57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 K13

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 (K13)

PERHATIAN!

Rangkuman ini adalah rangkuman Kurikulum 2013 sebelum edisi revisi 2018.

Ini adalah rangkuman materi belajar untuk anak kelas 3 SD. Rangkuman ini berisi ringkasan tentang materi pada buku tematik kelas 3, yaitu tema 1 bagian subtema 2 kurikulum 2013. Silahkan dibaca atau boleh juga dicatat ya.

Perkembangbiakan Tumbuhan

Bahasa Indonesia

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang memerlukan makanan, bernapas, dan berkembang biak. Pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan semakin besarnya ukuran tumbuhan tersebut. Tumbuhan juga berfungsi sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lain. Dari mulai biji-bijian, batang, buah-buahan sampai dengan sayuran yang kita konsumsi berasal dari tumbuhan.

Contoh pertumbuhan pada pohon mangga.

Biji mangga ditanam kemudian tumbuh akar. Akar terus berkembang dan akhirnya tumbuh tunas. Tunas berkembang dan menjadi pohon mangga kecil. Pohon mangga kecil tumbuh membesar dan menjadi pohon mangga. Pada pohon mangga terjadi perkembangbiakan dengan tumbuhnya bunga pada tangkainya. Setelah itu terjadi pembuahan pada bunga dan tumbuh menjadi buah mangga.

PPKn

Salah satu contoh tumbuhan adalah pohon beringin. Pohon beringin merupakan lambang dari sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia. Pohon beringin memiliki ciri-ciri berupa sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Sulur dan akar tersebut mewakili keragaman suku bangsa di Indonesia.

Matematika

Dalam penjumlahan bilangan besar, ada yang dinamakan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan. Perhatikan contoh berikut:

1
2 7 3 3
4 6 2 5
---------- +
7 3 5 8

Langkah-langkahnya:

  • Mulai perhitungan dari bilangan satuan. 3 + 5 = 8
  • Bilangan puluhan. 3 + 2 = 5
  • Bilangan ratusan. 7 + 6 = 13. Teknik menyimpan berlaku jika hasil penjumlahan berupa 10 dan seterusnya. Hal pertama yang kita lakukan adalah menulis nilai satuannya, yaitu 3, dan menyimpan nilai puluhannya berupa 1 di atas perhitungan bilangan berikutnya
  • Terakhir kita hitung bilangan ribuan. Karena nilai yang kita simpan terletak juga di baris ribuan. Maka nilai tersebut kita hitung, sehinggal perhitungannya adalah 1 + 2 + 4 = 7
  • Untuk catatan, pada perhitungan bilangan yang terakhir, jika nilai yang dihitung menghasilkan angka 10 dan seterusnya. Kita tidak perlu lagi menyimpan.

Contoh kasusnya:

    1
    6 7 3 3
    4 6 2 5
 ------------- +
 1 1 3 5 8

SBdP

Menari adalah menggerakkan anggota tubuh dengan indah dan sesuai ritme yang bisa berupa iringan musik atau tanpa iringan musik. Saat menari ada yang menggerakkan kepala, tangan, pinggul, atau kaki sesuai tariannya.

Salah satu contoh tari adalah Tari Piring. Tari Piring dalam bahasa Minangkabau di sebut dengan Tari Piriang. Tari Piring merupakan salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, Sumatera Barat. Tarian ini menggunakan piring sebagai media utamanya.

PJOK

Berjalan atau jalan kaki adalah menggerakkan kaki maju ke depan secara bergantian kaki kanan dan kaki kiri. Sedangkan berlari adalah gerak berjalan yang dipercepat dan terkadang dengan jangkauan yang lebih sehingga ketika berlari ada saat di mana posisi tubuh akan terlihat seperti melayang di atas permukaan tanah. Gerakan berjalan dan berlari memiliki manfaat yang sama, yaitu memperkuat otot-otot kaki. Salah satu contoh permainan olahraga yang  menggunakan gerakan berlari adalah Gobak Sodor, atau ada juga yang menyebutnya Galasin.

Gobak Sodor adalah sebuah permainan yang dilakukan secara berkelompok. Dalam satu satu permainan terdapat 2 kelompok yang bertanding. Satu kelompok biasanya terdiri dari 3 hingga 5 orang, tetapi terkadang bisa lebih. Gobak Sodor dimainkan pada sebuah lapangan berbentuk bujur sangkar yang dibagi menjadi beberapa kotak untuk pemain, biasanya 6. Secara bergantian, kedua kelompok akan menjalankan peran sebagai penyerang dan penjaga.  Tugas kelompok penyerang adalah bergerak melewati kelompok yang menjaga hingga tiba di bagian lapangan yang aman. Sementara peran penjaga adalah menangkap penyerang hingga pemain penyerang habis. Kelompok yang memenangkan permainan adalah yang berhasil menahan serangan atau kelompok yang berhasil menyerang ke sisi lapangan yang dituju.

Baca juga: Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 (K13)

Posting Komentar

Posting Komentar