57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

7 Kesalahan Umum dalam Menulis Review dan Cara Menghindarinya

Tulisan Review adalah salah satu jenis tulisan yang banyak dijumpai di internet. Mulai dari ulasan produk, film, buku, hingga tempat wisata, semuanya membutuhkan ulasan. Namun, menulis review yang baik tidaklah semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh penulis review. Nah, pada kesempatan kali ini, gua akan membahas 7 kesalahan umum dalam menulis review dan cara menghindarinya.

  1. Terlalu Subjektif

    Kesalahan pertama yang sering dilakukan dalam menulis review adalah terlalu subjektif. Penulis cenderung memberikan penilaian berdasarkan selera pribadi, tanpa mempertimbangkan selera orang lain. Hal ini tentu saja membuat review kurang akurat dan dapat menyesatkan pembaca. Untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya penulis lebih objektif dalam memberikan penilaian. Berikan argumentasi yang jelas dan berbasis fakta untuk mendukung penilaian yang diberikan.

  2. Tidak Memberikan Konteks yang Cukup

    Kesalahan kedua yang sering terjadi adalah tidak memberikan konteks yang cukup. Beberapa penulis review hanya memberikan penilaian tanpa memberikan konteks yang cukup tentang produk atau layanan yang diulas. Akibatnya, pembaca mungkin merasa bingung atau tidak memiliki informasi yang cukup tentang hal yang diulas. Sebaiknya, penulis memberikan informasi yang lebih terperinci tentang produk atau layanan yang diulas, seperti spesifikasi teknis, harga, dan kelebihan-kekurangan dari produk atau layanan tersebut.

  3. Tidak Mengikuti Struktur yang Baik

    Kesalahan ketiga adalah tidak mengikuti struktur yang baik. Menulis review membutuhkan struktur yang baik agar mudah dipahami oleh pembaca. Beberapa penulis review hanya menulis tanpa struktur yang jelas, sehingga sulit dipahami oleh pembaca. Sebaiknya, gunakan struktur yang jelas seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan agar review mudah dipahami dan informatif.

  4. Tidak Memberikan Penilaian yang Adil

    Kesalahan keempat adalah tidak memberikan penilaian yang adil. Beberapa penulis review cenderung memberikan penilaian yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Hal ini dapat membuat pembaca meragukan keakuratan dari review tersebut. Sebaiknya, berikan penilaian yang adil dan berdasarkan fakta. Jangan terlalu terpengaruh oleh pendapat atau pengalaman pribadi.

  5. Terlalu Fokus pada Detail Kecil

    Kesalahan kelima adalah terlalu fokus pada detail kecil. Beberapa penulis review cenderung terjebak pada detail kecil dan mengabaikan hal-hal penting yang perlu diulas. Hal ini dapat membuat pembaca merasa bosan atau tidak tertarik membaca review tersebut. Sebaiknya, berikan ulasan secara keseluruhan dan utuh. Jangan terlalu terjebak pada detail kecil yang tidak terlalu penting.

  6. Menggunakan Bahasa yang Sulit Dipahami

    Kesalahan keenam adalah menggunakan bahasa yang sulit dipahami. Beberapa penulis review cenderung menggunakan bahasa yang sulit dipahami oleh pembaca. Hal ini dapat membuat pembaca merasa bingung dan sulit memahami isi dari review tersebut. Sebaiknya, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit atau penggunaan istilah yang tidak umum.

  1. Tidak Memberikan Kesimpulan yang Jelas

Kesalahan terakhir adalah tidak memberikan kesimpulan yang jelas. Beberapa penulis review cenderung tidak memberikan kesimpulan yang jelas, sehingga pembaca tidak tahu bagaimana penilaian secara keseluruhan tentang produk atau layanan yang diulas. Sebaiknya, berikan kesimpulan yang jelas dan ringkas tentang produk atau layanan yang diulas. Jangan lupa untuk memberikan rekomendasi atau saran untuk pembaca yang ingin mencoba produk atau layanan tersebut.

Dalam menulis review, sebaiknya hindari 7 kesalahan umum di atas agar review yang ditulis menjadi lebih akurat dan informatif. Ingatlah untuk lebih objektif dalam memberikan penilaian, memberikan konteks yang cukup, mengikuti struktur yang baik, memberikan penilaian yang adil, tidak terlalu fokus pada detail kecil, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan memberikan kesimpulan yang jelas.

Baca juga: Perbedaan Review dan Opini

Demikianlah artikel mengenai 7 kesalahan umum dalam menulis review dan cara menghindarinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin menulis review yang lebih baik dan informatif.

Posting Komentar

Posting Komentar