57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Series 3 Body Problem Season 1

Ulasan Series 3 Body Problem Season 1

Sebagai pembaca buku, tentu aja gua nggak bakal melewatkan series satu ini. Series yang diadaptasi dari buku berjudul sama. Impresi gua dari trailer dan poster jualan mereka makin bikin gua yakin untuk nonton. Mari langsung aja gua review series 3 Body Problem Season 1. Kita mulai dari latar belakangnya.

Deskripsi dan Sinopsis Series 3 Body Problem Season 1

Series yang akan gua bahas kali ini berjudul 3 Body Problem. Sebuah series yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya seorang penulis asal Cina bernama Liu Cixin. Novelnya sendiri merupakan sebuah seri bernama Remembrance of Earth's Past yang terdiri dari 3 buku, yaitu The Three-Body Problem, The Dark Forest, dan Death's End.

Buku pertama dari seri Remembrance of Earth's Past kemudian diadaptasi oleh layanan siar (streaming) Netlfix dengan judul sama, yaitu 3 Body Problem atau judul Indonesianya adalah Trisurya (3 Matahari). Jadi, kemungkinan akan lanjut adaptasi buku kedua dan ketiganya.

Julid sini! Tapi bisa aja berhenti di tengah jalan kayak series satu itu tuh... Bayangan Tulang.

Untuk season pertama, 3 Body Problem memiliki total 8 episode di mana rata-rata durasi setiap episode adalah 50 menit. Series ini adalah series sci-fi dan sesuai dengan judul basa Indonesia Trisurya, series ini berkisah tentang manusia yang dihadapkan dengan planet yang memiliki 3 buah bintang seperti Matahari.

Plot dan Alur Cerita Series 3 Body Problem Season 1

Seorang astronom bernama Ye Wenjie dibawa ke sebuah fasilitas rahasia militer, Proyek Pantai Merah, setelah mengalami penyerangan dan pengasingan saat Revolusi Kebudayaan. Ye Wenjie menyadari rahasia Projek Pantai Merah adalah untuk mengirim sinyal radio ke luar angkasa dan berusaha untuk berkomunikasi dengan makhluk hidup di luar sana.

Namun, selama ini belum ada hasil pasti dari Proyek Pantai Merah. Dia berpikir bahwa sinyal yang mereka kirim tidak bisa menjangkau jauh semesta di luar angkasa. Setelah bergabung dan menyadari itu, Ye Wenjie mencetuskan ide untuk menggunakan bintang tata surya, Matahari, sebagai pemancar dan penguat sinyal. Tapi, ide Ye Wenjie ditolak. Tidak menyerah, Ye Wenjie diam-diam mengubah koordinat sinyal ke arah Matahari. Hasilnya mengejutkan, setelah mencoba beberapa kali, Ye Wenjie memperoleh gelombang sinyal balasan yang tidak diketahui asalnya.

Puluhan tahun kemudian, di Inggris terjadi peristiwa yang menghebohkan di mana para ilmuwan secara misterius meninggal. Para ilmuwan tersebut meninggalkan pesan aneh berupa tenggat waktu aneh yang ditulis dengan berbagai cara, bahkan darah mereka. Polisi dan organisasi dunia pun secara rahasia menyelidiki fenomena tersebut. Berharap mengetahui penyebabnya.

Di tempat lain, seorang peneliti reaktor fusi di Oxford melakukan tindak bunuh diri. Rekannya yang penasaran dengan kejadian tersebut, memeriksa barang peninggalan mendiang. Di antara barang tersebut, ada sebuah helm aneh yang disebutkan oleh orang tuanya bahwa itu merupakan perngkat gim. Karena penasaran, rekannya mencoba helm tersebut. Hal di luar nalar pun terjadi. Dia masuk ke dalam sebuah permainan di sebuah planet dengan jumlah bintang atau Matahari 3. Di sana dia diminta untuk menyelamatkan peradahan dari bencana 3 Matahari.

Review dan Ulasan Series 3 Body Problem Season 1

Mari gua buka review ini dengan menyebutkan hal-hal yang gua suka dari series ini. Masa bodoh dengan embel-embel jualan "Dari Pembuat Game of Throne". Nggak penting.

Gua suka konsep ceritanya. Di mana series ini ingin menyampaikan pesan tentang "Kalau manusia berhasil berkomunikasi dengan alien, apa yang akan manusia lakukan? Jika alien datang untuk menguasai Bumi, apa yang akan manusia lakukan? Jika alien datang ratusan tahun kemudian, apa yang akan manusia lakukan?" Pemikiran-pemikiran tentang apa yang akan manusia lakukan saat berhadapan dengan alien.

Karena series ini adalah series sci-fi yang menuntut untuk menggunakan visual dan efek khusus, sejauh 8 episode gua tonton. Semuanya aman, enak dilihat, menyatu dengan film. Apalagi didukung dengan musik epik yang membuat series ini semakin epik (tentu nggak seepik Game of Throne). Bagus, seru, menarik tapi nggak yang bikin gua terpukau.

Paling keren waktu mereka mencoba helm dan masuk ke gim.  Itu dan itu aja bagian yang menurut gua keren banget. Kayaknya otak dan selera gua udah terdoktrin anime isekai dan gim yang sekarang memuakkan deh. Series ini menjadi menarik karena ada hubungannya dengan alien dan kesan live-action, bukan lagi gua lihat di anime yang jelas fiksinya, terasa nyata aja dan kayak hal baru dan beda padahal nggak.

Rating yang gua berikan untuk series 3 Body Problem season 1 adalah 8/10 buku sains yang asik abis. Nggak lebih dari 8 karena belum tamat cerita juga, masih banyak misteri yang bikin gua penasaran. Selain itu, ada pemeran pendukung yang akting mereka kurang. Mungkin karena pemeran utama terlalu bagus dan pemeran pendukung nggak bisa mengimbangi atau emang jelek aja kali ya. Pokoknya ada yang gua kurang suka dengan tingkah, ekspresi, dan watak tokohnya yang sempat nggak konsisten.

Baca juga: Review Series Railway Men Season 1

Posting Komentar

Posting Komentar