57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1

Ulasan Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1

Ini adalah light novel pertama yang gua baca nih. Setelah gua selesai nonton anime season pertamanya. Gua penasaran dengan kelanjutan cerita dan akhirnya memutuskan untuk membaca versi sumber primernya, yaitu light novel alias LN. Jadi, ini review light novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation vol. 1.

Deskripsi dan Sinopsis Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1

Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation vol. 1 adalah sebuah light novel atau novel ringan asal Jepang yang ditulis oleh Rifujin na Magonote. Sebelum dijelaskan lebih lanjut tentang novel ini, mari kita bahas sekilas tentang light novel dan novel ringan.

Novel ringan merupakan sebutan untuk novel yang ditargetkan untuk pembaca remaja (teens) dan dewasa muda (young adults). Jadi, di Jepang sendiri untuk karya tulis fiksi dibedakan berdasarkan rating pembaca atau target umur pembacanya di mana salah satunya adalah light novel alias novel ringan. Jepang membedakan karya fiksi kurang lebih sepert ini, cerita pendek, puisi, dongeng dan cerita anak, light novel, novel, dan seterusnya.

Seri novel ringan Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation sendiri memiliki jumlah buku sebanyak 26 dan sudah tamat. Untuk volume pertama, novel ringan ini berjalan sebanyak 320 halaman. Novel ringan ini berkisah tentang seorang karakter yang reinkarnasi ke dunia lain setelah mengalami kematian tak terduga. Dia harus menjalani kehidupan baru di dunia penuh sihir dan ilmu berpedang.

Plot dan Alur Cerita Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1

Seorang pria pengangguran berumur 34 tahun yang perjaka diusir dari rumah. Dia diusir karena menjadi beban keluarga dengan hanya makan dan tidur dan tidak pernah keluar dari kamarnya. Apalagi, pada saat orang tuanya meninggal, dia tetap di kamar mengurung diri dan menonton film dewasa sembari masturbasi.

Di saat merasa putus asa, tidak berharga, dan tidak memiliki tujuan hidup lagi, dia ingin melakukan sesuatu sebelum hidupnya berakhir dengan menyedihkan. Di tengah persimpangan jalan, dia menyaksikan sebuah truk melaju tak terkendali dan akan melindas dua orang yang sedang menyebrang. Karena merasa ini adalah kesempatan untuk berbuat sesuatu agar hidupnya lebih memiliki makna, dia pun berlari untuk menyelamatkan dua orang tersebut. Akibat tindakannya tersebut, dia meninggal terlindas truk.

Tapi, hal tak terduga terjadi. Saat ia mengira ia telah mati dan akan menuju ke akhirat. Dia malah membuka mata dalam tubuh seorang bayi. Ternyata dia terlahir kembali sebagai anak bernama Rudeus. Tidak hanya itu, dunia tempatnya terlahir ternyata adalah dunia penuh sihir dan ilmu berpedang. Melihat kesempatan ini, dia mulai merencakan kehidupan keduanya ini agar lebih baik dari kehidupan sebelumnya.

Review dan Ulasan Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1

Oke, perlu gua jelaskan nih. Buku pertama LN ini tidak mencakup keseluruhan cerita pada anime musim pertamanya. Jadi, penilaian gua untuk buku ini dan animenya tentu akan berbeda.

LN  Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation volume pertama mengambil kisah hingga Rudeus dikirim pergi untuk mengajar dan mengumpulkan uang agar bisa masuk ke akademi sihir. Hal yang menarik pada versi LN adalah kisahnya memasukkan berbagai sudut pandang karakter. Bukan cuma bisa melihat dari sisi Rudeus ke orang sekitarnya, tetapi kita juga bisa mengetahui pandangan karakter lain terhadap Rudeus. Hal ini membuat ceritanya lebih emosional. Pembaca menjadi lebih memahami dan bisa berempati kepada para karakternya.

Karakter Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1
Para karakter di Light Novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Vol. 1

Selain itu, tentu LN memiliki detail lebih banyak dibandingkan versi anime. Terus, kalau kalian mengharapkan bagian cerita yang penuh aksi seperti animenya. Volume pertama belum sampai ke bagian cerita tersebut, jadinya lebih santai. Lebih fokus ke pengenalan karakter, dunia fiksi, sihir, dan hal fantasi lainnya. Volume pertama LN  Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation gua berikan nilai 4/5 pusaka yang dicuri dari Roxy. Karakter utamanya bejat, tapi kisahnya menarik.

Baca juga: Review Novel Solo Leveling 1

Posting Komentar

Posting Komentar