57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Blurb dan Sinopsis Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Dunia menuntut Keiko untuk menjadi normal, walau ia tidak tahu “normal” itu seperti apa. Namun di minimarket, Keiko dilahirkan dengan identitas baru sebagai “pegawai minimarket”. Kini Keiko terancam dipisahkan dari dunia minimarket yang dicintainya selama ini...

Plot dan Jalan Cerita Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Keiko adalah seorang gadis lajang yang di sebuah minimarket. Inilah kisah Keiko yang mencari jati diri, peran hidup, peran manusia, peran wanita di masyarakat, dunia, dan hidup ini.

Review dan Ulasan Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Novel dengan unsur filosofis nih. Seru.

Dengan sampul minimalis yang terdiri dari ilustrasi seorang wanita berpakaian sebagai pramusaji dan sebuah minimarket. Novel ini aslinya membahas banyak hal. Mulai dari rasanya menjadi seorang wanita yang mencoba untuk hidup dimasyarakat hingga yang lebih filosofis tentang eksistensi manusia dan perannya di dunia.

Untuk plot dan jalan cerita. Naik dan turun. Antara karakter Keiko dan pasangannya. Di beberapa bagian akan intens karena terjadi konflik yang bisa dibilang tindak kejahatan tapi di beberapa bagian lain akan lebih santai tentang kehidupan sehari-hari (slice of lice).

Karakternya juga kuat dengan sifat dan masalah mereka masing-masing. Karakter pendukung juga hadir dengan baik yang menguatkan karakter utama.

Review Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) oleh Sayaka Murata
Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) oleh Sayaka Murata (dok. pribadi Rio Odestila)

Latar cerita nggak banyak. Minimarket, kontrakan/apartemen/kos, apapun sebutan kalian, dan sebuah cafe. Nuansa kota jepang industrial di pusat bisnis juga terasa dengan penggambaran lokasi minimarket dan penggambaran gedung kantoran dll.

Buku yang akan sangat niche dan nggak bakal cocok untuk pembaca secara umum karena terkesan datar, dingin, dan topik yang diangkat cukup 'berat' istilahnya. Tapi, gua suka karena buku ini memberikan pemahaman tertentu dari perspektif berbeda. Dan gua bisa memahami bukunya dengan baik dari perspektif gua.

Kalau buat sekedar hiburan sih bisa, cuman narasi isi pikiran Keiko, karkater utama, yang cenderung negatif (over-thinking, obsesif, sedikit depresif) mungkin akan mempengaruhi yang membaca. 

Rating (personal) novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman): 4.5/5

Baca juga: Review Novel Gadis Kretek

Video Review dan Ulasan Novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Posting Komentar

Posting Komentar