57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film The Pope's Exorcist (2023)

Ulasan Film The Pope's Exorcist (2023)

Teracuni oleh reviewer film, akhirnya gua tonton film ini. Katanya sih film horor logis yang nggak melulu soal mistis. Langsung deh ya, ini dia review film The Pope's Exorcist (2023).

Deskripsi dan Sinopsis Film The Pope's Exorcist (2023)

The Pope's Exorcist (2023) adalah film horor berdurasi kurang lebih 100 menit. Pemain film ada Russell Crowe, Daniel Zovatto, Alexandra Essoe, Franco Nero, Peter DeSouza-Feighoney, Laurel Marsden, dan lainnya. Film ini mengangkat tema pembasmian dan pengusiran setan yang di mana tokoh utamanya adalah seorang pendeta. Premis ceritanya, yaitu seorang pendeta, yang juga memiliki jabatan tinggi di Vatikan, bertugas sebagai pembersih roh jahat yang merasuki tubuh manusia.

Namun, ada yang tidak biasa. 98% kasus yang ditangani oleh pendeta ini bisa diselesaikan dengan mudah tanpa harus ada keterlibatan tindak pengusiran setan. Sementara itu, nilai 2% yang kecil inilah kasus sesungguhnya yang harus melibatkan pengusiran setan. Dan suatu hari, pendeta ini memperoleh kasus sulit dan misterius yang akan mempertaruhkan nyawanya.

Plot dan Alur Cerita Film The Pope's Exorcist (2023)

Pendeta Gabriele Amorth adalah seorang pengusir setan (exorcist) yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Pengusiran Setan Vatican. Pendeta Gabriele adalah sosok yang dihormati karena telah menangani banyak kasus. Bahkan, pendeta Gabriele dipercaya oleh Paus Vatican karena  kemampuannya.

Suatu hari, terjadi sebuah kasus misterius yang melibatkan seorang pendeta dan bangunan lama milik gereja. Dari sejarahnya, kasus ini telah menelan korban pada zaman dulu dan sekarang tanda-tanda yang mirip muncul lagi. Kemudian, Paus secara khusus meminta pendeta Gabriele untuk menangani kasus ini.

Kali ini, kasus ini melibatkan seorang anak laki-laki yang mengalami kesurupan dan terjadi kejadian-kejadian janggal di sekitar anak tersebut. Diduga anak ini dirasuki oleh sosok yang dahulu juga pernah membuat kekacauan. Di sini, pendeta Gabriele harus membantu anak laki-laki tersebut dan juga mencegah kejadian yang sama terulang kembali.

Review dan Ulasan Film The Pope's Exorcist (2023)

Oke, gua setuju dan sepakat dengan reviewer lain yang mengatakan kalau film ini agak berbeda. Terutama tokoh utama kita pendeta Gabriele. Memang secara umum, tema cerita udah biasa dan ada di film lainnya. Namun, yang menjadi pembeda adalah penggambaran tokoh pendeta Gabriele sebagai sosok pembasmi setan yang nggak mudah percaya pada sebuah kasus. Bukan melulu mistis dan magis. Sering dan banyaknya adalah kejadian logis, yaitu trauma masa lalu, kesedihan, memiliki masalah mental, atau permasalahan logis dengan medis dan sains lainnya.

Hingga akhirnya saat ketemu kasus 'serius' kesurupan. Barulah kita akan melihat pendata Gabriele beraksi. Dan aksi yang disebut ini nggak melulu baca beberapa ayat dari alkitab dan menyiram air suci  serta salib dan benda rohani lainnya, melainkan doa dan harapan kepada Tuhan untuk menolong anak laki-laki tersebut. Memang ada adegan membaca ayat dari alkitab, tapi banyak aksi yang dilakukan sebelum dan selama berlangsungnya penyusiran setan. Seru sih.

Dan hal bagus lain adalah cerita dan antagonis setan yang merasuki manusia. Nggak cuma sekedar kerasukan dan menginginkan nyawa seseorang, setan yang merasuki mempunyai tujuan lebih besar dan luas jangkauannya. Hal ini membuat skala cerita lebih luas. Suka banget gua. Rating dari gua untuk The Pope's Exorcist (2023) adalah 7/10 botol wiski yang manusiawi. Alasan cuma 7 adalah bagi gua film ini masih kurang memberikan kesan seram, hanya seru dan misterius dari jalan ceritanya.

Baca juga: Review Film Saw X (2023)

Posting Komentar

Posting Komentar