57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 K13

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 (K13)

PERHATIAN!

Rangkuman ini adalah rangkuman Kurikulum 2013 sebelum edisi revisi 2018.

Ini adalah rangkuman materi belajar untuk anak kelas 3 SD. Rangkuman ini berisi ringkasan tentang materi pada buku tematik kelas 3, yaitu tema 1 bagian subtema 1 kurikulum 2013. Silahkan dibaca atau boleh juga dicatat ya.

Makhluk hidup memiliki banyak golongan. Golongan makhluk hidup dibagi menjadi 3, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup juga memiliki ciri yang berbeda satu dengan yang lain. Ciri-ciri makhluk hidup yang membedakan dengan benda mati, yaitu makhluk hidiup bernapas, memerlukan makan dan minum, bergerak, tumbuh dan berkembang, dan berkembang biak.

Perkembangbiakan & Daur Hidup Hewan

Bahasa Indonesia

Hewan merupakan salah satu jenis makhluk hidup. Hewan yang satu dengan lainnya memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Ada yang memiliki dua kaki, ada yang memiliki empat kaki, ada yang memiliki banyak sekali kaki, bahkan ada juga yang tidak memiliki kaki. Ada yang memiliki bulu yang lebat dan ada yang tidak memiliki bulu, ada yang bisa terbang dan ada yang tidak bisa terbang, ada yang bisa berenang di dalam air dan ada yang tidak bisa berenang di dalam air, ada yang bisa memanjat pohon dan ada yang tidak bisa memanjat pohon. Semua hewan memiliki ciri-cirinya sendiri sesuai dengan cara hidupnya.

Salah satu contoh makhluk hidup adalah ayam. Ayam dapat bernapas dan bersuara. Ciri-ciri ayam adalah memiliki dua kaki dan memiliki bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Ayam juga memiliki ekor yang ditumbuhi bulu dan memiliki sayap. Meskipun memiliki sayap, tetapi ayam tidak bisa terbang. Ayam bergerak dengan cara berjalan. Ayam membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan ayam berkembang biak dengan cara bertelur.

PPKn

Tahukah kalian tentang Garuda Pancasila? Garuda Pancasila adalah lambang negara kita, Indonesia, dengan semboyannya, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia ini berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke arah kanan (dari sudut pandang Garuda), ada perisai menyerupai jantung yang yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan Garuda mencengkram seutas pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu".

Lambang negara Indonesia dirancang oleh Sultan Hamid II asal Pontianak, Kalimantan Barat, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

Kemudian, Indonesia juga memiliki dasar negara, yaitu Pancasila. Nama 'Pancasila' terdiri atas dua kata dari bahasa Sanskerta yaitu, panca, yang memiliki makna lima dan sila, yang memiliki makna prinsip atau asas.  Pancasila merupakan rumusan dan pedoman hidup berbangsa den bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Butir-butir dari kelima sila Pancasila adalah:

  1. "Ketuhanan yang Maha Esa", disimbolkan dengan gambar bintang.
  2. "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab", disimbolkan dengan gambar rantai.
  3. "Persatuan Indonesia", disimbolkan oleh pohon beringin.
  4. "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaa dalam Permusyawaratan/Perwakilan", disimbolkan dengan gambar kepala banteng.
  5. "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia", disimbolkan dengan gambar padi dan kapas.

Matematika

1 memiliki nilai satuan dan dibaca satu.

21 memiliki nilai puluhan dan dibaca dua puluh satu.

321 memiliki nilai ratusan dan dibaca tiga ratus dua puluh satu.

4.321 memiliki nilai ribuan dan dibaca empat ribu tiga ratus dua puluh satu.

SBdP

Apa kalian tahu apa itu birama? Dalam notasi balok pada seni musik, birama adalah bagian dari suatu baris melodi yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut. Misalnya, birama 3/4 memiliki makna, yaitu nada-nada pada setiap ruas birama bernilai 3 ketukan dan setiap ketukannya bernilai 1/4.

Sebuah birama dibatasi oleh garis birama. Birama akan memunculkan pola irama dan menjadi ciri dari lagu tersebut. Nada dalam sebuah lagu ada yang panjang dan ada juga yang pendek, maka ketika bernyanyi kita harus memperhatikan nada-nada tersebut dengan baik.

PJOK

Pernahkah kalian melompat? Jika iya, apa itu melompat?

Melompat adalah salah satu gerakan dalam olahraga. Gerakan melompat memerlukan kekuatan kaki sekaligus juga untuk melatih kekuatan otot-otot kaki. Gerakan melompat ada bermacam-macam, contohnya:

  • Melompat ke arah depan dengan kaki tumpu secara bergantian
  • Melompat ke arah depan dengan kaki tumpu tetap satu kaki
  • Melompat ke arah depan dengan tumpuan kedua kak
  • Melompat ke arah samping dengan tumpuan kedua kaki
  • Melompat ke arah samping dengan tumpuan satu kaki
  • Melompat ke arah belakang dengan tumpuan kedua kaki
  • Dan lainnya

Arah melompat pun bermacam-macam seperti yang dijelaskan, ada yang ke arah depan, samping, belakang, atau juga di tempat.

Baca juga: Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 (K13)

Posting Komentar

Posting Komentar