57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Lelaki Harimau

Blurb dan Sinopsis Novel Lelaki Harimau

Berkisah tentang seorang pemuda bernama Margio yang dipergok sebagai pelaku pembunuhan seorang pria yang telah banyak membantu keluarga Margio terutama ibunya.

Plot dan Jalan Cerita Novel Lelaki Harimau

Pada lanskap yang sureal, Margio adalah bocah yang menggiring babi ke dalam perangkap. Namun di sore ketika seharusnya rehat menanti musim perburuan, ia terperosok dalam tragedi pembunuhan paling brutal. Di balik motif-motif yang berhamburan, antara cinta dan pengkhianatan, rasa takut dan berahi, bunga dan darah, ia menyangkal dengan tandas. “Bukan aku yang melakukannya,” ia berkata dan melanjutkan, “Ada harimau di dalam tubuhku.”

Review dan Ulasan Novel Lelaki Harimau

Wajar sampe menang banyak perhargaan di berbagai festival literasi dan buku. Sebagus itu.

Kalimat pertama langsung menyihir pembaca untuk terus baca sampai selesai. "Margio membunuh Anwar Sadat". Gua yang baca langsung, "Oh, wow. Terus kok bisa? Gimana kejadiannya? Alasannya apa?"

Penasaran... penasaran... penasaran...

Dan cerita pun bergulir. Tapi penulis nggak langsung memberikan jawaban. Kalian akan menemukan satu per satu jawaban dari berbagai pertanyaan atas kejadian di buku dengan cara membacanya terus hingga paragraf penutup cerita yang menjelaskan banyak hal.

Narasi dan deskripsi novelnya ditulis dengan indah, yang kadang gua sendiri terpesona dengan susunan kata dan diksi yang digunakan. Mampu menyampaikan cerita dengan baik terutama emosi setiap karakter.

Review Novel Lelaki Harimau oleh Eka Kurniawan
Novel Lelaki Harimau oleh Eka Kurniawan (dok. pribadi Rio Odestila)

Novel ini nggak hanya akan berfokus ke Margio, tapi juga karakter lain yang ada di sekitarnya. Ayah, Ibu, Kakak, Sahabat, Pacar, Tetangga... Semuanya. Pembaca akan mengetahui asal mula kejadian di paragraf pembuka dari sudut pandang berbagai karakter.

Ceritanya terus berjalan tapi karakternya beganti-ganti dengan sesuai banget. Terbagi rata porsinya dengan fokus utama keluarganya Margio.

Baca juga: Review Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Terus, tentu aja novel ini mengangkat berbagai isu di masyarakat selayaknya novel Eka Kurniawan lainnya (Baca yah, kalo gua jelasin apa aja bakal panjang nantinya).

Dan gua setelah baca terpana gitu aja... Pembuka yang menarik perhatian, penutup yang memuaskan, tapi di sisi lain ada pikiran, "Yah, selesai nih," ingin baca yang kayak gini lagi...

Terakhir... kekurangannya atau hal yang gua nggak suka... Rating novel Lelaki Harimau:

4.5
Jiwa harimau yang bikin kacau

Video Review dan Ulasan Novel Lelaki Harimau

Posting Komentar

Posting Komentar