57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film PK (2014)

Agama adalah aspek penting dalam kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Setiap agama memiliki kepercayaan, praktik, dan tradisi yang berbeda, dan dalam masyarakat yang semakin majemuk, penting bagi kita untuk belajar menghargai perbedaan tersebut. Film-film sering kali menjadi medium yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan penting kepada penonton, dan PK (2014) adalah salah satu contoh yang kuat dalam hal ini. Berikut review film PK (2014).

Deskripsi dan Sinopsis Film PK (2014)

PK adalah film drama komedi Bollywood yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani. Film ini dirilis pada tahun 2014 dan menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah perfilman India. Film ini mengangkat genre dan tema yang unik yaitu fiksi sains dan agama. Sinopsis film PK (2014) sebagai berikut.

Review Film PK (2014)
PK datang ke Bumi (dok. IMDb/PK 2014)

Seorang makhluk asing yang menyerupai manusia dari peradaban yang jauh datang ke Bumi untuk melakukan penelitian bagi bangsanya. Hanya beberapa menit setelah kedatangannya, alat kendali jarak jauh untuk pesawat ruang angkasanya dicuri, dan dia terdampar di Bumi. Sekarang, bagaimana dia harus mencari alat kendalinya di dunia yang sepenuhnya asing baginya?

Satu-satunya saran yang dia terima dari penduduk Bumi adalah bahwa hanya Tuhan yang bisa membantunya. Tanpa memiliki petunjuk tentang konsep Tuhan, dia memulai misinya untuk mencari Tuhan. Dia menemui berbagai agama dengan berbagai Tuhan yang hanya membuatnya semakin bingung. Agama mana yang seharusnya dia ikuti? Agama apa yang dia anut? Akankah dia pernah menemukan Tuhan? Akankah dia bisa kembali ke rumahnya?

Plot dan Alur Cerita Film PK (2014)

Seorang makhluk asing (diperankan oleh Aamir Khan), dengan tubuh yang mirip dengan tubuh manusia, mendarat di Bumi untuk misi penelitian tentang dunia manusia. Dia terdampar di Rajasthan karena alat kendali jarak jauh pesawat ruang angkasanya dicuri oleh seorang penduduk desa. Makhluk asing itu mengejar pria tersebut dalam upaya mengambil kembali alatnya, tetapi hanya berhasil mengambil pemutar radio sang pencuri.

Makhluk asing itu kemudian pergi ke Delhi setelah diberitahu bahwa kemungkinan besar tempat di mana alat yang dicurinya akan dijual. Karena perilakunya yang aneh, orang-orang di kota menganggapnya mabuk dan menyebutnya dengan sebutan PK. Delhi ternyata merupakan kota yang sangat besar, dan orang-orang mengatakan kepadanya bahwa hanya Tuhan yang bisa membantunya menemukan alat tersebut.

Review Film PK (2014)
PK mencari Tuhan (dok. IMDb/PK 2014)

Namun, PK bingung dengan berbagai agama dan pemahaman mereka yang berbeda tentang Tuhan. PK kemudian menemukan bahwa seorang pemimpin spiritual, Tapasvi Maharaj (diperankan oleh Saurabh Shukla), memiliki alat kendali pesawat miliknya. Pemimpin spiritual itu dengan dusta mengklaim bahwa dia mendapatkannya dari Himalaya, dan menolak mengembalikannya kepada PK.

Kemudian, Jaggu (diperankan oleh Anushka Sharma) melihat PK membagikan selebaran tentang Tuhan yang hilang. Sebagai seorang wartawan, dia tertarik pada pria aneh ini dan menghubunginya. PK menceritakan seluruh ceritanya padanya. Jaggu meyakinkan pimpinan saluran televisi tempatnya bekerja untuk membuat acara TV dengan PK, yang akan mengungkap Tapasvi. Masyarakat banyak terhubung dengan acara tersebut dan membuka mata mereka terhadap pemimpin spiritual palsu.

Review dan Ulasan Film PK (2014)

Film Aamir Khan bagus banget deh, apalagi yang mengkritik sosial masyarakat. Suka banget dengan film ini. 

Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah bagaimana cerdasnya cerita menggambarkan beragam agama yang ada di India, serta perbedaan pendekatan mereka terhadap kehidupan dan spiritualitas. PK menunjukkan bahwa tidak ada satu agama pun yang memiliki hak eksklusif atas kebenaran, dan bahwa semua agama pada dasarnya mengajarkan pesan-pesan yang sama tentang kasih sayang, kebaikan, dan pengampunan.

Film ini juga mengkritik praktik-praktik keagamaan yang ekstrem dan dogmatis, yang sering kali menimbulkan konflik dan perpecahan di masyarakat. PK mengajak kita untuk melihat di luar kulit agama, dan untuk memahami esensi dari ajaran agama yang sejati. Melalui karakter utama yang ajaib, film ini memberikan pesan kuat bahwa menghargai perbedaan agama adalah langkah pertama menuju perdamaian dan pemahaman yang lebih baik antarmanusia.

Review Film PK (2014)
PK bertemu Jaggu (dok. IMDb/PK 2014)

PK juga berhasil menghadirkan komedi ringan dalam narasi yang serius, yang membuatnya sangat menarik untuk ditonton. Aamir Khan tampil dengan gemilang dalam perannya sebagai alien yang polos dan lucu, sambil menyampaikan pesan-pesan yang mendalam tentang kehidupan dan agama. Chemistry antara Aamir Khan dan aktris Anushka Sharma yang memerankan seorang wartawan juga merupakan salah satu kekuatan film ini.

Rating (personal) film PK (2014): 10/10

Baca juga: Review Film 3 Idiots (2009)

PK adalah sebuah film yang luar biasa dalam menyampaikan pesan tentang menghargai perbedaan agama. Dengan menggabungkan elemen-elemen komedi, drama, dan pengajaran moral yang kuat, film ini berhasil menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi gua sebagai penontonnya.

Sampai jumpa, jangan lupa nonton.

Posting Komentar

Posting Komentar