57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Hitam 2045

Blurb dan Sinopsis Novel Hitam 2045

Menjelang tahun 2045, Republik Indonesia telah menjadi negara terkuat kedua di Asia Pasifik sesudah Cina, secara ekonomi dan militer. Seluruh Papua, Timor Timur, dan hampir seluruh Kalimantan menjadi wilayah NKRI. Korupsi sudah hampir musnah. Sains dan teknologi Indonesia memukau dunia. Stabilitas dan rasa aman memenuhi seluruh penjuru negeri. Warga negara dibagi menjadi tiga golongan. Perunggu adalah rakyat jelata. Perak adalah para Pilar Pancasila, mereka yang mengelola dan menjaga negara. Emas adalah pimpinan tertinggi negara.

Plot dan Jalan Cerita Novel Hitam 2045

Agni adalah remaja bergenetik unggul, bagian dari Pilar Muda, program pembibitan Golongan Perak sejak masih berusia 7 tahun.

Namun, dahulu sebelum Agni bergabung dalam program Pila Muda, Agni dan keluarga memperoleh kabar duka. Ayah Agni mengalami kecelakaan saat berkendara. Akhirnya, ibunya Agni harus membesarkan dua anak seorang diri.

Kini, bersama sahabat-sahabatnya dari program yang sama, Bimo si pelawak dan Christine si ilmuwan, Agni menantikan kelulusannya menjadi Pilar Pancasila di Hari Peringatan 100 Tahun Indonesia Merdeka.

Sebuah serangan teroris di wilayah NKRI eks Malaysia menjadi awal mimpi buruk Agni. Bersamaan dengan munculnya sosok Enisa, seorang gadis Perak yang cantik dan tangguh dengan agenda misterius. Agni harus menghadapi tragedi masa lalunya, yang bisa mengancam masa depannya yang cerah. Dan mungkin, bahkan fondasi Republik ini sendiri.

Disampaikan dalam bentuk buku harian, pembaca bisa menyaksikan sebuah visi Indonesia di tahun 2044-2045 dari mata pelakunya sendiri. Sebuah visi yang bisa menjadi realita mengerikan.

Review dan Ulasan Novel Hitam 2045

Pernah denger Filosofi Teras? Nah, buku ini ditulis oleh penulis yang sama. Uniknya kali ini, penulis membuat sebuah cerita fiksi sains distopia masa depan. Penulis Indonesia loh. Jarang sekali menemukan penulis Indonesia membuat cerita fiksi sains. Itulah yang membuat gua tertarik baca novel ini.

Sampul buku keren. Sangat.... Sangat keren. Book mask, yaitu tambahan sampul yang menutupi sampul utama dan membentuk sampul baru. Keren parah. Jarang di Indonesia buku terbit dengan desain sampul unik begini.

Jalan ceritanya lamban ya.... 500+ halaman. Tapi, ceritanya mengalir terus. Memperkenalkan hal-hal dunia fiksinya sekaligus membangun plot dan konflik utama. Selain itu, kalian juga akan menemukan sindiran, satir dan sarkasme terhadap berbagai isu yang mungkin pernah kalian tahu.

Reveiw Novel Hitam 2045 oleh Henry Manampiring
Novel Hitam 2045 oleh Henry Manampiring (dok. pribadi Rio Odestila)

Tokohnya kuat. Pembentukan karakternya sangat baik. Perlahan-lahan pembaca bakal makin kenal dengan protagonis dan karakter lain. Menjelaskan latar kisah masing-masing karakter. Di saat bersamaan karakternya mengalami kemajuan (yang belakangan jarang gua temui di buku penulis Indonesia yang gua baca).

Plot dan konflik cerita seru dan menarik. Nggak hanya tentang Agni yang ingin tahu tentang kebenaran dari kecelakaan ayahnya. Tapi juga ada tentang kisah cinta Agni. Pertemanan. Lingkungan kerja. Konflik keluarga. Penghianatan. Banyak dan gua sebagai pembaca puas.

Dan terakhir topiknya menarik sih. Dari isu pendidikan, sosial, politik, dan bahkan konspirasi teknologi seperti AI ada di buku ini.

Mungkin sebagai penutup, yang menjadi minus bagi gua adalah.... Jalan cerita yang awalnya pelan tapi nagih berubah menjadi dar der dor... Hah? Heh? Hoh? Super cepet di beberapa bab akhir. Kaget aja tiba-tiba banyak hal terjadi sekaligus. Rating untuk Hitam 2045:

5.0
Canggihnya dunia yang membawa petaka

Baca juga: Review Novel Pasukan Buzzer

Video Review dan Ulasan Novel Hitam 2045

Posting Komentar

Posting Komentar