57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film The Imitation Game (2014)

Pernahkah kalian penasaran siapa yang menciptakan komputer? Seperti apa orangnya? Di tulisan kali ini gua akan review film biopik (biografi) dari penemu dan pencipta komputer, Alan Turing, berjudul The Imitation Game (2014). Sebuah film biopik tentang tokoh yang berjasa bagi kita hingga sekarang ini karena telah menemukan teknologi yang kita kenal dengan sebutan komputer.

Deskripsi dan Sinopsis Film The Imitation Game (2014)

Semasa Perang Dunia Kedua, seorang mamatikawan jenius bernama Alan Turing mencoba untuk memecahkan kode Enigma Jerman dengan bantuan rekan matematikawan sembari mencoba mengatasi masalah personalnya.

Plot dan Alur Cerita Film The Imitation Game (2014)

Film The Imitation Game (2014) didasarkan dari kisah nyata tokoh ahli dalam bidang memecahkan kode alias kriptografi bernama Alan Turing (diperankan oleh Benedict Cumberbatch).

Pada perang dunia kedua, Inggris mengalami banyak kekalahan dan terpojok oleh pasukan musuh. Pihak pemerintah Inggris berusaha keras untuk mencari informasi di kala perang agar bisa mengalahkan musuh dan memenangkan perang. Mereka sudah mengetahui bagaimana pihak musuk berkomunikasi, yaitu menggunakan sebuah alat pengirim pesan yang telah dienskripsi dengan sistem yang sangat, sangat rumit yang dikenal dengan nama Enigma.

Review Film The Imitation Game (2014)
Inggris kalah perang (dok. IMDb/The Imitation Game)

Untuk menyadap saluran informasi musuh dengan cara memecahkan kode Enigma, pemerintah Inggris kemudian mengumpulkan berbagai orang jenius dan menantang mereka mengungkap cara memecahkan kode rahasia Enigma. Salah seorang jenius tersebut adalah Alan Turing.

Review Film The Imitation Game (2014)
Alan merancang mesin untuk mengalahkan Enigma (dok. IMDb/The Imitation Game)

Alan Turing ikut serta dalam tim yang dibentuk. Tetapi, Alan memiliki ide yang berbeda. Dari pada mencoba mencari tahu kode rahasia Enigma yang memiliki kemungkinan seratus milyar milyar milyar milyar. Alan mencoba membuat mesin yang bisa mengalahkan Enigma, bisa menemukan kode rahasia Enigma, dan bisa membaca pesan enkripsi dari Enigma.

Inilah kisah Alan yang penuh lika-liku, tantangan, cobaan, dan halangan untuk menciptakan sebuah mesih canggih dan pintar yang kita kenal sekarang dengan nama komputer.

Baca juga: Review Film Ghost Lab (2021)

Review dan Ulasan Film The Imitation Game (2014)

Sebuah film biopic yang miris. Alan Turing yang adalah orang yang menciptakan komputer harus mengakhiri hidupnya karena masyarakat pada zamannya yang punya pemahaman tertentu.

Gua sebagai penonton sedih melihat nasibnya.

Film ini mampu menyampaikan kisah Alan Turing dengan baik. Benedict Cumberbatch yang berperan menjadi Alan Turing. Emosinya luar biasa tersampaikan. Sementara itu, ceritanya sendiri juga keren dan seru. Melihat bagaimana awal mula sebuah komputer dibuat.

Komputer yang kita kenal sekarang sangat jauh berbeda dengan komputer pertama kali diciptakan. Melihat perjuangan Alan membuat sebuah mesin dari kosong hingga berfungsi. Keren parah.

Review Film The Imitation Game (2014)
Mesin buatan Alan Turing (dok. IMDb/The Imitation Game)

Selain itu, flm ini juga membahas tentang perang yang terjadi saat itu. Melihat bagaimana perang berakibat parah. Bukan hanya tentang bagaimana para prajurit harus meregang nyawa untuk negeri tercinta, tetapi juga bagaimana perang menghancurkan orang-orang yang berada di tengah-tengahnya.

Gua juga suka tentang film ini yang membahas sebuah ilmu atau bidang sains yaitu Kriptografi. Sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang sandi dan pengkodean yang umumnya digunakan untuk merahasiakan pesan dan informasi. Melihat bagaimana pesan yang kemudian dienkripsi menggunakan sebuah mesin bernama Enigma yang menerapkan ilmu kriptografi dan dimanfaatkan untuk perang. Sangat inovatif, terutama untuk teknologi pada zamannya.

Sebagai film biopik yang menceritakan kisah seseorang sudah sangat bagus, kemudian ditambah dengan kisah-kisah lain yang membuat film menjadi film yang lengkap dan mampu mengaduk emosi penonton. Rating film The Imitation Game (2014):

8.0
Teka-teki yang merubah perkembangan teknologi

Baca juga: Review Film In the Heights (2021)

Posting Komentar

Posting Komentar