57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Komik Frieren: After the End Vol. 1

Blurb dan Sinopsis Komik Frieren: After the End Vol. 1

Setelah mengalahkan Demon King, Frieren, seorang elf penyihir memutuskan berpisah dengan ketiga rekannya dan bertualang sendiri. Di dunia “baru”, Frieren menelusuri kembali kehidupan seperti apa yang mereka jalani, apa yang mereka rasakan, apa yang mereka relakan, dan pemakaman seperti apa yang menanti…

Plot dan Jalan Cerita Komik Frieren: After the End Vol. 1

Raja iblis telah dikalahkan, dan kelompok pahlawan yang berhasil pulang ke rumah sebelum bubar. Empat orang—sihirwan Frieren, pahlawan Himmel, pendeta Heiter, dan prajurit Eisen—bercerita tentang perjalanan mereka selama satu dekade ketika saat perpisahan tiba. Namun, berlalunya waktu berbeda bagi para elf, sehingga Frieren menyaksikan teman-temannya perlahan-lahan meninggal satu per satu.

Sebelum kematiannya, Heiter berhasil menyerahkan seorang murid manusia muda bernama Fern kepada Frieren. Didorong oleh semangat elf untuk mengumpulkan berbagai mantra sihir, pasangan ini memulai perjalanan yang tampaknya tanpa tujuan, mengunjungi kembali tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh para pahlawan di masa lalu. Dalam perjalanan mereka, Frieren perlahan-lahan menghadapi penyesalannya atas kesempatan yang terlewatkan untuk membentuk ikatan yang lebih dalam dengan rekan-rekan yang kini telah meninggal.

Review dan Ulasan Komik Frieren: After the End Vol. 1

Bagus, dan sedih....

Gambar mangaka oke tapi yang mau gua puji itu adalah pembuat ceritanya. Komik ini dibuat oleh 2 orang. Seorang penggambar/mangaka bernama Tsukasa Abe dan seorang penulis cerita bernama Kanehito Yamada.

Yamada-san, loe keren....

Pembaca pasti udah biasa dengan konsep cerita Zero to Hero yang klise dan sangat umum di berbagai buku. Tapi, bagaimana kisah setelah itu? Setelah menjadi seorang pahlawan dan mengalahkan kejahatan? Inilah keunikan komik ini, menghadirkan kisah para pahlawan setelah kemenangan melawan kejahatan.

Review Komik Frieren: After the End Vol. 1
Komik Frieren: After the End Vol. 1 oleh Kanehito Yamada (dok. pribadi/Rio Odestila)

Sebuah pertanyaan besar selalu terlintas dipikiran gua. Jikalau gua adalah pahlawan dengan tujuan hidup untuk mengalahkan kejahatan dan gua udah melakukannya. Kemudian apa lagi? Jika gua dikarunia umur panjang, ke depannya harus ngapain?

Asli, komik ini sebenarnya dalem banget topiknya tapi tetap dibawakan dengan santai dan pembaca nggak akan bosan saat baca. Gambarnya cakep, dan sangat detail. Gua suka banget dengan gambar lanskapnya. Indah.

Rating (personal) komik Frieren: After the End Vol. 1: 4.5/5

Baca juga: Review Komik Jujutsu Kaisen Vol. 1

Video Review dan Ulasan Komik Frieren: After the End Vol. 1

Posting Komentar

Posting Komentar