57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 K13R18

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 K13R18

Ini adalah rangkuman materi belajar untuk anak kelas 6 SD. Rangkuman ini berisi ringkasan tentang materi pada buku tematik kelas 6, yaitu tema 1 bagian subtema 1 kurikulum 2013 revisi 2018. Silahkan dibaca atau boleh juga dicatat ya.

Liburan telah tiba, Fanny tengah berlibur di rumah kakeknya di desa. Suatu hari ia berjalan-jalan menyusuri desa menuju persawahan. Di sana ia melihat hamparan padi. Padi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia.

Tumbuhan Sahabatku

Bahasa Indonesia

Teks laporan hasil pengamatan adalah teks yang berisi laporan tentang sesuatu yang telah diamati. Teks ini bersifat faktual atau berdasarkan fakta, bukan berdasarkan imajinasi penulis.

Teks laporan hasil pengamatan disajikan dalam bentuk paragraf. Setiap paragraf berisi kalimat utama dan ide pokok. Selain itu, juga berisi kalimat penjelas dan gagasan penjelas.

Jenis paragraf dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Paragraf deduktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf
  2. Paragraf induktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf
  3. Paragraf campuran, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf

Berikut contoh teks laporan hasil pengamatan:

Cara Jagung Berkembang Biak

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung memulai pembiakan tanaman jagung dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk, seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin yang bertiup. Tepung sari yang terbawa angin sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap di panen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, petani harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

IPA

Tumbuhan memiliki ciri, salah satunya adalah berkembang biak. Salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan bunga adalah tumbuhan jagung. Tepung sari pada bunga jagung terbawa angin dan akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada tumbuhan jagung yang lain. Saat itulah terjadi pembuahan. Hasil dari pembuahan adalah zigot yang akan berkembang menjadi lembaga sebagai bakal buah hingga menjadi buah. Perkembangbiakan ini disebut perkembangbiakan generatif.

IPS

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara ini bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan menjadi dasar pertimbangan para tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967, ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok.

Matematika

Pembaca angka selalu dimulai dari posisi paling paling kiri yang memiliki nilai terbesar. Bilangan yang memiliki dua angka, angka terbesarnya adalah puluhan. Bilangan yang memiliki tiga angka, angka terbesarnya adalah ratusan. Bilangan yang memiliki empat angka, angka terbesarnya adalah ribuan, dan seterusnya.

Tanda pisah angka digunakan untuk bilangan lebih dari 999. Tanda tersebut digunakan untuk memisahkan tiap tiga angka dari sebelah kanan urutan angka. Contohnya:

1.234.567 dibaca satu juga dua ratus tiga puluh empat ribu lima ratus enam puluh tujuh.

PPKn

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sebagai berikut:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Toleransi, penghormatan kepada agama atau kepercayaan orang lain
  3. Kerukunan antarumat beragama

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah sebagai berikut:

  1. Persamaan derajat
  2. Menghargai hak asasi manusia
  3. Solidaritas, setia kawan antarsesama menusia
  4. Perdamaian

SBdP

Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan maupun ukir. Untuk teknik cetak dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah liat plastis. Karena penggunaan tanah liat yang terlalu lembek akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas. Selain itu, tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit diukir.

PJOK

Teknik berlari yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Kepala tegak
  2. Tengan agak menggenggam
  3. Lengan di samping badan, membentuk sudut 90 derajat
  4. Ujung kaki menghadap ke depan
  5. Bahu santai tidak diangkat
  6. Badan tegap tidak membungkuk
  7. Jangan angkat kaki terlalu tinggi
  8. Telapak kaki jatuh pada tumit, bukan pada ujung kaki

Baca: Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018

Posting Komentar

Posting Komentar