57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Over the Moon (2020)

Masih ingatkah kalian dengan film Madagascar? atau Sing, Zootopia, Despicable Me hingga yang terkini itu adalah Frozen 2 pada tahun 2019? Atau dengan salah satu yang melegenda yaitu The Lion King?

Kalau kalian ingat, pasti kalian tahu dong film-film tersebut seperti apa. Yap, film-film tersebut adalah film animasi berjenis musikal. 

Musikal? Maksudnya musikal itu apa sih? 

Yang dimaksud musikal itu adalah nyanyian, musik, lagu, iringan musik/nyanyian.

Jadi, arti besar dari film animasi musikal itu adalah film yang dibuat dalam bentuk animasi yang di dalam film tersebut para tokoh/karakter/pemeran bermain musik dan bernyanyi atau lebih mudahnya film yang ada nyanyiannya.

Terus, hubungannya apa dengan film Over the Moon ini?

Sama seperti dengan teman-teman pendahulu, Over the Moon juga merupakan film animasi musikal.

Jadi, bedanya apa? Kan sama-sama musikal.

Bedanya adalah dari tema yang dibawakan dan pihak yang memproduksi film tersebut.

Film-film pendahulunya seperti Frozen, Zootopia, Sing, hingga yang menjadi legenda yaitu The Lion King dibuat dan diproduksi oleh perusahaan yang memang bergerak dibidang animasi untuk pembuatan film seperti Disney, Dreamwork, Pixar, dan lainnya. Sementara itu, Over the Moon ternyata digarap oleh Netflix yang notabene merupakan perusahan penyedia layanan streaming. Kalian penasaran dengan filmnya? Berikut review film Over the Moon (2020).

Deskripsi dan Sinopsis Film Over the Moon (2020)

Seorang gadis membuat kapal roket dan meluncur, berharap bertemu dengan dewi Bulan yang mistis.

Plot dan Alur Cerita Film Over the Moon (2020)

Berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Fei Fei (disuarakan oleh Cathy Ang) yang tinggal di daratan Cina. Film ini akan menghadirkan latar cerita di Cina. Mulai dari rumah-rumah tradisional, tradisi, kebiasaan orangnya hingga mitos dan cerita rakyak di sana. Buat kalian yang pernah nonton Kung Fu Panda, nah, kalian harus nonton nih, latar tempatnya mirip, bisa mengobati kangen kalian dengan film animasi yang latar tempatnya itu Cina dan tradisional (Kangen Kung Fu Panda yang sudah tamat).

Fei Fei anak tunggal, tingal bersama kedua orang tuanya. Orang tuanya Fei Fei bekerja sebagai penjual jajanan dan kue. Tahu kan tentang Moon Cake (Kue Bulan) dan Moon Cake Festival (Perayaan Kue Bulan), itu adalah salah satu kue yang dibuat dan dijual orang tuanya setiap tahun.

Di sana, setiap tahun, Fei Fei selalu membantu ayah dan ibunya membuat Moon Cake dan merayakan Moon Cake Festival. Kumpul seluruh keluarga, makan bersama, dan saling bercerita.

Baca juga: Review Film Mulan (2020)

Selain membuat kue Bulan dan kumpul keluarga. Fei Fei dan keluarganya juga suka bercerita terutama cerita rakyat di sana dan salah satu yang paling Fei Fei suka itu adalah cerita Dewi Bulan dan Kelinci Giok.

Dewi Bulan dan Kelinci Giok bercerita tentang seorang wanita yang harus berpisah dengan kekasihnya karena meminum ramuan awet muda. Akibat memimun ramuan tersebut, sang wanita dihukum, diasingkan dari Bumi dan tinggal di Bulan bersama dengan kelinci kesayangannya bewarna sehijau giok dan harus berpisah dengan sang kekasih. Hingga waktu terus berlalu, sang wanita selalu menunggu di Bulan, menunggu untuk bisa bertemu dengan sang kekasih.

Review Film Over the Moon (2020)
Fei Fei dan keluarganya (dok. IMDb/Over the Moon 2020)

Tahun-tahun pun berlalu, Fei Fei kecil pun beranjak remaja dan setiap tahun selalu merayakan Moon Cake Festival bersama keluarga. Sejalan dengan Fei Fei yang terus tumbuh, ayah dan ibu Fei Fei juga, mereka semakin tua. Terutama sang ibu yang mulai sakit hingga akhirnya harus meninggalkan Fei Fei dengan ayahnya saja.

Beberapa tahun berlalu, sang ayah yang kesepian memutuskan untuk memiliki teman hidup lagi, menikah. Fei Fei tidak setuju, dia masih belum merelakan kepergian ibunya, dia menganggap kalau hidupnya yang sekarang sudah sangat cukup bersama ayahnya. Dan dia juga tidak suka dengan calon ibu tirinya, sang ibu tiri mempunyai anak laki-laki yang menyebalkan menurut Fei Fei dan itu menambah ketidaksukaan Fei Fei.

Hingga suatu hari, untuk meyakinkan ayahnya agar jangan menikah, Fei Fei pun memutuskan untuk pergi ke Bulan dengan cara membuat sebuah roket (btw, Fei Fei gadis yang pintar loh, peringkat 1 terus), bertemu dengan Dewi Bulan dan foto bersama yang kemudian akan ditunjukkan ke ayahnya agar percaya dengan Fei Fei. Dan petualangan Fei Fei pun dimulai.

Review dan Ulasan Film Over the Moon (2020)

Gua yang sebagai penikmat film, terutama salah satunya itu film berjenis animasi dibuat penasaran dong dengan film Over the Moon. Kok bisa? Bisa dong, memangnya kalian nggak penasaran dengan filmnya? Apalagi ini diproduksi oleh Netflix.

Sejauh ini, dari semua film dan serial yang pernah gua tonton dan diproduksi Netflix, semuanya bagus-bagus walaupun film atau serial tersebut berjenis live-action bukan animasi. Terus di tahun 2020, Netflix merilis film animasi mereka ditambah filmnya itu musikal. Fix deh, gua harus nonton, dan berikut pengalaman gua setelah nonton filmnya.

Film ini akan dibuka dengan kisah Fei Fei kecil hingga remaja. Kalau kalian pernah nonton Frozen, mirip banget loh... atau bisa dibilang malah ngikutin gaya cerita Frozen gitu, kayak ketika Elsa nyanyi waktu kecil hingga dia dewasa gitu.

Nah sama, di film ini, cerita Fei Fei kecil hingga remaja akan di iringi dengan nyanyian juga. Selain itu, sepanjang film kalian juga akan dibikin senyum dengan candaan kecil dsb dan gak lupa juga nyanyi beberapa kali lagi, atau bahkan mungkin kebanyakan kayaknya menurut gua porsi nyanyinya. Yah, tergantung selera.

Ceritanya menyenangkan dan hangat meski sepertinya porsi nyanyian di film agak  berlehiban yang menyebabkan kadang lupa dengan jalan cerita. Serta dasar ceritanya terlalu mirip dengan film lain yang udah ada. Tetap seru kok.

Menurut kalian gimana? Kalau kalian sudah nonton, boleh nih berikan pendapat kalian di komentar di bawah.

Dan berikut ada beberapa quote dari film yang gua suka.

Fei Fei & Gobi:

Once you lose the person you love the most... it change you.

Gobi:

Every moment we have is a chance at something new.

Chang'e:

Our two halves can make us whole again.

Rating (personal) film Over the Moon (2020): 7/10

Baca juga: Review Film A Whisker Away (2020)

Sampai jumpa, gua mau ke Bulan dulu dan nonton di sana agar tetap waras dan terhibur. Mengubah suasana.

Posting Komentar

Posting Komentar