57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1

Blurb dan Sinopsis Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1

Yuji Itadori seorang murid SMA dengan kemampuan atletik yang luar biasa. Kesehariannya adalah menjenguk kakeknya yang terbaring di rumah sakit. Suatu hari, segel "objek terkutuk" yang berada di sekolahnya terlepas, monster-monster pun mulai bermunculan. Yuji menyusup ke dalam gedung sekolah demi menolong senior di klubnya, akan tetapi...!?

Plot dan Jalan Cerita Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1

Tersembunyi di depan mata, konflik kuno terus berkecamuk. Monster supernatural yang dikenal sebagai "Curses" meneror umat manusia dari bayangan, dan manusia kuat yang dikenal sebagai penyihir "Jujutsu" menggunakan seni mistis untuk memusnahkan mereka. Ketika siswa sekolah menengah Yuuji Itadori menemukan jari kering dari Curse legendaris Sukuna Ryoumen, tiba-tiba dia mendapati dirinya bergabung dalam konflik berdarah ini.

Diserang oleh Curse yang tertarik pada kekuatan jari itu, Yuuji membuat keputusan gegabah untuk melindungi dirinya sendiri, memperoleh kekuatan untuk melawan Curses dalam prosesnya, tetapi tanpa sadar juga melepaskan Sukuna yang jahat kembali ke dunia. Meskipun Yuuji dapat mengendalikan dan membatasi Sukuna dalam tubuhnya sendiri, dunia Jujutsu mengklasifikasikan Yuuji sebagai Curse berbahaya tingkat tinggi yang harus dimusnahkan.

Ditahan dan dijatuhi hukuman mati, Yuuji bertemu dengan Satoru Gojou—seorang guru di Sekolah Tinggi Jujutsu—yang menjelaskan bahwa meskipun dia akan segera dieksekusi, ada alternatif bagi dirinya. Sebagai wadah langka untuk Sukuna, jika Yuuji mati, maka Sukuna juga akan binasa. Oleh karena itu, jika Yuuji memakan sisa-sisa Sukuna yang lain, maka eksekusi Yuuji selanjutnya akan benar-benar memusnahkan iblis jahat itu. Memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat dunia lebih aman dan menjalani hidupnya sedikit lebih lama, Yuuji mendaftar di Jujutsu High, melompat ke medan perang yang keras dan tanpa ampun.

Review dan Ulasan Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1

Satu kata yang menggambarkan seri komik ini...

SERU... atau MENEGANGKAN!

Gua suka bagaimana mangaka menggambarkan karakter utama Yuji sebagai sosok yang luar biasa kuat dari manusia pada umumnya sehingga dia besar kepala, berpikir bisa melakukan segalanya. Kemudian, Yuji dihadapkan dengan hal yang tidak bisa dia lawan dan selesaikan. Memberikan pesan bahwa masih banyak orang diluar sana yang lebih hebat dari kita, jangan besar kepala apalagi disaat kita diberikan kelebihan tertentu dibanding orang lain.

Review Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1
Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1 oleh Gege Akutami (dok. pribadi/Rio Odestila)

Terus, suka juga bagaimana mangaka memberikan pesan ke pembaca "Mati bukanlah cara untuk berbakti dan membalaskan budi" dari cara berpikir Yuji kalau dia nggak masalah mati saat melakukan sesuatu untuk membalas budi kakeknya yang meninggal.

Utamanya, cerita manga ini seru. Karakternya unik-unik, leluconnya juga dapet, dan keseruan petualangan mereka juga bikin deg-degan karena penuh aksi. Terakhir, pengenalan dengan budaya Jepang secara tidak langsung dari lokasi-lokasi cerita, makanan, kebiasaan, dan orang-orangnya juga menarik.

Rating (personal) komik Jujutsu Kaisen Vol. 1: 5/5

Baca juga: Review Komik Kaiju No. 8 Vol. 1

Video Review dan Ulasan Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1

Posting Komentar

Posting Komentar