57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Ghost Lab (2021)

Apakah hantu itu benar-benar ada? Apakah manusia akan menjadi hantu setelah meningga? Nah, itu adalah pertanyaan yang menjadi topik cerita di film kali ini. Gua akan review film horor Ghost Lab (2021) produksi Netflix yang mengangkat tema supranatural.

Deskripsi dan Sinopsis Film Ghost Lab (2021)

Setelah nenyaksikan penampakan hantu di rumah sakit, dua orang doktor menjadi sangat obsesi untuk mengumpulkan bukti kalau setan itu ada secara sains.

Plot dan Alur Cerita Film Ghost Lab (2021)

Dua orang dokter bedah UGD di sebuah rumah sakit di Thailand, Wee dan Glee (diperankan oleh Thanapob Leeratanakachorn dan Paris Intarakomalyasut) suatu hari pada shift malam mereka menyaksikan sebuah fenomena supranatural yaitu kemunculan hantu yang merupakan arwah dari jasad yang baru tiba di rumah sakit pagi itu akibat luka bakal seluruh tubuh.

Review Film Ghost Lab (2021)
Bukti keberadaan setan (dok IMDb/Ghost Lab)

Semenjak kejadian itu, dengan latar pendidikan mereka di bidang sains dan kedokteran, kedua sahabat ini mencoba membuktikan hantu melalui sains dan ingin menerbitkan sebuah jurnal dari hasil penelitian mereka.

Berbagai macam cara dilakukan, mulai dari menelusuri bangunan angker, merekam ruangan yang dikatakan ada hantu atau bekas orang meninggal, mewawancara saksi-saksi yang berkata pernah melihat hantu dsb. Bahkan hal-hal ekstrim seperti ritual-ritual pemanggilan arwah.

Baca juga: Review Film The Unholy (2021)

Review dan Ulasan Film Ghost Lab (2021)

Kecewa... kecewa... kecewa... kecewa... kecewa! Itulah ungkapan dari gua untuk review atau ulasan film Ghost Lab (2021).

Babak pertama Ghost Lab (2021) sangat menjanjikan, penonton akan disuguhkan perjalanan Wee dan Glee membuktikan hantu ala-ala ghost hunter. Menggunakan alat-alat untuk mendeteksi fenomena supranatural, merekam, mewawancara dll. Hal tersebut membuat gua yang nonton merasa penasaran dan antusias. Apalagi di sela-sela adegan tersebut disisipi komedi. Ini mengingatkan gua dengan film Thailand lain yaitu Pee Mak (2013). Sajian horor yang seru dengan bumbu komedi.

Tapi, mulai babak kedua hingga akhir. Gaya penceritaan berubah drastis. Isinya hanya drama... drama... drama... Wee dan Glee bereskperimen dengan serius banget, bahkan melewati batas moral dan kemanusiaan. Berdebat ini itu, ada bumbu subplot percintaan dengan pacar mereka yang penuh dengan konflik dll. Filmnya berubah sangat serius dan kehilangan mood menyenangkannya.

Plot cerita juga semakin ngawur dan nggak jelas. Unsur komedi hilangsehilangnya. Premis tujuan mereka yang ingin membuktikan hantu secara sains dan membuat buku/jurnal juga nggak berjalan mencapai kesimpulan di akhir cerita.

Ghost Lab (2021) jadi serba nanggung, fun dan komedi di awal doang, serius di pertengahan hingga akhir, romansa dan percintaan yang nanggung juga, premis yang dibawa hingga akhir cerita nggak ada penyelesaian. Ngawur deh, penulisnya waktu nulis sedang ngapain coba.

Bagian penutup Ghost Lab (2021) melenceng. Gua nggak dapet maksud ceritanya yang di awal dibawa menuju akhir itu tujuannya apa. Ninggalin banyak pemikiran dan pertanyaan "Lah, kok jadi gini...", "Ehh, kok gitu...", "Maksudnya apa sih?", "Hah?", "Kok kayak nggak nyambung ceritanya?", "Tujuan di awal itu gimana jadinya?", "Aneh...", "Nggak jadi fun nontonnya... nggak asik lagi"

Dan seterusnya dan seterusnya dan seterusnya...

Kalau kalian penyuka film dengan ending ambigu dan penuh misteri, mungkin ini cocok buat kalian. Tapi bagi gua, nggak banget. Udah seru-seru di awal, ehh pertengahan hingga akhir malah jadi gitu. Nggak dapet penyelesaian cerita dan konklusinya. Yahh, gitu sih. Rating film Ghost Lab (2021):

6.0
Meneliti kemunculan setan dengan rekaman dan percobaan

Sebagai penutup, jangan lupa nonton (walau pun filmnya kadang nggak jelas) agar kalian tetap waras dan terhibur. Sampai jumpa.

Baca juga: Review Film Awake (2021)

Posting Komentar

Posting Komentar