57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Mulan (2020)

Film Mulan (2020) adalah adaptasi dari film animasinya  Adaptasi? Bukan remake ya? Yap, benar adaptasi. Adaptasi ke versi live-action alias aksi nyata. Kalau dulu kita tahu film Mulan itu adalah film animasi yang diproduksi oleh Disney. Sekarang pihak Disney membuat versi nyata, atau riil, bukan animasi atau kartun lagi. Berikut review film Mulan (2020).

Deskripsi dan Sinopsis Film Mulan (2020)

Seorang gadis Cina muda menyamar sebagai pejuang laki-laki untuk menyelamatkan ayahnya.

Plot dan Alur Cerita Film Mulan (2020)

Dengan cerita yang masih mirip dari animasinya. Mulan (2020) berkisah tentang Mulan. Seorang gadis desa yang hidup bersama keluarganya. Mulan memiliki sifat tomboi, suka melakukan hal seperti anak laki-laki. Bermain sepak bola, belajar kung fu, belajar bermain pedang dsb. Hingga suatu hari, Mulan menyamar sebagai pria dan ikut menjadi prajurit untuk pergi berperang melawan pemberontak.

Review Film Mulan (2020)
Mulan di tengah peperangan (dok. IMDb/Mulan 2020)

Orang tua Mulan sangat memanjakan Mulan. Ibunya mencoba mendidik Mulan menjadi seorang wanita anggun yang nantinya agar dia bisa menikah dengan pria yang hebat, sementara ayahnya membebaskan Mulan untuk melakukan apa pun karena sang ayah sangat menyayangi Mulan dan ingin Mulan hidup bahagia.

Saat Mulan sudah masuk usia dewasa, ibu Mulan mencoba menjodohkan Mulan dengan para pria yang dikiranya baik dan cocok dengan Mulan. Tetapi, Mulan sebenarnya tidak mau hanya saja dia mengikuti apa kata ibunya, berusaha sebaik mungkin agar ibunya bangga. Sayangnya, namanya Mulan yang sejak kecil tomboi, bebas, liar, perojodohan tersebut gagal. Ibunya kecewa dengan Mulan.

Setelah itu, datang kabar dari kekaisaran kalau sang kaisar sedang mengumpulkan prajurit. Setiap keluarga harus mengutus satu orang pria untuk dididik dan dilatih menjadi prajurit dan ikut berperang melawan pemberontak. Tapi, keluarga Mulan tidak punya anak laki-laki. Hanya Mulan.

Sementara ayahnya Mulan adalah pensiunan prajurit yang mengalami cedera dulu saat ayahnya menjalankan tugas sebagai prajurit. Hanya saja, karena perintah kaisar adalah sebuah keharusan maka ayahnya Mulan pun mau nggak mau harus menjadi prajurit lagi meskipun mengalami cedera.

Mulan yang sayang dengan ayahnya diam-diam menyamar sebagai prajurit dan pergi menggantikan ayahnya. Dan di sinilah kisah perjalanan dan pertualangan Mulan di mulai.

Review Film Mulan (2020)
Mulan menyerang musuh (dok. IMDb/Mulan 2020)

Mulan pun pergi menjadi prajurit menggantikan ayahnya. Dia harus mengikuti latihan selama beberapa minggu sebelum akhirnya ditugaskan berperang. Di tempat pelatihan, semua prajurit adalah laki-laki dan hanya Mulan yang perempuan (menyamar sebagai laki-laki).

Dikalangan prajurit ada aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar dan salah satunya itu adalah tidak boleh ada wanita di tempat pelatihan. Karena aturan tersebut, Mulan harus mati-matian berusaha menyembunyikan diri agar tidak ketahuan kalau dia adalah wanita. Mulan bertahan hingga akhir. Dia pun akhirnya bisa ditugaskan menjadi prajurit dan ikut berperang.

Review dan Ulasan Film Mulan (2020)

Aktris yang memerankan Mulan cakep cui... Salfok (plak), fokus-fokus.

Okay... Gua mulai dari mana ya?

Film ini sedikit banyak mengangkat tema kesetaraan gender dan feminisme. Kalian bisa lihat sendiri dari kondisi yang terjadi pada Mulan. Dia dijodohkan, aturan yang mengikat kalau yang menjadi prajurit hanya laki-laki, diremehkan dsb. Tapi akhirnya Mulan bangkit dan melawan semua itu, menjadi dirinya sendiri seperti saat dia kecil.

Aktris yang memerankan Mulan juga cakep banget lagi dan perannya sangat cocok. Secara latar cerita, alur dan adegan-adegan di film, semua pas banget. Apalagi yang menampilkan lokasi desa Mulan. Sangat otentik (ya iyalah, kan syuting di cina, bodohnya gua).

Rating (personal) film Mulan (2020): 7/10

Baca juga: Review Film The School for Good and Evil (2022)

Meski pun CGI agak ampas ya, tapi tetap suka secara cerita.

Oh ya, jangan lupa nonton agar kalian tetap waras dan terhibur. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Posting Komentar