57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 K13

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 (K13)

PERHATIAN!

Rangkuman ini adalah rangkuman Kurikulum 2013 sebelum edisi revisi 2018.

Ini adalah rangkuman materi belajar untuk anak kelas 3 SD. Rangkuman ini berisi ringkasan tentang materi pada buku tematik kelas 3, yaitu tema 1 bagian subtema 3 kurikulum 2013. Silahkan dibaca atau boleh juga dicatat ya.

Pelestarian Tumbuhan dan Hewan Langka

Bahasa Indonesia

Dunia hewan atau tumbuhan adalah dunia yang sangat menarik untuk ditelusuri dan dianalisis lebih dalam, kenapa? Karena dunia tersebut memiliki berjuta hal yang unik dan eksotik. Tumbuhan mengalami pertumbuhan, baik bertambah besar atau juga bertambah tinggi. Hewan juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan tetapi pertumbuhan hewan berbeda-beda, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dan ada juga hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk tubuh.

Salah satu contohnya adalah kupu-kupu. Adapun siklus hidup dan pertumbuhan kupu-kupu adalah telur - ulat - kepompong - kupu-kupu.

Kupu-kupu adalah hewan yang mengalami perubahan bentuk, hal ini disebut dengan metamorfosa. Kupu-kupu adalah salah satu hewan yang mangalami metamorposa sempurna. Sedangkan hewan yang siklus hidupnya tidak mengalami perubahan bentuk salah satunya adalah kucing. Kucing adalah contoh hewan yang mengalami metamorposa tidak sempurna karena bentuknya tidak berubah, hanya bertambah ukuran tubuhnya saja.

PPKn

Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang pintar belajar, ada yang pintar berolahraga, ada yang pintar membuat kesenian dan lainnya. Semua siswa berbeda-beda dan itu harus kita hargai dan hormati.

Sebagai siswa yang menjunjung tinggi Pancasila, kita tidak boleh sombong karena pintar dalam suatu kemampuan dan tidak boleh merendahkan teman yang kemampuannya berbeda dengan kita. Jika ada teman yang tidak mengerti saat belajar di sekolah, kita atau teman yang mengerti harus membantunya. Jika ada siswa yang tidak bisa saat berolahraga, kita harus membantunya dengan cara mengajaknya untuk latihan bersama. Sikap saling membantu seperti ini akan memunculkan kerukunan antarteman di lingkungan sekolah.

Matematika

Ada tiga buah mangkuk yang masing-masing mangkuk berisi 3 kelereng. Berapakah jumlah semua kelereng? Biasanya kita akan menjawab dengan cara 3 x 3 = 9 buah kelereng.

Namun, kalian juga bisa menghitung persoalan tersebut dengan cara penjumlahan, yaitu kita memiliki 3 buah kelereng di 3 buah mangkuk, maka kita bisa hitung dengan cara menambahkan jumlah kelereng di setiap mangkuk. 3 + 3 + 3 = 9 buah kelereng.

SBdP

Tahukah kalian tentang kolase? Kolase adalah teknik yang digunakan untuk membuat karya seni rupa dengan cara menempelkan berbagai bahan seperti biji-bijian, kertas, daun, dan lainnya, pada permukaan kertas yang memiliki gambar. Langkah-langkah membuat kolase sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat kolase berupa alat menggambar seperti kertas dan pensil, lem, biji-bijian, dan lainnya
  2. Membuat kolase dimulai dengan membuat gambar yang diinginkan pada kertas. Gambar tersebut berupa sketsa halus yang nantinya kita gunakan sebagai panduan untuk menempelkan bahan untuk membuat kolase
  3. Setelah gambar selesai dibuat, kita mulai menempelkan bahan untuk membuat kolase pada pola gambar tersebut.

PJOK

Berlari adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilaksanakan karena mudah dan murah. Untuk melakukan olahraga berlari, kita hanya perlu meluangkan waktu dan menyiapkan peralatan berupa sepatu agar kaki kita nyaman, meskipun tanpa sepatu pun kita tetap bisa melakukannya. Sepatu digunakan untuk tujuan kenyamanan dan keamanan kaki agar tidak terluka saat berlari karena terinjak sesuatu yang tajam. Olahraga lari termasuk dalam kelompok olahraga atletik, perolombaannya sangat sering diadakan, dan berbagai jenisnya seperti lari paling jauh, lari paling cepat, dan lari paling lama.

Posting Komentar

Posting Komentar