57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Series Queen's Gambit Season 1

Ini ulasan serial pertama yang gua tulis... Gua udah nonton banyak serial tapi BELUM gua ulas dan tulis di blog. Blog ini juga masih baru, baru dua-tiga bulanan dan terakhir kali gua ngeblog itu di tahun 2013, dan gua lupa blognya apa, mungkin juga udah dihapus google karena udah ngga aktif lama. Langsung yuk aja ya, berikut review Series Queen's Gambit Season 1.

Deskripsi dan Sinopsis Series Queen's Gambit Season 1

Gua sangat senang nonton cerita-cerita yang mengangkat tema permainan otak, permainan papan dsb. Karena itulah gua nonton serial ini, dari dulu itu pengen bisa main berbagai permainan otak dan permainan papan, tapi nggak bisa/nggak jago (curhat). Setelah selesai menonton ternyata series ini bagus.

Oh iya, serial ini diangkat dari sebuah novel tahun 1980-an yang ditulis oleh Walter Tevis. Dan lengkap sudah deh unsur di serial ini, cerita tentang permainan papan (cek), karakter utama yang pintar (cek), dan diangkat dari novel (cek) walaupun novelnya belum gua baca. Paket lengkap deh. Premis dan sinopsis Queen's Gambit Season 1 itu seperti ini.

Yatim piatu pada usia 9 tahun, Beth Harmon introvert yang luar biasa menemukan dan menguasai permainan catur di AS tahun 1960-an. Tapi, ketenaran anak ada harganya.

Plot dan Alur Cerita Series Queen's Gambit Season 1

Queen's Gambit adalah sebuah serial yang mengangkat tema catur dan kisah seorang pemain catur perempuan yang berhasil menjadi juara dunia, Beth Harmon. Series ini bercerita kisah Beth sejak kecil hingga menjadi juara catur dunia dan memperoleh gelar Ratu Catur.

Beth mengenal dengan permainan catur yang diajarkan oleh seorang penjaga rumah asrama yang Beth diami setelah dia menjadi yatim piatu. Ayah Beth tidak diketahui di mana dan ibunya Beth mengalami kecelakaan mobil, tabrakan dengan truk yang saat itu Beth juga berada di mobil yang dikendarai ibunya. Entah bagaimana, Beth selamat tanpa satu gores luka pun. Dan ya, oleh kementerian sosial dan polisi Beth akhirnya dimasukkan ke sebuah panti asuhan.

Setelah Beth tinggal di sana beberapa tahun, Beth belajar banyak permainan catur bersama Tn. Shaibel, menemukan seorang sahabat yaitu Jolene. Beth akhirnya diangkat menjadi anak oleh sebuah keluarga yaitu keluarga Wheatley dan harus pergi dari panti asuhan tersebut, meninggalkan Tn. Shaibel dan Jolene.

Review Series Queen's Gambit Season 1
Beth bermain catur bersama Tn. Shaibel. (dok. Netflix/Queen's Gambit)

Semenjak tinggal bersama Tn. dan Ny. Wheatley. Kehidupan Beth berubah 180 derajat. Di sana dia mempunyai kamar sendiri, masuk ke sebuah sekolah dan hidup sebagaimana anak di usianya. Sangat berbeda dengan kehidupan panti asuhan di mana dia harus berbagi kamar, belajar dari suster dan sangat displin. Beth di sana lebih bebas tapi sayangnya dia merasa hampa. Ketertarikannya terhadap catur tidak bisa dilakukan di sana, tidak sebelum akhirnya dia nekat untuk ikut sebuah kompetisi catur setempat dan menang.

Kehidupan Beth berubah, Ny. Wheatley atau bisa kita panggil Alma, ibu angkat Beth tertarik dengan kemenangan Beth pada kompetisi catur yang Beth ikuti. Menang 100 dolar pada masanya yang merupakan jumlah yang cukup besar atau bahkan sangat besar karena uang 1 bulan hidup pada masa itu sebenarnya cukup 10-20 dollar. Bisa memperoleh 100 dollar itu seperti dapat rejeki nomplok setara uang hidup 1 tahun. Dan ya, Alma orangnya agak mata duitan, suka minum alkohol dan mabuk-mabukkan, dan berfoya-foya.

Review Series Queen's Gambit Season 1
Beth ikut lomba catur. (dok. Netflix/Queen's Gambit)

Sejak saat itu, Beth sering mengikuti berbagai pertandingan catur di sepenjuru Amerika ditemani Alma, ibunya yang menjadi manager Beth. Dari yang tingkat lokal sekolahan hingga tingkat nasional.

Review dan Ulasan Series Queen's Gambit Season 1

Ini serial bagus banget sih, gua yang nonton dari episode 1 dibuat penasaran dengan kisah Beth, apakah Beth akan berhasil menang? Dia akan ikut pertandingan di mana? Dia akan melawan siapa? Yang kemudian perasaan kita dibuat campur aduk karena Beth sempat depresi dan melarikan diri ke alkohol, mabuk-mabukan dan menjadi pecandu sebelum akhirnya Beth bangkit.

Beth juga sempat kehilangan orang-orang kesayangannya (gua ngga akan kasi tahu siapa, nonton aja biar tahu), cinta bertepuk sebelah tangan, dsb. Mantap deh. Selain itu, di sini juga mengangkat isu feminisme di mana pada masa itu wanita diremehkan dsb, melihat perjuangan Beth untuk menang. Menginspirasi banget deh. Nggak rugi nonton ini, kita akan dapat banyak pelajaran soal isu feminisme, perjuangan, semangat, alkoholik, pecandu, depresi, kesuksesan dll.

Cukup sekian deh, endingnya berbekas banget di hati dan pikiran gua. Mantep.

Rating (personal) series Queen's Gambit Season 1: 9.5/10

Baca juga: Review Series Taxi Driver Season 1

Beberapa quote yang gua suka di serial ini.

Alice Harmon (Beth mom):

The strongest person is the person who isn't scared to be alone.

Jolene:

We weren't orphans. Not as long as we had each other.

I'm not your Guardian Angel. I'm not here to save you. Hell, I can barely save me. I'm here because you need me to be here.
Posting Komentar

Posting Komentar