57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012)

Hei, apa kalian tahu siapa Abraham Lincoln? Kalau penyuka teori konspirasi pasti pada tau tuh. Abraham Lincoln adalah salah satu Presiden Amerika. Dan ini adalah cerita tentang Abraham Lincoln.

Kalau kalian membaca kalimat yang gua tulis barusan pasti pikirnya 'Wah, film tentang biografi tokoh nih. Bosen kayaknya!'.

Ya, gua akan menghentikan kalian sampai di situ. Gua jamin film ini ngga akan membosankan, atau kalau masih ragu maka akan gua coba yakinkan dengan tulisan gua ini.

Walapun menurut gua dari judulnya aja udah ada yang aneh, Vampire Hunter, yang kalau diterjemahkan itu artinya Pemburu Vampir. Nggak mungkin dong film ini hanya sekedar cerita biografi presiden Amerika.

Dan bener, nggak akan cuma itu. Film ini memang mengisahkan tentang presiden Amerika yaitu Abraham Lincoln tapi dikemas dalam sebuah kisah campuran. Campuran biografi dan sejarah Amerika dan Presiden Lincoln ditambah dengan unsur fiksi dan fantasi seperti ada di judul film. Ada vampir di film ini. Berikut review film aksi Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012).

Deskripsi dan Sinopsis Film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012)

Abraham Lincoln, Presiden ke-16 Amerika Serikat, menemukan kalau vampir berencana untuk mengambil alih Amerika Serikat. Dia hal tersebut misinya untuk menghentikan mereka.

Plot dan Alur Cerita Film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012)

Berkisah tentang Abraham Lincoln (diperankan oleh Benjamin Walker) dari kecil hingga dia mencalonkan diri dan berhasil menjadi Presiden Amerika yang ke-16. Dalam perjalanannya kalian akan ditunjukkan bagaimana sepak terjang Abraham Lincoln yang berusaha untuk menghentikan rasisme, perbudakkan, dan berbagai masalah kemanusiaan lain. Dan tentu saja pertemuan Abraham dengan bangsa vampir yang dikira hanya mitos.

Review Film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012)
Lincoln melawan vampire (dok. IMDb/Abraham Lincoln: Vampire Hunter 2012)

Bermula dari Abraham kecil dan keluarganya. Saat Abraham kecil, ibunya diserang oleh seseorang yang merupakan vampir. Akibatnya dia harus kehilangan ibunya. Selain itu, Abraham juga harus berpisah dengan teman kecilnya karena masalah perbudakkan pada masa itu.

Bertahun-tahun berlalu dan Abraham telah dewasa, semenjak kejadian Abraham melihat ibunya dibunuh oleh seseorang yang merupakan vampir. Dia pun sejak itu mencoba membalaskan dendam ibunya. Mencari sang pelaku hingga suatu ketika dia menemukan pelaku tersebut yang merupakan seorang pemilik perusahaan jasa pengiriman.

Dia pun menyerang si pelaku tapi gagal, si pelaku yang sudah ditembak Abraham di bagian kepala masih hidup dan malah menyerang balik. Untungnya saat itu ada yang membantu Abraham tapi si pelaku berhasil melarikan diri.

Dari orang yang membantu Abraham, Henry (diperankan oleh Dominic Cooper). Dia tahu kalau si pelaku, Jack Barts (diperankan oleh Marton Csokas), ternyata adalah vampir dan tidak bisa dibunuh dengan senjata biasa. Harus dibunuh dengan senjata yang berbahan perak. Dari sanalah kisah Abraham dimulai. Dia meminta Henry untuk melatihnya bertarung melawan para vampir dan Henry menerima.

Review dan Ulasan Film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012)

Gua yang sudah banyak nonton film (sombong dulu ahahaha) dan biasanya akan menilai secara sepihak kalau film tentang biografi seseorang itu pasti akan membosankan. Tetapi tidak dengan film ini. Meski keakuratan film masih gua pertanyakan, gua masih bisa mencerna inti cerita film ini.

Film ini dibuat berbeda dengan menambahkan unsur fiksi dalam ceritanya yaitu dengan adanya vampir. Tujuannya agar penonton tidak bosan tapi masih mengkedepankan cerita utama yaitu si tokoh Abraham Lincoln itu sendiri. Di film kalian akan bisa melihat masalah-masalah di Amerika pada masanya tentang perbudakkan dan rasisme kemudian Abraham menjadi Presiden dan berusaha untuk menghilangkan tersebut.

Mungkin secara film, ini tidak membosankan atau bahkan menghibur tetapi secara cerita gua agak meragukan tentang keakuratannya, terutama tentang Abraham Lincoln. Itu sih menurut gua.

Walaupun gua yakin sebelum mereka membuat dan produksi film pasti ada riset terlebih dahulu, cuman karena tercampur antara fiksi dan biografi, jadi sulit membedakan mana yang cerita asli mana yang bukan. Yang jelas vampir bukan dong... sisanya harus kita cari tahu dan simpulkan sendiri.

Rating (personal) film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012): 7/10

Baca juga: Review Film Army of the Dead (2021)

Siap-siap garpu perak buat basmi vampire. Sebelum itu, jangan lupa nonton agar kalian tetap waras dan terhibur. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Posting Komentar