57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Pasukan Buzzer

Blurb dan Sinopsis Novel Pasukan Buzzer


Internet. Propaganda. Dan manipulasi opini publik.

Sam-goong, Chatatkat, dan 01810 pada awalnya membentuk Tim Aleph sebagai perusahaan pemasaran online yang menawarkan jasa mempromosikan produk atau perusahaan. Dengan Sam-goong yang ahli menyusun strategi, Chatatkat yang pintar merangkai kalimat, dan 01810 yang jago komputer, mereka pun dengan cepat menguasai cara memanipulasi orang-orang melalui internet.

Suatu hari, Tim Aleph menerima permintaan pekerjaan yang aneh.

“Kalian pernah mendengar situs bernama Kafe Jumda? Jika kalian berhasil menghancurkan situs itu dalam waktu satu bulan, aku akan memberi kalian sembilan puluh juta won.”

Dengan keyakinan polos dan menggebu-gebu bahwa mereka bisa mengubah dunia, Tim Aleph pun mulai beraksi. Ketiga pemuda itu sama sekali tidak menyadari bahwa mereka mungkin terlibat dalam permainan politik berbahaya dan organisasi rahasia yang tidak segan-segan menyingkirkan siapa saja yang dianggap bisa merugikan mereka... dengan cara apa pun.

Plot dan Jalan Cerita Novel Pasukan Buzzer

Tim Aleph yang awalnya adalah sebuah kelompok penyedia jasa digital marketing (pemasaran online) mendadak memperoleh sebuah tawaran pekerjaan yang cukup aneh. Mereka diminta untuk merusak sebuah situs forum di internet yang dimiliki oleh penggemar atau kelompok komunitas tertentu. Semenjak itu, pekerjaan mereka berubah menjadi Buzzer Internet yang melakukan propaganda, memanipulasi opini publik, atau merusak target mereka. Hingga suatu hari ada tawaran besar yang merubah segalanya.

Review dan Ulasan Novel Pasukan Buzzer

Awalnya. gua kira bakal tipikal novel kriminal thriller yang melibatkan media (reporter dll) dan narasumber yang mengungkapkan konspirasi tertentu oleh kelompok tertentu sehingga si narasumber menjadi incaran dan akan bertaruh hidup dan mati (kayak di film action spionase gitu). Pikiran gua terlalu dangkal, kayaknya.

Terus di twist... Ternyata cerita ini sendiri adalah konspirasi.

Terus di twist lagi... Beneran terjadi (Pikir sendiri maksudnya apa, takut spoiler).

Double twist.

Bagus loh. Bangus banget malah.
Ceritanya sangat gua suka... Selain perihal twist-twist-an, ada diselipin kisah cinta penuh drama yang nggak biasa dan keseharian pekerjaan di sebuah media. Terus dalam hal kritik dan topik bahasan novel ini. Detail ceritanya keterlaluan bagus, mulai dari peristiwa sejarah, latar tempat, tokoh, kebudayaan Korea, tren masyarakat, dan seterusnya. Ada. Lengkap.

Review Novel Pasukan Buzzer oleh Chang Kang-myoung
Novel Pasukan Buzzer oleh Chang Kang-myoung (dok. pribadi Rio Odestila)

Terus bagusnya lagi, walaupun semua isi di novel ini adalah serba-serbi Korea. Penulis bisa menyampaikan dan menjelaskan dengan baik. Apalagi dengan adanya catatan kaki untuk menolong pembaca memahami istilah-istilah teknis tertentu.

Kekurangan yang dirasa itu ada di bagian karakternya.

Baca juga: Review Novel Bungkam Suara

MC dan tokoh yang ada berasa kayak hanya pelengkap tulisan yang sebenarnya penulis cuma ingin mengkritik isu-isu tertentu di Korea pada masanya. Agar tidak kaku dan membosankan makanya dibuat dalam bentuk novel. Kalau aja karakternya kuat, lebih dijelaskan lagi latar belakang mereka, kisah hidup mereka hingga akhirnya ada di posisi waktu kejadian di novel. Maka novel ini bakal bagus banget. Sayang cuma dijelasin singkat aja, kayak asal kota, pendidikan, pekerjaan. Jadinya, karakter kurang mengikat ke pembaca.

Sekian... Rating novel Pasukan Buzzer:

4.0
Warga internet yang membela untuk perhatian dunia

Video Review dan Ulasan Novel Pasukan Buzzer

Posting Komentar

Posting Komentar