57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Misteri Bilik Korek Api

Blurb dan Sinopsis Novel Misteri Bilik Korek Api

Sejak bayi Sunday tinggal di panti asuhan sehingga disa sama sekali buta dengan Ambon, daerah asalnya. Sampai Emola datang, lalu mengingatkan Sunday dengan asal-usulnya yang samar.

Suatu hari mereka menumukan bilik penuh tempelan korek api saat pindah panti asuhan yang baru. Sejak saat itu, kecelakaan demi kecelakaan menimpa teman-teman sekamar Sunday. Sunday mencurigai Emola berkaitan dengan semua kesialan yang terjadi. Bagaimana tidak? Emola memiliki kepribadian yang misterius, minim bicara, dan hanya mendendangkan lagu daerah asalnya sambil menggenggam bandul kalung yang dibungkus kain putih.

Lalu siapa giliran berikutnya yang bakal celaka?
Dia?
Mereka?
Kamu?

Plot dan Jalan Cerita Novel Misteri Bilik Korek Api

Berkisah tentang anak-anak yang tinggal di sebuah panti asuhan. Mereka pindah ke bangunan baru. Mereka menemukan sebuah ruangan misterius dengan pintu berwarna merah dan di dalam ruangan itu isinya korek api. Setelahnya, kejadian aneh mulai bermunculan.

Review dan Ulasan Novel Misteri Bilik Korek Api

Ada 2 karakter yang menjadi fokus utama. Sunday dan Emola.

Sunday adalah anak senior di panti asuhan, karena hingga SMA dia nggak ada yang adopsi (ceritanya cukup sedih), akhirnya dia tetap tinggal di sana dan membantu panti asuhan tersebut.

Yang satunya adalah Emola. Dia anak pendiam, menyendiri dan belum lama tinggal di panti asuhan itu. Dia punya cerita masa lalu yang cukup kelam yang dirahasiakan pengurus panti dari yang lainnya.

Misteri horornya mantep.

Gue suka bagaimana kontrasnya perbedaan Sunday dan Emola.

Dari sudut pandang Sunday, semuanya digambarkan tentang kehidupan ramaja umumnya. Sekolah, ekstrakurikuler, cinta, kesibukan di panti asuhan dsb. Sementara Emola, dia penyendiri, pendiam, tidak disukai, dianggap aneh dsb.

Review Novel Misteri Bilik Korek Api oleh Ruwi Meita
Novel Misteri Bilik Korek Api oleh Ruwi Meita (dok. pribadi Rio Odestila)

Gue suka juga gaya penulisan yang harafiah SPOK dan penuh metafora apalagi bagian Emola. Singkat, padat, jelas.

Terus soal horor dan misterinya. Setelah penemuan bilik korek api berpintu merah (tipikal). Kejadian aneh muncul tapi nggak ada yang sadar. Hanya Emola yang tau, dan dia indigo (tipikal) bisa mengusir roh jahat.

Tapi gue suka, entah gimana gue jadi ingat The Conjuring 2. Roh jahat mencelakai anak-anak dan mengincar ibunya. Terus sejarah kelam bilik korek api itu bikin nyesek.

Paling keren itu backstory karakternya yang nyesek (bahkan backstory setannya juga). Terus mengangkat budaya Ambon, mengkritik isu sosial, tentang keluarga dan banyak deh.

Yang kurang menurut gue cuma tentang hal terlalu tipikal atau klise aja. Kayak anak indigo, cinta segitiga atau mungkin karena lagi rame pada tahunnya ya?

Selebihnya gue suka.

Rating (personal) novel Misteri Bilik Korek Api: 4/5

Baca juga: Review Novel Dalam Kurung

Video Review dan Ulasan Novel Misteri Bilik Korek Api

Posting Komentar

Posting Komentar