57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Setan Lewat

Blurb dan Sinopsis Novel Setan Lewat

Bersama setan yang lewat sembarangan. Tini alias Karti Benguk menitipkan dendamnya.

Menghilang selama bertahun-tahun, Tini kembali ke desanya dan membuat semua lelaki gempar. Tini yang dulu dicap edan, kini kembali dalam wujud perempuan jelita pemikat mata. Tini kini memang memikat, tapi hati-hati kalau sudah terjerat, pikiran-pikiran berkarat, jangan sampai ketemu setan lewat. Bahaya, gawat!

Bersama setan yang lewat sembarangan. Tini melampiaskan dendamnya.

Plot dan Jalan Ceritan Novel Setan Lewat

Tini, itulah panggilannya. Seorang wanita yang akhirnya ditakuti karena siapa pun yang terlibat dengan Karti Benguk pasti akan berakhir nahas.

Namun, dulu Tini tidak seperti itu. Dulu dia bukan Tini, dia dikenal dengan nama Karti Benguk. Seorang gadis yang dirundung oleh seluruh penduduk desa karena rupanya. Karti Benguk bahkan dirundung oleh keuarganya sendiri.

Suatu hari, beberapa pria yang merasa kalau Karti Benguk bisa dimanfaatkan merencakan sesuatu kepada Karti Benguk. Mereka menculik Karti Benguk dan memperkosanya.

Pria-pria tersebut yang menduga kalau Karti Benguk meninggal akibat tindakan mereka dan kemudian meninggalkan tubuh Karti Benguk di semak-semak. Dan mereka kabur, berpura-pura tidak tahu dan tidak terjadi apa-apa.

Namun, Karti Benguk masih hidup. Karti Benguk kemudian menghilang. Para pria tersebut keheranan ke mana Karti Benguk. Mereka mengira mungkin salah satu warga akan menemukan Karti Benguk, tetapi nyatanya tidak.

Bertahun-tahun berlalu. Desa tersebut kedatangan seorang wanita cantik nan rupawan. Dan dia memperkenalkan diri dengan nama Tini. Tapi, semua orang tahu kalau Tini ini adalah Karti Benguk yang dulu mereka celakai. Dan Tini kembali untuk menuntaskan dendam.

Review dan Ulasan Novel Setan Lewat

Gua lebih suka ketiga buku sebelumnya.

Buku kali ini memberi kesan yang agak membingungkan, kesan novelnya hilang menjadi buku kumpulan kisah/cerita gitu tapi tetap asik dibaca.

Cerita karakter utama yang balas dendam ke semua orang yang menyakitinya dulu tapi porsi cerita karakter utama dikit. Yang mendominasi cerita adalah kisah-kisah setiap korban balas dendam si karakter utama diselingi muncul fakta satu per satu tentang masa lalu karakter utama.

Dan gua penasaran bagaimana si karakter utama punya kemampuan, bisa ini itu dll, agak kurang jelas gitu, hanya tahu kalau dia melakukan perjanjian ilmu hitam dengan jin. Sisanya yaitu tentang sewaktu dia menghilang nggak ada kisahnya, bagaimana bisa melakukan perjanjian, kemana dia selama ini dll masih jadi misteri.

Review Setan Lewat oleh Haditha
Setan Lewat oleh Haditha (dok. pribadi Rio Odestila)

Kalau aja ada bagian yang menceritakan kisah karakter utama saat menghilang, pergi kemana, ngapain aja terus akhirnya balik ke desa dan balas dendam. Itu pasti lebih oke, bakal lengkap ceritanya, dibuat dalam bentuk alur maju mundur.

Atau memang sengaja ditulis demikian agar kesan misterinya ada, entah itu misteri yang terpecahkan atau misteri yang tetap jadi misteri. Entahlah. Tapi kalo memang benar seperti ini, jujur gua bener-bener penasaran kisah Karti Benguk waktu dia menghilang.

Karena kebanyakan baca fiksi fantasi dan fiksi sains yang alurnya super detil terhadap karakter utama, waktu baca ini malah merasa kurang gimana gitu.

Overall oke, dan ini hanya pendapat pribadi ya. Selera gua belum tentu sama dengan yang lain.

Rating (personal) novel Setan Lewat: 3/5

Baca juga: Review Novel Aku Tahu Kamu Hantu

Video Review dan Ulasan Novel Setan Lewat

Posting Komentar

Posting Komentar