57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Awake (2021)

Pernahkan kalian berpikir kalau manusia tidak tidur akan seperti apa? Ini mungkin film yang cocok untuk kalian kalau penasaran apa yang terjadi kalau manusia tidak tidur. Kali ini gua akan review film thriller Awake (2021) yang digarap oleh Netflix.

Deskripsi dan Sinopsis Film Awake (2021)

Setelah peristiwa yang mengacaukan dunia yang menghancurkan seluruh perangkat elektronik dan kemampuan orang-orang untuk tidur, seorang mantan tentara kemungkinan menemukan solusi bersama anak gadisnya.

Plot dan Alur Cerita Film Awake (2021)

Seorang mantan tentara bernama Jill (diperankan oleh Gina Rodriguez) bekerja di sebuah pusat rehabilitasi sebagai satpam. Jill memiliki dua orang anak yaitu Noah dan Matilda (diperankan oleh Lucius Hoyos dan Ariana Greenblatt) yang diasuh oleh nenek mereka.

Review Film Awake (2021)
Gina dan anaknya (dok. IMDb/Awake)

Suatu hari ketika Jill akan mengantarkan Noah dan Matilda ke sekolah, di perjalanan terjadi kecelakaan hebat. Kendaraan yang dikendarai Jill kehilangan daya dan lepas kendali. Mobil tersebut menabrak trotoar dan masuk ke danau yang berada tidak jauh dari jalan raya.

Untungnya mereka bertiga selamat dengan sedikit luka. Tapi, fenomena mobil Jill yang mati mendadak tidak hanya dialami olehnya. Seluruh negeri bahkan dunia juga mengalami hal yang sama.

Review Film Awake (2021)
Bencana Elektromagnetik (dok. IMDb/Awake)

Tak lama setelah itu, pemerintah memberikan pengumuman kalau negara dalam keadaan darurat akibat fenomena yang tidak diketahui asal-usul dan penyebabnya. Semua peralatan listrik mati pada hari kecelakaan itu dan sejak saat itu orang-orang tidak bisa tidur.

Baca juga: Review Film The Unholy (2021)

Review dan Ulasan Film Awake (2021)

Gua sebenarnya punya harapan bagus untuk film ini, terlebih seringnya muncul iklan yang mempromosikan film ini di sosial media. Dan dari trailernya juga cukup meyakinkan gua untuk nonton ini film.

Dengan membawa ekspektasi yang cukup tinggi sewaktu nonton, gua akhirnya dibuat kecewa dengan plot cerita yang menurut gua nggak banget dan terlalu biasa.

Banyak banget yang menjadi pertanyaan sepanjang gua nonton ini film. Dengan pembukaan film yang cukup meyakinkan, gua kira bakal seru kayak film-film disaster, apocalypse lain-lain walau pun gua tau ceritanya pasti gitu-gitu aja. Gua pikir setidaknya film ini akan mengangkat topik baru atau hal bahasan baru yaitu tidur. Nggak melulu tentang tsunami, gempa Bumi, meteor, panas matahari, asteroid atau fenomena sejenih.

Topiknya cukup menarik menurut gua, tapi sayangnya cuma dibahas sekilas-sekilas doang. Cuma kayak, "Manusia kalau nggak tidur lebih dari 5 hari, maka akan mati. Gejala awal yaitu hilang konsentrasi, linglung, memori pendek, gila, hingga akhirnya otak berhenti bekerja karena kelelahan."

Cuma gitu aja, gejala kurang tidur dan akibatnya. Padahal menurut gua bisa diulik lebih dalam, apalagi di film ini ada pihak pemerintah yang mencoba untuk menemukan solusi agar manusia bisa tidur. Kenapa nggak sekalian dibahas proses otak beristirahat dan tidur itu gimana, cara-cara lain agar otak beristirahat mungkin tapi nggak melulu harus tidur.

Kalau aja lebih diulik, ending film pasti akan lebih seru. Nggak melulu soal konspirasi pemerintah yang melakukan eksperimen ekstrim ke orang-orang untuk menemukan obat agar bisa tidur. Bisa aja, ada cara lain buat istirahat.

Terus ada beberapa bagian juga yang menurut gua nggak natural aja. Kejadian nggak masuk akal pikiran, keputusan nggak logis dan realistis dll. Dan sama, ada karakter narapidana yang gua sendiri bingung perannya apa. Gabung ke kelompok Jill, terus bantu Jill dan anak-anaknya, terus cabut, ehh balik lagi bareng Jill. Terus dia juga ada curhat soal masa lalu tapi gua sebagai penonton nggak memberikan perhatian ke karakter narapidana itu. Tanpa tuh karakter juga kayaknya film akan tetep jalan kayak yang seharusnya.

Sayang benget deh... kurang ngulik bahan cerita. Rating film Awake (2021):

5.0
Tidak memejamkan mata dan hilanglah jiwa

Sebagai penutup, jangan lupa nonton agar kalian tetap waras dan terhibur (mending tidur). Sampai jumpa...

Baca juga: Review Film Ghost Lab (2021)

Posting Komentar

Posting Komentar