57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Belenggu Ilse

Blurb dan Sinopsis Novel Belenggu Ilse

Malang, 12 Juni 1999

Dear R,
Hari ini aku memutuskan untuk menulis seluruh perasaanku tentangmu pada kartu pos. Aku tidak suka menulis panjang-panjang. Ku pikir, kartu pos adalah pilihan terbaik. Aku akan mengumpulkan seluruh kartu pos ini dan jika waktunya tiba, aku akan memberikannya kepadamu (jika aku punya keberanian). Kita lihat apakah kita akan masih berteman. Aku juga tidak yakin, apakah selama ini kita berteman. Ataukah kita, sebenarnya, hanya saling terikat? 

Dari, Piti

***

Ilse menghilang selama dua tahun. Pada suatu malam, dia mengetuk pintu rumahnya yang mewah, membuat Firas, sang suami, tertegun. Perempuan itu kembali, tetapi tidak serta-merta ingatannya. Menghadirkan banyak tanda tanya dalam benak, apa yang terjadi selama dia menghilang?

Plot dan Jalan Cerita Novel Belenggu Ilse

Seorang wanita bernama Ilse yang tiba-tiba muncul di depan rumahnya. Ilse yang 2 tahun lalu diketahui menghilang dan kemudian kembali tapi mengalami PTSD serta Amnesia akibat trauma yang dimilikinya.

Di tempat lain ada sepasang polisi yang sedang menyelidiki kasus pembunuhan dan kebakaran. Penyelidikan mereka mengarah ke Ilse. Ilse diduga korban selamat dari pelaku pembunuhan tersebut.

Review dan Ulasan Novel Belenggu Ilse

Gue suka, gaya penulisannya unik. Harafiah SPOK kayak tatanan untuk menulis kalimat. "Ilse hanya diam. Dia tidak menjawab pertanyaanku." Singkat, jelas. Entah dialog atau narasi, gaya penulisannya seperti itu. Unik deh dan gue suka.

Ceritanya jadi nggak bertele-tele dengan narasi atau dialog deskriptif yang menggambarkan suatu hal. Karena itu, pembaca harus jeli kata per kata karena ada petunjuk untuk menyelesaikan misteri pembunuhan di cerita.

Terus gue juga suka bagaimana penulis menggiring pembaca untuk mencurigai orang-orang/karakter tertentu yang bertindak mencurigakan. Contohnya aja Firas, suaminya Ilse, dia memberikan obat aneh ke Ilse, nggak ingin Ilse keluar rumah dll. Mencurigakan tapi sebenarnya memang karakter protektif yang berlebihan aja.

Review Novel Belenggu Ilse oleh Ruwi Meita
Novel Belenggu Ilse oleh Ruwi Meita (dok. pribadi Rio Odestila)

Karakter lain juga gitu. Tindak-tanduk mencurigakan. Gue digiring beberapa kali ke karakter lain, ujung-ujungnya jadi bingung siapa pelakunya. Tapi itulah yang membuat buku ini sukses, memberikan unsur misteri sehingga pembaca sendiri nggak tahu siapa pelakunya. Menurut gue penulis sukses deh membuat plot ceritanya.

Terakhir, bener sih, gue lumayan setuju dengan beberapa review yang bilang penutup ceritanya terkesan dipaksakan. Atau nggak dipaksakan sih, tapi terburu-buru. Karena menurut gue harusnya cerita masih bisa dibentuk tensi misteri dan thrillernya sebelum mengungkap siapa pelakunya.

Sekian. Novelnya seru. I like it.

Rating (personal) novel Belenggu Ilse: 4/5

Baca juga: Review Novel Misteri Bilik Korek Api

Video Review dan Ulasan Novel Belenggu Ilse

Posting Komentar

Posting Komentar