57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)


Fantastic Beasts merupakan waralaba dari dunia fantasi yang diciptakan oleh J.K. Rowling. Seorang penulis novel fantasi yang terkenal dengan seri Harry Potter-nya. Sebelum membahas isi dan ulasan film ini, gua akan jelaskan beberapa hal dulu.

Siapa di sini yang tidak tahu dengan Harry Potter? Seorang tokoh yang menjadi kesukaan banyak orang atau bahkan kalian menyukai seri cerita dari Harry Potter itu sendiri. Menjadi sebuah permulaan dari berbagai cerita novel fantasi yang diadaptasi ke film. Punya banyak klub penggemar di belahan dunia termasuk Indonesia.

Apakah kalian salah satu anggota klub penggemarnya? Kalo gua sih nggak tergabung dengan klub penggemar tetapi gua menjadi salah satu penggemar ceritanya, baik dari novel maupun adaptasi film.

J.K. Rowling awal mula membangun dunia cerita fantasinya dari seri Harry Potter. Setelah seri tersebut selesai ditulis dan setelah masing-masing buku diadaptasi menjadi film. Para penggemar yang jumlahnya ratusan ribu hingga jutaan di berbagai belahan dunia kecewa dengan selesainya cerita dan petualangan dunia fantasi tersebut. Dunia fantasi penuh sihir, hal-hal ajaib dan hewan menakjubkan.

Untuk itu, setelah seri Harry Potter, J.K. Rowling membangun dunia fantasi tersebut lebih luas lagi, itu juga demi para penggemar yang selalu menanti kelanjutan cerita di dunia fantasi tersebut. J.K. Rowling akhirnya menamai dunia fantasi tersebut dengan sebutan Wizarding World.

Dan inilah kelanjutan cerita di Wizarding World milik J.K. Rowling. Walapun film ini bukan adaptasi novel menjadi film, malah sebaliknya di mana J.K. Rowling membuat skrip cerita untuk film dan kemudian diproduksi yang setelah itu baru dibuat versi novel. Kisah baru yang ditulis J.K. Rowling ini tidak kalah bagus dari seri Harry Potter.

Berikut review film Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016).

Deskripsi dan Sinopsis Film Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them (2016)

Petualangan penulis Newt Scamander di komunitas rahasia penyihir di New York tujuh puluh tahun sebelum Harry Potter membaca bukunya di sekolah.

Plot dan Alur Cerita Film Fantastic Beast #1 and Where to Find Them (2016)

Film ini bercerita tentang seorang pemuda Inggris bernama Newt Scamander (diperankan oleh Eddie Redmayne) yang sedang berkunjung ke Amerika. Newt ke Amerika dalam rangka untuk melepaskan binatang ajaib dan eksotis yang dia selamatkan ke habitat aslinya. Dan ya, Newt adalah seorang ahli hewan magis atau disebut juga dengan Magizoologist.

Setibanya di Amerika, Newt yang membawa sebuah koper ajaib. Koper tersebut merupakan tempat dia menampung berbagai hewan ajaib. Koper itu tanpa sengaja mengalami insiden di mana beberapa hewan yang ada di koper miliknya lepas dan membuat kekacauan di kota.

Di samping kejadian Newt, di New York saat itu sedang terjadi masalah berupa para No-Maj (sebutan untuk orang tidak bisa sihir di Amerika, di Inggris sebutannya Muggle) yang mengalami kejadian ganjil. Entah mereka di serang oleh seseorang yang bisa sihir atau seekor makhluk magis. Di sinilah masalah akan menjadi besar.

Review Film Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them (2016)
Kota hancur karena fenomena sihir aneh (dok. IMDb/Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them 2016)

Newt yang tanpa sengaja membuat beberapa hewan ajaib miliknya lepas, ditangkap oleh kementerian sihir setempat karena dianggap sebagai orang yang menyebabkan kejadian di New York. Tetapi Newt menyangkalnya, kejadian di New York tidak ada hubungan dengan lepasnya hewan ajaib miliknya.

Awalnya petugas kementerian sihir percaya tetapi Newt harus menangkap semua hewan miliknya yang lepas di kota sebelum mereka membuat kekacauan dan Newt pun melakukannya. 

Review Film Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them (2016)
Salah satu hewan magis Newt (dok. IMDb/Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them 2016)

Hingga setelah beberapa waktu dan beberapa ekor hewan miliknya berhasil ditangkap kembali. Sebuah kejadian besar terjadi, seorang No-Maj mati akibat diserang oleh seekor makhluk yang tidak diketahui dan Newt yang disalahkan. Inilah kisah Newt untuk mengungkap dalang kekacauan di New York akibat makhluk magis.

Review dan Ulasan Film Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them (2016)

Untuk ulasan, film ini sesuai dengan judulnya, lebih mengutamakan tema tentang hewan ajaib yang ada di dunia fantasi Wizarding World milik J.K. Rowling.

Kalian dari awal film hingga akhir akan diperlihatkan berbagai macam hewan-hewan ajaib yang ada di dunia tersebut. Hewan-hewannya banyak, ada yang keren, ada yang lucu, hingga ada yang menakutkan tapi jinak dan berbagai karakteristik lain.

Gua sih suka banget liat hewan-hewan tersebut. Gua udah pernah nonton Harry Potter dan di seri Harry Potter, hewan yang gua suka itu ada 3 yaitu Hipogriff, Naga, dan Phoenix. Ya walaupun masih banyak lagi seperti Thestral, Dementor dll, yang menjadi utama 3 itu karena keren.

Nah, kalau di film ini yang menjadi kesukaan gua itu adalah Thunderbird dan Swooping Evil. Walaupun kedua hewan tersebut agak liar dan terlihat tidak bersahabat, tapi kerennya minta ampun.

Di film ini juga kalian akan ditunjukkan tentang hubungan para penyihir dan No-Maj yang rumit. Kisah cinta pandangan pertama, dan tentu saja aksi-aksi menegangkan yang berhubungan dengan sihir dan pertarungan sihir. Terutama karena munculnya antagonis Grindelwald. Seru filmnya, nggak kalah dengan seri Harry Potter pendahulunya.

Rating (personal) film Fantastic Beasts #1 and Where to Find Them (2016): 8/10

Baca juga: Review Fantastic Beasts #2: The Crime of Grindelwald (2018)

Ingat, jangan sembarangan meninggalkan koper saat nonton. Sampau jumpa.

Posting Komentar

Posting Komentar