57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film 3 Idiots (2009)

Pada tulisan kali ini, gua akan membahas film drama komedi yang menginspirasi. 3 Idiots (2009) adalah sebuah film yang tidak hanya mengundang tawa, tetapi juga menghadirkan pesan kuat tentang pentingnya menghargai pilihan, keinginan, dan hal yang disukai. Dalam ulasan film ini, kita akan mengulas dengan mendalam tentang nilai-nilai yang diusung oleh film ini, serta bagaimana pesan-pesan tersebut dapat memberikan inspirasi kepada penonton. Jadi, tunggu apa lagi? Berikut review filmnya!

Deskripsi dan Sinopsis Film 3 Idiots (2009)

3 Idiots (2009) menceritakan dua sahabat yang sedang mencari teman mereka yang telah lama hilang. Mereka mengunjungi kembali hari-hari kuliah mereka dan mengingat kenangan tentang teman mereka yang menginspirasi mereka untuk berpikir secara berbeda, meskipun dunia menyebut mereka 'idiot'.

Review Film 3 Idiots (2009)
Kampus Rancho, Farhan, dan Raju. (dok. IMDb/3 Idiots 2009)

Film ini diproduksi oleh Vidhu Vinod Chopra dan disutradarai oleh Rajkumar Hirani. Film ini mengangkat kisah penuh emosi dan inspirasi tentang persahabatan, pendidikan, dan pilihan hidup terhadap hal yang disukai dalam pekerjaan. Bahkan tentang ajaran bagaimana kedua orang tua mendidik anak.

Plot dan Alur Cerita Film 3 Idiots (2009)

Farhan Qureshi (diperankan oleh R. Madhavan), Raju Rastogi (diperankan oleh Sharman Joshi), dan Rancchoddas "Rancho" Shyamaldas Chanchad (diperankan oleh Aamir Khan) adalah tiga mahasiswa teknik yang berbagi kamar di asrama Imperial College of Engineering, salah satu perguruan tinggi terbaik di India. Sementara Farhan dan Raju adalah mahasiswa biasa dari latar belakang sederhana, Rancho berasal dari keluarga kaya. Ini kisah 3 orang mahasiswa yang memiliki latar belakang berbeda yang kemudian menjadi sahabat.

Farhan ingin menjadi fotografer satwa liar, tetapi dia masuk ke perguruan tinggi teknik untuk memenuhi keinginan ayahnya. Raju, di sisi lain, ingin mengubah nasib keluarganya. Rancho adalah seorang jenius kaya yang belajar semata-mata karena kebahagiaan.

Review Film 3 Idiots (2009)
ViruS menghukum Rancho, Farhan, Raju (dok. IMDb/3 Idiots 2009)

Namun, kegemaran dan kesukaan Rancho adalah pengetahuan dan merakit serta membongkar mesin, bukan konvensional dari mahasiswa lain terhadap hafalan teoritis serta peringkat ujian. Dengan pendekatan yang berbeda, Rancho menimbulkan kemarahan dekan perguruan tinggi, Profesor Viru Sahastrabudhhe dijuluki ViruS (diperankan oleh Boman Irani). Rancho membuat dosen-dosennya kesal dengan memberikan jawaban kreatif dan tidak ortodoks.

Rancho kemudian menghadapi ViruS setelah teman mahasiswa, Joy Lobo, bunuh diri di kamar asramanya. Joy telah meminta perpanjangan waktu untuk proyek utamanya dengan alasan kasihan, ayahnya mengalami stroke, tetapi ViruS menolak dengan alasan bahwa Joy malas, menyia-nyiakan waktu membuat proyek tidak berguna dan akan dikeluarkan dari kampus karena tidak menyelesaikan tugas akhir. Rancho mengecam hal tersebut, mentalitas belajar hafalan yang tanpa pikir, tanpa kreatifitas, menyalahkan hal itu atas kematian Lobo. Rancho pun memulai pergerakkan untuk mengubah sistem pendidikan di sana.

Review dan Ulasan Film 3 Idiots (2009)

Film yang super menginspirasi untuk memilih jalan hidup. 

Film ini akan membawa penonton dalam perjalanan hidup karakter-karakter utamanya yang berani mengejar impian mereka, meskipun harus melawan tekanan sosial dan harapan keluarga. Karakter utama Rancho, yang menjadi inspirasi bagi teman-temannya, mengajarkan pentingnya bekerja dan belajar sesuai dengan kegemaran kita.

3 Idiots menyampaikan pesan yang kuat bahwa passion adalah kunci untuk mencapai kepuasan dan keberhasilan dalam hidup. Film ini mengajak kita untuk melihat bahwa setiap individu memiliki bakat dan minat yang unik, dan dengan mengembangkan kegemaran tersebut, kita dapat mencapai prestasi yang lebih tinggi dan meraih kebahagiaan yang sejati.

Karakter Rancho adalah contohnyaa. Seorang mahasiswa yang berpandangan luas dan berani mengejar impian serta minatnya sendiri. Dia memilih untuk mengikuti kegemarannya dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, meskipun bertentangan dengan tekanan sosial masyarakat. Dalam perjalanan hidupnya, Rancho membuktikan bahwa kebebasan mengejar passion dapat membawa kebahagiaan yang sejati.

Film ini juga menyoroti betapa pentingnya menjalani hidup dengan tujuan yang bermakna. Ketika kita bekerja dan belajar sesuai dengan kegemaran kita, kita akan lebih termotivasi, bersemangat, dan siap menghadapi setiap tantangan yang muncul. 3 Idiots mengajarkan kita untuk tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga menikmati proses perjalanan menuju kesuksesan.

Selain tema bekerja dan belajar sesuai kegemaran, 3 Idiots juga menyoroti pentingnya persahabatan. Karakter-karakter utama, Rancho, Farhan, dan Raju, saling mendukung, membantu, dan memotivasi satu sama lain. Mereka menghadapi berbagai rintangan bersama dan membuktikan bahwa persahabatan sejati adalah aset berharga dalam mencapai impian dan meraih kebahagiaan.

Review Film 3 Idiots (2009)
Pertemanan Rancho, Farhan, Raju (dok. IMDb/3 Idiots 2009)

Film ini juga memberikan komedi yang menghibur dan adegan-emosi yang mendalam. Humor dalam film ini mampu meringankan suasana dan membuat penonton terhibur sepanjang durasi film. Kombinasi antara momen emosional dan adegan lucu menjadikan pengalaman menonton 3 Idiots sangat menghibur sekaligus memberikan pesan yang bernilai.

Dalam dunia yang serba kompetitif ini, 3 Idiots mengajarkan kita untuk tidak hanya mengikuti apa yang diharapkan oleh orang lain, tetapi juga untuk mendengarkan suara hati dan mengejar apa yang benar-benar membuat kita bahagia. Film ini menginspirasi kita untuk berani mengambil risiko dan melangkah di luar batas-batas yang ditetapkan oleh masyarakat.

Dengan segala pesan inspiratif dan momen yang mengharukan, 3 Idiots"adalah film yang akan membuat kita tersenyum, tertawa, dan merenung tentang arti sejati dari kehidupan. Film ini memberikan inspirasi bagi kita untuk menjalani hidup dengan bekerja dan belajar sesuai dengan kegemaran kita, menghargai persahabatan, dan menggapai kebahagiaan melalui kebebasan mengejar impian kita.

Rating (personal) film 3 Idiots (2009): 10/10

Baca juga: Review Film Like Stars on Earth (2007)

Terima kasih telah membaca ulasan gua tentang film 3 Idiots (2009). Jangan lupa nonton ya. Sampai jumpa di ulasan berikutnya!

Posting Komentar

Posting Komentar