan dengan peralatan canggih dll. Mirip banget Mission Impossible.  Rating film Cars 2 (2011):

6.5
Penyamaran mata-mata yang tidak berguna

Dan ya... kurang lebih begitu menurut gua. Kalau punya pendapat lain, komen aja. Ingat, jangan lupa nonton agar kalian tetap waras dan terhibur. Sampai jumpa.

Baca juga: Review Film Wish Dragon (2021)

Posting Komentar

Posting Komentar