57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban)

Blurb dan Sinopsis Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban)

Ketika Bus Ksatria membelah kegelapan malam dan berhenti mendadak di hadapan Harry Potter, maka dimulailah tahun ajaran berikutnya di Hogwarts yang jauh dari biasa-biasa saja. 

Sirius Black, pembunuh massal dan pengikut Lord Voldemort, kabur dari penjara Azkaban--dan konon dia memburu Harry. 

Pada pelajaran Ramalan pertama, Profesor Trelawney melihat terawangan kematian dalam ampas teh anak itu... 

Namun, tak ada yang lebih menakutkan daripada para Dementor, sosok-sosok pengisap jiwa, yang gentayangan di sekeliling sekolah.

Plot dan Jalan Cerita Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban)

Setelah liburan, akhirnya sekolah kembali dimulai. Ini adalah tahun ketiga Harry bersekolah di Hogwart. Pada awal masuk sekolah, Harry memperoleh informasi tentang tahanan yang kabur dari sebuah penjara. Kemudian Harry harus menghadapi ancaman yang lebih besar daripada sebelumnya karena harus berhadapan pada tahanan bernama Sirius Black yang melarikan diri dari penjara sihir teraman di dunia, Azkaban.

Sirius Black diyakini sebagai pria yang bertanggung jawab atas kematian orang tua Harry. Harry sangat takut dan merasa terancam saat mengetahui bahwa Sirius sedang mencarinya.

Review dan Ulasan Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban)

Cerita kali ini mengalir lancar... Pergerakan cerita di buku kali ini tertata rapi, mengalir, terstruktur. Telihat jelas kalau tulisan JKR semakin membaik di buku ini. Tidak seperti di buku sebelumnya yang ceritanya terasa kasar (atau mungkin karena terjemahannya ya?). Yang pasti, jalan cerita di buku ini lebih menyenangkan untuk diikuti, lebih rapi dan terstruktur.

Walaupun cerita di buku ini tidak semenakjubkan kedua buku sebelumnya. Tapi, dari sisi petualangan dan keseruan, buku ini sangat unggul. Selain itu, kita juga akan melihat perubahan karakter yang cukup kentara. Semakin dewasa walaupun kadang sifat nekat dan egois mereka masih ada.

Review Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban)
Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban) oleh J.K. Rowling (dok. pribadi Rio Odestila)

Dan suka juga dengan hal-hal baru tentang sihir dan dunia sihir itu sendiri yang diperkenalkan di buku kali ini sehingga kesan magisnya tidak hilang walaupun tidak bisa menandingi buku pertama.

Keluh kesah gua mirip dengan buku kedua. Ada narasi yang diulang-ulang terus menerus. Tentang asrama, tentang Quidditch, tentang guru apa mengajar apa. Capek. Bertele-tele dan malah bikin bosen kalau ketemu bagian itu.

Rating (personal) novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban): 4/5

Baca juga: Review Novel Harry Potter #4 dan Piala Api (Goblet of Fire)

Video Review dan Ulasan Novel Harry Potter #3 dan Tawanan Azkaban (Prisoner of Azkaban)

Posting Komentar

Posting Komentar