57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Botchan

Blurb dan Sinopsis Novel Botchan

Seperti cerita The Adventures of Huckleberry Finn, Botchan mengisahkan pemberontakan seorang guru muda terhadap 'sistem' di sebuah sekolah di desa. Sifat Botchan yang selalu terus terang dan tidak mau berpura-pura sering kali membuat ia mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Cerita yang dituturkan secara humoris ini sangat populer di kalangan tua dan muda di Jepang, dan barangkali merupakan novel klasik yang paling banyak dibaca di Jepang modern.

Plot dan Jalan Cerita Novel Botchan

Botchan, itulah julukannya sewaktu kecil. Botchan adalah panggilan untuk seorang anak yang dihormati oleh orang lain. Dan inilah kisah Botchan.

Waktu kecil, Botchan anak yang sangat nakal. Sering membuat ulah yang berakibat dimarahi oleh orang-orang dan keluarga. Namun, ada satu orang yang tidak memarahi Botchan, yaitu pembantu rumahnya.

Bertahun-tahun berlalu, entah takdir apa yang tertulis, Botchan akhirnya bekerja sabagai seorang guru matematika. Botchan ditugaskan untuk menjadi guru di sebuah sekolah yang berada di desa yang cukup jauh. Bahkan harus menyeberangi laut untuk sampai ke desa tersebut.

Baca juga: Review Novel Trio Musketri (The Three Musketeers)

Tiba di sana, kenyataan pahit menghantam Botchan. Sekolah yang seharusnya memberikan pendidikan secara adil kepada murid dan mendukung guru-guru agar bisa mengajar dengan baik, di sini malah sebaliknya. Botchan menemukan bahwa orang yang memiliki kekuasaan di sekolah tersebut, mengatur sekolah dengan tidak adil untuk kepentingan pribadi.

Tidak setuju dengan yang terjadi, Botchan pun melakukan protes dan mencoba untuk merubah pendidikan di sekolah tersebut.

Review dan Ulasan Novel Botchan

Sungguh kisah yang menginspirasi. Dari seorang bocah yang nakal nggak ketolong hingga menjadi seorang guru yang menginspirasi. Mengungkapkan bobroknya manusia egois yang menggunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi.

Sifatnya yang jujur dan berterus terang disertai menjunjung keadilan membuat gua mempertanyakan diri sendiri, 'Punya banyak pemikiran dan opini terhadap apa yang terjadi di negeri tercinta ini tapi ujung-ujungnya hanya diam. Disimpan di sudut terdalam syaraf otak, terlupakan. Tidak berguna. Sampah!'.

Review Novel Botchan oleh Natsume Souseki
Novel Botchan oleh Natsume Souseki (dok. pribadi Rio Odestila)

Sosok Botchan sendiri tidak sempurna. Sumbu pendek, emosian, mengeluh, dan lainnya. Tapi itu semua kalah dari sifat jujurnya. Apa adanya.

Walau pun akhirnya Botchan tidak meneruskan karir di dunia pendidikan. Tetapi usahanya melawan kebobrokan sekolah di mana dia ditempatkan sebagai guru pengajar Matematika di sana menjadi kisah inspirasi yang berlanjut hingga sekarang.

Tambahannya, sepanjang buku juga pembaca akan dikenalkan berbagai budaya jepang seperti makanan, pakaian, tari-tarian, upacara perayaan dll. Cukup seru dan menambah wawasan.

Rating (personal) novel Botchan: 5/5

Baca juga: Review Novel Sang Pemanggil Hiu (The Shark Caller)

Video Review dan Ulasan Novel Botchan

Posting Komentar

Posting Komentar