57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film KKN di Desa Penari (2022)

KKN. Pernah mendengar akronim tersebut? Mungkin untuk sebagian pembaca yang pernah melewati masa-masa kuliah pasti pernah mendengar atau bahkan menjalani KKN. KKN adalah singkatan atau akronim dari Kuliah Kerja Nyata. KKN sendiri adalah sebuah program kerja akhir masa kuliah mahasiswa di mana para mahasiswa ditugaskan untuk mengabdi di sebuah tempat dan melayani masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan membantu masyarakat di sebuah tempat agar lebih berkembang, mandiri, dan maju dengan mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh mahasiswa.

Tapi, tidak semua KKN yang dijalani oleh para mahasiswa selalu berjalan mulus dan lancar. Pasti ada kendalanya. Bahkan sampai ke ranah supranatural. Di ulasan kali ini, gua akan membahas sebuah film horor berjudul KKN di Desa Penari yang tayang 2022, di mana ini adalah kisah para mahasiswa yang KKN dan memperoleh teror supranatural di sebuah desa.

Deskripsi dan Sinopsis Film KKN Di Desa Penari (2022)

Enam orang mahasiswa yang sedang menjalani KKN di sebuah desa terpencil diperingatkan untuk tidak melanggar batas tempat dan aturan di desa yang bisa berakibat buruk. Namun, malapetaka terjadi di mana para mahasiswa akhirnya diteror oleh sesosok wanita penari.

Plot dan Alur Cerita Film KKN Di Desa Penari (2022)

Nur (diperankan oleh Tissa Biani), Widya (diperankan oleh Adinda Thomas), Bima (Achmad Megantara), Ayu (diperankan oleh Aghniny Haque), Anton (diperankan oleh Kevin Jeremy), dan Wahyu (diperankan oleh Fajar Nugra) adalah mahasiswa di sebuah kampus. Mereka berenam harus melaksanakan tugas KKN di sebuah desa terpencil di sebuah hutan. Kisah KKN mereka pun dimulai.

Dalam perjalanan ke desa di mana mereka melaksanakan KKN, keenam mahasiswa ini mengalami kejadian gajil. Salah seorang dari mereka melihat seorang penari yang sedang melenggok di dekat hutan sebelum masuk ke gerbang desa.

Review Film KKN Di Desa Penari (2022)
Penari melenggok di dekat gerbang desa (dok. IMDb/KKN di Desa Penari)

Kemudian, setibanya di desa. Kepala desa mengarahkan mahasiswa tentang permasalahan0 desa tersebut dan para mahasiswa bersedia untuk membantu dan mengatasi permasalahan desa. Kepala desa juga memberikan pesan kepada para mahasiswa agar tidak melewati batas desa yang mengarah ke hutan karena desa bisa terkena bencana atau kesialan serta harus bersikap sopan dan santun selama tinggal di desa. Namun, beberapa mahasiswa melanggar aturan tersebut yang kemudian mereka diteror oleh sosok perempuan penari.

Review Film KKN Di Desa Penari (2022)
Nur diteror oleh sosok penari (dok. IMDb/KKN di Desa Penari)

Baca juga: Review Film The Unholy (2021)

Review dan Ulasan Film KKN Di Desa Penari (2022) 

KKN di Desa Penari sebenarnya adalah sebuah cerita yang diangkat dari sebuah utas Twitter yang ditulis oleh Simpleman. Utas KKN di Desa Penari viral pada tahun 2019. Menurut penuturan Simpleman, peristiwa pada cerita KKN di Desa Penari adalah sebuah kejadian yang pernah terjadi dan dialami oleh sekelompok mahasiswa yang sedang menjalankan KKN. Simpleman memperoleh kisah tersebut dari narasumber yang menjadi saksi dari kejadian tersebut. Menurut kalian bagaimana?

Gua sendiri antara percaya dan tidak. Mengesampingkan perihal keaslian ceritanya, KKN di Desa Penari merupakan sebuah cerita horor yang mampu menebarkan teror dan perdebatan. Meski pun adaptasi cerita KKN di Desa Penari tidak terlalu mulus. Banyak plothole. Adaptasi film KKN di Desa Penari sangat ciamik. Kualitas gambar, properti, lokasi cerita, dan kostum yang hadir di film sangat mampu menggambarkan sebuah cerita di tempat yang penuh misteri dan jauh dari mana-mana.

Akting para pemain juga sangat bagus, terutama untuk karakter Ayu dan Nur. Sangat meyakinkan. Walaupun, di beberapa bagian terjadi inkonsistensi pada cerita tetapi berkat akting pemain, ceritanya bisa menebarkan ketakutan kepada penonton.

Review Film KKN Di Desa Penari (2022)
Widya yang mengalami hal ganjil (dok. IMDb/KKN di Desa Penari)

Cerita KKN di Desa Penari sebenarnya telah diadaptasi ke media lain berupa buku sebelum akhirnya diadaptasi menjadi film. Kalau gua diminta untuk memilih antara cerita KKN di Desa penari dari utas Twitter, buku, atau film, maka gua akan memilih buku. Ini karena pada versi buku, cerita KKN di Desa Penari telah ditulis ulang lebih baik dengan adanya narasi-narasi cerita yang lebih detail, tidak seperti versi utas Twitter atau pun film yang lebih padat dan singkat sehingga membuat beberapa bagian cerita menimbulkan pertanyaan.

Namun, kelebihan film adalah mampu mewujudkan kisah KKN di Desa Penari dengan visual yang bagus dan sangat akurat. Bagaiman menurut kalian?

Oh ya, adegan Nur menari kesetanan itu serem loh! Rating film KKN di Desa Penari (2022):

6.0
Selendang hijau yang bikin galau

Pernah mengalami hal janggal saat menjalankan KKN? Kalau iya, coba deh ceritakan kisah kalian di kolom komentar. Jangan lupa nonton agar kalian tetap waras dan terhibur. Sampai jumpa… 

Baca juga: Review Film Ghost Lab (2021) 

Posting Komentar

Posting Komentar