57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020)

Pernyataan dulu nih, gua bukan seorang kritikus film, buka orang dengan latar pendidikan atau pengalaman dalam pembuatan film dsb, tapi gua suka nonton dan di sini gua akan membagikan pendapat gua tentang film ini sebagai penonton pada umumnya. Kalau kalian punya pendapat lain, silahkan share di kolom komentar di bawah. Berikut review film dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020).

Deskripsi dan Sinopsis Dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020)

Pada tahun 2018, Shannan Watts yang berumur 38 tahun dan dua gadis kecilnya menghilang di Colorado. Dengan munculnya potongan cerita yang memilukan, kisah keluarga tersebut menjadi berita utama di seluruh dunia.

Plot dan Alur Cerita Dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020)

Dokumenter ini tentang penyelidikan kasus hilangnya Shannan dan dua anaknya yang kemudian menjadi penyelidikan kasus pembunuhan. Ya karena genrenya yang tentang kriminal, terus misteri karena ada penyelidikan, gua suka, kita akan diajak untuk berpikir tentang apa yang sebenarnya yang terjadi pada Shannan dan bagaimana, terus siapa pelakunya.

Film dibuka tentang siapa Shannan. Shannan adalah perempuan mandiri pekerja keras, sudah pernah menikah dengan seorang pria tetapi berakhir cerai karena ketidakcocokan, dan saat itu dia belum punya anak. Kemudian dia hidup sebagai janda, hidup sendiri dan mandiri, bekerja keras untuk meraih keinginannya, membeli sebuah rumah. Akhirnya dia meraih keinginan tersebut tapi hidupnya hampa, kesepian, depresi dsb.

Di saat Shannan sedang terpuruk dan berada di titik terbawah, dia bertemu dengan Chris Watts. Chris seorang pria yang bekerja di sebuah perusahaan tambang dan minyak sebagai operator. Shannan dan Chris dari waktu ke waktu semakin dekat hingga akhirnya mereka menikah.

Shannan menerima lamaran Chris karena dia hadir di hidup Shannan bahkan ketika Shannan sedang terpuruk, selalu mendukung Shannan. Pernikahan mereka langgeng dan Shannon dikaruniai dua orang anak perempuan. Setelah beberapa tahun Shannan hamil lagi, mengandung anak ketiga.

Review Dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020)
Shannan, Chris, dan kedua anak gadisnya (dok. IMDb/American Murder: The Family Next Door 2020)

Kemudian film memperlihatkan kondisi ketika Shannan hilang bersama kedua anaknya. Tetangga merekalah yang mencurigai hal tersebut, sudah seharian rumah Shannan sepi, tidak ada tanda aktivitas baik oleh Shannan, kedua anaknya dan suaminya.

Tetangganya mencoba menggedor pintu rumah tetapi tidak ada jawaban. Kemudian tetangganya menelepon ibunya Shannan untuk mencari tahu keberadaan Shannan. Ternyata di tempat ibunya pun Shannan tidak ada. Ibunya Shannan pun cemas, akhirnya memberikan izin kepada sang tetangga untuk masuk ke rumah Shannan. Meminta mereka memeriksa seluruh rumah mencari keberadaan Shannan dan kedua anaknya, tapi hasilnya nihil.

Kemudian, tetangga yang sudah menjadi teman Shannan lebih dari 8 tahun menelepon suaminya Shannan.

Chris saat itu sedang bekerja, kemudian dia kembali ke rumah setelah menerima kabar tersebut. Dia sendiri nggak tahu di mana keberadaan Shannan. Akhirnya pun polisi dipanggil. Dilakukanlah penyelidikan besar tentang hilangnya Shannan yang sedang hamil dan kedua anaknya. Kasus tersebut menjadi berita di mana-mana.

Review dan Ulasan Dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020)

American Murder: The Family Next Door (2020) adalah film dokumenter. Jujur, sejauh ini gua hanya beberapa kali nonton film dokumenter, salah satunya itu produksi Watchdoc Documentary terutama yang sempat viral beberapa tahun lalu. Gua sangat jarang nonton film dokumenter karena punya pengalaman nggak enak, membosankan, satu jam gua duduk nonton malah tidur.

Ya, mungkin juga karena gua salah pilih topiknya, dulu yang gua nonton adalah dokumenter tentang konservasi hewan dll, isinya semua potongan gambar alam liar dan narasi dari naratornya atau narasumbernya, salah topik kayaknya. Dan sejak itu gua selalu memiliki opini kalau film dokumenter itu membosankan. Tapi semua berubah semenjak Watchdoc menyerang (lagi nyoba lucu).

Lanjut deh, biar nggak melebar pembahasannya. Nah, gua udah tahu nih kalau film American Murder itu film dokumenter, tapi kenapa akhirnya gua mutusin buat nonton film itu?

Itu karena genrenya.

American Murder adalah film dokumenter dengan genre kriminal. Filmnya bercerita tentang sebuah tragedi yang menimpa seorang wanita bernama Shannan Watts, umur 38 tahun dan kedua gadis kecilnya pada tahun 2018 silam.

Menurut gua, ini salah satu dokumenter yang bagus. Film dokumenter yang bukan terencana karena seluruh film merupakan potongan-potongan atau cuplikan dari berbagai video yang diperoleh selama penyelidikan hilangnya Shannan tetapi penceritaannya sangat baik.

Mulai di awal di mana kita dikenalkan dengan Shannan, terus orang-orang yang ada disekitarnya dan hilangnya Shannan alias konflik cerita. Kemudian film akan dilanjutkan ke penyelidikan polisi, tentang wawancara dan interogasi dalam penyelidikan dsb hingga kasus selesai atau penyelesaian konflik.

Gua sih puas banget, berasa kayak menyaksikan kejadian di film secara langsung. Film diatur sedemikian rupa sehingga penonton dibuat penarasan apa sih yang terjadi, bagaimana nasibnya Shannan, apa penyebabnya, kejadian sesungguhnya apa, siapa pelaku dll.

Buat pencinta cerita-cerita misteri, kriminal, polisi atau detektif gitu gua rekomendasikan buat nonton deh. Nggak akan kecewa.

Rating (personal) dokumenter American Murder: The Family Next Door (2020): 8/10

Baca juga: Review Dokumenter The Social Dilemma (2020)

Bagian di bawah akan ada spoiler film kalau kalian nggak mau di spoiler, tutup aja tapi kalau masih mau membaca, yuk lanjut karena gua akan memberikan opini gua, teori tentang apa yang sebenarnya terjadi.


Bagian teori dan ada spoiler... Awas!


Di akhir cerita kita tahu kalau ternyata pelakunya itu adalah suaminya sendiri, Chris. Dia akhirnya menjadi terduga pelaku setelah tes poligraf atau tes menggunakan mesin kejujuran gagal. Kemudian, dugaan tersebut menguat setelah Chris ternyata diketahui selingkuh, punya hubungan dengan wanita lain.

Di film, Chris akhirnya mengakui perbuatannya, kalau dia membunuh Shannan setelah Chris memergoki Shannan yang membunuh kedua anaknya dengan cara dicekik. Chris mengakui kalau dia hilang kendali karena marah, mengakui kalau dia membunuh Shannan, mengilangkan mayat Shannan di lokasi kerjanya Chris dan membuang kedua anaknya di sumur penggalian minyak.

Kemudian tiga bulan berlalu, Chris sudah ditangkap dan harus melakukan persidangan. Di sana dia vonis atas pembunuhan tingkat 1 terhadap Shannan, kedua gadis kecilnya dan ke anaknya yang masih di kandungan. Chris dinyatakan bersalah dan menerima hukuman penjara seumur hidup untuk setiap vonis tersebut tetapi Chris tetap bersikukuh kalau dia tidak membunuh anak-anaknya, dia hanya membunuh Shannan.

Misal ternyata Chris berkata jujur kalau Shannan membunuh kedua anaknya karena depresi setelah mengetahui perselingkuhan Chris dan permintaan Chris untuk bercerai. Shannan parah sih... tapi Chris juga bersalah walaupun tindakannya itu karena emosi sesaat.

Hal utama di sini adalah Chris ternyata jujur dan Shannan punya riwayat depresi.

Terus kemungkinan kedua ternyata Chris berbohong dan memang membunuh istrinya berserta anaknya karena ingin memulai hidup baru bersama selingkuhan. Chris monster... setan sujud kayaknya, dia digoda buat pisah dengan Shannan ehh Chris-nya malah mikir, kayaknya dibunuh aja deh ya. Sakit... Parah... kasian Shannan dan anak-anaknya.

Menurut kalian yang mana nih yang bener? Atau punya teori lain, tulis di kolom komentar deh, kita diskusi. Jangan lupa nonton ya agar kalian tetap waras dan terhibur. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Posting Komentar