57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Cantik Itu Luka

Blurb dan Sinopsis Novel Cantik Itu Luka

Di satu sore, seorang perempuan bangkit dari kuburannya setelah dua puluh satu tahun kematian. Kebangkitannya menguak kutukan dan tragedi keluarga, yang terentang sejak akhir masa kolonial. Perpaduan antara epik keluarga yang dibalut roman, kisah hantu, kekejaman politik, mitologi, dan petualangan. Dari kekasih yang lenyap ditelan kabut hingga seorang ibu yang menginginkan bayi buruk rupa.

Plot dan Jalan Cerita Novel Cantik Itu Luka

Seorang wanita bernama Dewi Ayu adalah seorang pelacur legendaris yang tinggal di sebuah kota kecil bernama Halimunda pada masa awal kemerdekaan.

Dewi Ayu dipaksa menjadi pelacur oleh ibunya, yang juga merupakan seorang pelacur. Meski terpaksa, Dewi Ayu menjadi seorang pelacur yang terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Dia juga memiliki empat putri yang memiliki nasib yang berbeda-beda.

Inilah kisah Dewi Ayu, ke empat putrinya, dan orang-orang di kola Halimunda.

Review dan Ulasan Novel Cantik Itu Luka

Bagus banget... Tapi, dilema dengan novel lain Bang Eka berjudul O karena persis banget, cuman beda zaman aja.

Sampulnya cantik, edisi 20th dengan dominasi warna hijau. Terdapat ilustrasi yang menggambarkan cerita seperti apa yang terjadi di buku. Pembaca akan sadar setelah membaca bukunya. Kecewanya, label edisi 20thnya ternyata dicetak menimpa sampul bukunya. Akan lebih baik kayaknya stiker yang ditempel aja di segel. sehingga nggak mengganggu estetika bukunya.

Review Novel Cantik Itu Luka oleh Eka Kurniawan
Novel Cantik Itu Luka oleh Eka Kurniawan (dok. pribadi Rio Odestila)

Konfliknya sederhana. Dendam karena cinta. Tapi, alur dan jalan ceritanya memiliki koneksi terkait satu sama lain dari banyak tokoh. Seperti akar, muncul awalnya satu yang terus memanjang, merembet, menyebar, bercabang, dan merangkul erat sekitarnya.

Tokohnya kuat, punya porsi cerita masing-masing, permasalahan mereka masing-masing, dan hubungan mereka yang tak terpisahkan dalam nasib. Gua nggak menemukan minus di sini sih, bahkan gua kagum banget dengan penokohannya. Tidak ada yang salah, tidak ada yang benar, tidak ada yang baik, tidak ada yang jahat, tidak ada yang beruntung, tidak ada yang sial, hanya manusia yang menajalani nasibnya sebagai manusia.

Di sisi lain, buku ini super padat yang pernah gua baca. Mengangkat banyak hal, sejarah, kisah cinta, adat, budaya, kepercayaan, filosofi, gender, kisah rakyar, supranatural.... Buanyak....

Rating (personal) novel Cantik Itu Luka: 5/5

Baca juga: Review Novel Lelaki Harimau

Video Review dan Ulasan Novel Cantik Itu Luka

Posting Komentar

Posting Komentar