57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel The Arson Project

Blurb dan Sinopsis Novel The Arson Project

Dominic ‘Mike’ Risena selalu ingin membuat Kara terpesona pada keahliannya. Buku keren, musik bagus, hingga api yang ia ciptakan dari batu. Namun sekeras apa pun ia berusaha, jabatan tertingginya hanya cleaning service di sanggar teater tempat Kara menjadi bintang utamanya. 

‘Kara’ Alya Estungkara, telah lama mengagumi kejeniusan Mike. Tapi dorongan adrenalin masa remaja membuatnya jatuh di pelukan aktor muda tampan lawan mainnya di sanggar teater. Mereka berbagi dunia yang sama, dunia yang penuh puisi. Ketika orang yang ia percaya justru melecehkannya, Kara terluka dan terdorong untuk menuntut balas. Dan, Mike bisa mewujudkannya.

Sekarang, jika Mike dan Kara bersatu, karya apakah yang akan tercipta? Sebuah pentas drama memukau dengan puisi-puisi Kara dan iringan musik Mike atau... rencana pembakaran gedung teater yang nyaris sempurna?

Plot dan Jalan Cerita Novel The Arson Project

Ibunya bekerja sebagai cleaning service dan Mike selalu ikut ibunya saat bekerja. Kara adalah anak dari pasangan seniman terkenal, karena kesibukan orang tuanya, Kara hanya bisa menghabiskan waktu bersama ayah dan ibu saat liburan.

Keluarga Kara memiliki sebuah pondok di pinggiran kota. Pondok tersebut terletak di bukit yang dikelilingi hutan. Sebuah tempat wisata. Setiap liburan, mereka pergi ke pondok tersebut untuk menghabiskan waktu bersama.

Sebelum keluarga Kara pergi ke pondok, mereka biasanya menyewa jasa cleaning service untuk membersihkan dan merapikan pondok setelah lama ditinggalkan. Saat itulah Kara bertemu dan berteman dengan Mike.

Baca juga: Review Novel Weathering with You

Setelah bertahun-tahun waktu berlalu, Kara sekarang telah menjadi seorang aktris panggung pertunjukan terkenal. Sementara Mike melanjutkan usaha ibunya, membuka bisnis cleaning service. Mereka berdua telah lama tidak bertemu, hingga akhirnya Kara bertemu Mike di sebuah sanggar teater tempat Kara latihan dan Mike yang saat itu memperoleh permintaan cleaning service di sana.

Tapi, pertemuan tersebut berbeda. Kara waktu itu ternyata mengalami pelecehan oleh salah seorang pemain pertunjukan yang menjadi rekan Kara. Mengetahui itu, Mike tidak terima. Mike yang sedari dulu menyukai Kara memberikan bantuan kepada Kara.

Review dan Ulasan Novel The Arson Project

Plot dan jalan cerita sederhana. Termasuk novel yang cukup santai, lambat. Konflik sudah diperkenalkan sejak awal tetapi puncak konflik muncul di babak ketiga cerita di mana berbagai perkara penuh drama muncul.

Karakternya keren. Mike punya sifat dingin, cuek, dan hanya fokus pada satu hal yang menarik perhatiannya. Kara memiliki sifat ramah, pendiam, dan keras kepala. Mereka kemudian harus berombak-ombak mengatasi sifat masing-masing yang kadang bertolak belakang satu sama lain.

Novel ini juga mengangkat banyak hal. Topik sederhana seperti hubungan rumit dan drama keluarga, persahabatan, kisah-kisah masa sekolah, hingga yang cukup serius seperti kesehatan mental, politik, dan tindak kejahatan.

Review Novel The Arson Project oleh Akaigita
Novel The Arson Project oleh Akaigita (dok. pribadi Rio Odestila)

Kalau ingin dipilah berdasarkan genre, novel ini cocok dan bisa masuk dalam kategori Drama, Psikologi, Thriller karena memang ceritanya penuh drama, sifat karakternya yang naik turun berubah, dan kejadian atau peristiwa menegangkan dan ada sangkut pautnya dengan tindak kejahatan dan pelanggaran hukum.

Untuk yang mencari tipikal cerita yang ada twist, kayaknya bukan bacaan kalian deh karena memang nggak ada plot twist. Ceritanya mulus gitu aja. Alur maju mundur dengan sudut pandang cerita yang berbeda yaitu dari padangan karakter Mike dan Kara ditambah alur waktu cerita yang juga berbeda akan membuat sebagian pembaca mungkin bingung, namun memberikan unsur misteri pada ceritanya. Dan gua suka dengan novel ini karena itu.

Rating (personal) novel The Arson Project: 4.5/5

Baca juga: Review Novel 13 Reasons Why

Video Review dan Ulasan Novel The Arson Project

Posting Komentar

Posting Komentar