57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film War for the Planet of the Apes (2017)

Film ketiga dari seri remake The Planet of the Apes yang katanya sebagai penutup cerita. Berikut review film sci-fi War for the Planet of the Apes (2017).

Deskripsi dan Sinopsis Film War for the Planet of the Apes (2017)

Setelah para kera menderita kerugian yang tak terbayangkan, Caesar bergulat dengan batinnya yang lebih gelap dan memulai pencarian mitisnya sendiri untuk membalas dendam kaumnya.

Plot dan Alur Cerita Film War for the Planet of the Apes (2017)

Bercerita setelah 2 tahun semenjak di film keduanya. Akibat ulah Koba yang memicu perang antara kera dan manusia. Bangsa kera menjadi sasaran manusia dan peperangan pun terjadi. Saat ini, Caesar dan kelompoknya berusaha bertahan dan mencoba membuat perdamaian, mencoba mengakhiri perang yang terjadi. Selama 2 tahun ini, Caesar dan kelompoknya berperang dengan cara gerilya, mencoba menghindari pertarungan langsung, hanya menyerang ketika di serang.

Review Film War for the Planet of the Apes (2017)
Perang kera melawan manusia (dok. IMDb/War for the Planet of the Apes 2017)

Suatu hari, salah satu pos penjagaan diserang oleh manusia, kelompok Caesar pun menyerang balik dan berhasil mengalahkan kelompok manusia yang menyerang dan berhasil menangkap beberapa tahanan. Salah satu tahanan merupakan kera yang berkhianat, kera yang pernah menjadi pengikut Koba. Dan ini yang akan menjadi akar masalah yang akan menimpa Caesar dan kelompoknya.

Review Film War for the Planet of the Apes (2017)
Caesar dan keluarga (dok. IMDb/War for the Planet of the Apes 2017)

Tahanan manusia yang ditangkap dilepaskan Caesar, mengirim pesan ke kolonel mereka untuk berdamai dan menghentikan perang. Sementara itu, tahanan kera yang berkhianat berhasil melarikan diri setelah berhasil menghasut salah satu penjaga, membocorkan lokasi Caesar dan kelompoknya tinggal.

Kolonel manusia yang memperoleh informasi tersebut tidak membuang-buang kesempatan. Dia dan beberapa tentara menyusup ke tempat tinggal Caesar dan mencoba membunuhnya. Sayangnya, rencana sang kolonel tidak berjalan sesuai yang diharapkan.

Tidak berhasil membunuh Caesar, sang kolonel ternyata membunuh keluarganya Caesar, sang istri Cornelia dan anak mereka Blue Eye, dan untungnya anak Caesar yang bungsu, Cornelius, selamat. Caesar yang menemukan jasad istri dan anaknya dan melihat sang kolonel sedang berusaha kabur, mengamuk.

Caesar menyerang sang kolonel tapi sayangnya sang kolonel berhasil kabur. Setelah itu, Caesar pun pergi mengejar sang kolonel untuk balas dendam, meninggalkan kelompoknya yang akan melakukan perjalanan untuk pergi ke lokasi rumah baru mereka.

Review Film War for the Planet of the Apes (2017)
Caesar menghadapi sang koloner (dok. IMDb/War for the Planet of the Apes 2017)

Caesar pun melakukan perjalanan dan dia pun ditemani beberapa kera yang loyal terhadapnya, Rocket, Maurice, dan Luka.

Dalam perjalanan, mereka menemukan seorang gadis kecil yang bisu. Setelah itu mereka menemukan kera lain yang bukan dari kelompok Caesar, Bad Ape. Caesar yang mengetahui kalau Bad Ape tahu lokasi kolonel memintanya untuk mengantarkan Caesar dan rekannya. Mereka pun menuju ke markas sang kolonel.

Setibanya di sana, Caesar dikejutkan dengan situasi tidak terduga. Ternyata kelompoknya yang sedang dalam perjalanan ke rumah baru disergap dan ditangkap sang kolonel, menjadi tahanan sang kolonel dan dipaksa untuk bekerja.

Caesar pun berusaha membebaskan kelompoknya, tetapi dia pun tertangkap. Caesar yang dipenjara bersama kelompoknya tidak menyerah, dia dan kelompoknya merencanakan pelarian.

Review dan Ulasan Film War for the Planet of the Apes (2017)

Sebelum masuk ke pembahasan, gua tulis ini di Mei 2023. Dan saat ini, setelah gua riset tentang seri ini, ternyata seri ini diinfokan kalau akan ada kelanjutannya dan saat ini sedang dalam tahap penulisan skrip dan skenario filmnya serta diprediksi akan tayang di 2024 atau lebih.

Walaupun film ini sudah ditutup dengan apik dan sempurna banget, dan sebenarnya gua nggak terlalu mengharapkan adanya kelanjutan tapi dari info yang ada, film kelanjutan akan mengambil cerita setelah kejadian di film ini. Akan bercerita tentang koloni kera yang mencoba membangun kembali kehidupan mereka setelah mengalami kejadian memilukan sejak film keduanya. Bakal gua tunggu sih, agak penasaran juga dengan kisah kelanjutan mereka.

Film ini ditutup dengan apik seperti yang gua tuliskan di awal. Di akhiri dengan berhasilnya kelompok Caesar menemukan rumah baru. Sayangnya, sepanjang cerita kalian akan dibuat sedih. Caesar yang kehilangan istri dan anaknya, Caesar juga kehilangan rekan-rekan atau bahkan bisa dibilang sahabatnya dsb. Fakta baru tentang umat manusia dan virus. Kalian juga akan ditunjukkan dengan pergulatan batin Caesar yang ingin balas dendam atas keluarganya yang dibunuh sang kolonel. Dan banyak hal lain.

Review Film War for the Planet of the Apes (2017)
Rumah baru para kera (dok. IMDb/War for the Planet of the Apes 2017)

Dan yang paling gua suka adalah berlajar tentang dendam. Dan ini yang gua pelajari. Semua makhluk yang memiliki pikiran dan perasaan pasti akan bertemu dengan namanya rasa benci dan dendam. Tidak akan bisa dihindari. Kita hanya memiliki dua pilihan, menghadapi dendam tersebut atau membalaskan dendam tersebut.

Menghadapi dendam di sini yaitu kita perlu berhadapan langsung dengan hal yang membuat kita dendam, menerima dendam tersebut, dan memaafkan. Hal ini tidak akan mudah. Kalian akan mengalami pertikaian batin luar biasa dengan rasa ingin balas dendam.

Membalas dendam berarti kita ingin hal yang terjadi dengan diri kita juga dirasakan dan dialami oleh hal yang menyebabkan. Contohnya yaitu rasa ingin balas dendam Caesar ke kolonel. Dia ingin kolonel merasakan hal yang sama, menerima akibat yang sama yaitu mati karena telah membunuh keluarganya. Dan itu tidak akan menyelesaikan masalah, tidak akan menghilangkan rasa dendam, tidak akan berarti apa-apa.

Karena itu Caesar akhirnya berhasil mengalahkan pergulatan batinnya dan dia pun memilih untuk menghadapi sang kolonel, menerima dendam tersebut, dan memaafkan sang kolonel meskipun hal tersebut sulit. Tapi pikiran dan hati  akan terbebas dari rasa dendam.

Kita juga akan belajar tentang pengorbanan di sini. Kalian harus nonton biar tahu apa yang gua maksud karena kalau gua cerita maka itu akan spoiler, termasuk adegan yang menyentuh dan penting di film.

Dan sekian, keren deh pokoknya film ini, belajar banyak dari seri kesukaan gua.

Rating (personal) film War for the Planet of the Apes (2017): 9/10

Baca juga: Review Film Project Power (2020) 

Sampai jumpa. Jangan lupa nonton ya agar tetap waras dan terhibur.

Posting Komentar

Posting Komentar