57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Komik The Hellbound Vol. 1

Blurb dan Sinopsis Komik The Hellbound Vol. 1

Makhluk dari dunia lain tiba-tiba muncul untuk menyampaikan nubuat yang disebut "maklumat". Nubuat ini mengutuk individu tertentu untuk masuk ke neraka pada waktu yang sudah ditentukan di masa depan.

Tiga makhluk supernatural raksasa muncul pada waktu yang bersamaan untuk menganiaya dan membakar tubuh orang tersebut dalam semacam pertunjukan kekuatan spektakuler yang disebut "demonstrasi". Dua organisasi yang berafiliasi, yaitu Ajaran Kebenaran Baru yang seperti sekte dan kelompok Arrowhead yang seperti geng, kemudian mendapatkan kekuasaan untuk mempermainkan rasa takut umat manusia.

Plot dan Jalan Cerita Komik The Hellbound Vol. 1

Suatu hari, muncul fenomena yang sulit dipercaya. Muncul sosok misterius yang memberikan ramalan tentang usia seseorang dan kapan mereka akan dihukum. Dunia dan masyarakat heboh. Ada yang percaya dan ada yang menganggap kalau itu hanyalah takhyul belaka.

Namun, suatu hari fenomena tersebut terjadi di hadapan publik. Sejak saat itu, pemikiran orang-orang berubah. Bahkan muncul kelompok-kelompok ekstrim yang memuja sosok misterius tersebut dan berkata kalau itu adalah hukuman langit kepada manusia yang berdosa.

Ada juga pihak kepolisian yang menyelidiki kasus ini, wartawan, bahkan orang biasa yang penasaran dengan fenomena tersebut. Mencoba untuk menguak misteri yang ada.

Review dan Ulasan Komik The Hellbound Vol. 1

Yang mau gua sorot pada buku ini ada 2 yaitu cerita dan topik yang diangkat. Tapi sebelum itu, gua mau memuji hasil gambar komikusnya. Keren parah. Meskipun gambar komik dibuat digital, bukan konvensional (digambar tangan langsung di kertas), hasilnya keren.

Masuk ke bahasan utama yang menarik perhatian gua. Cerita. Komik ini bisa menghadirkan sebuah kisah misteri dengan bagus banget. Tokoh, jalan cerita, dan konflik ditulis dan dijelaskan melalui gambar dengan sangat baik. Tokoh diperkenalkan satu per satu, dibentuk dengan baik melalui kilas balik ke masa lalu (utamanya protagonis) dan kemajuan karakter kondisi A ke kondisi B (nggak mau spoiler). Bagus banget. Jalan cerita yang rapi dari runtutan kejadian yang dipadukan dengan konflik antar tokoh mengalir mulus disertai petunjuk-petuntuk penuh misteri yang membuat pembaca penasan. Seru banget terutama untuk gua yang suka kisah misteri.

Dan terakhir, topiknya juga menarik. Meskipun pembaca tidak sadar atau hanyut pada ceritanya yang seru. Komik ini mengangkat topik yang sangat menarik seperti membicarakan dosa, pahala, sosok dewa atau makhluk ilahi, kehidupan setelah kematian yaitu neraka dan surga. Mempertanyakan apa itu keadilan sebagai manusia. Ketakutan manusia dan bagaimana ketakutan mempengaruhi seseorang. Buanyak deh. Komik yang sangat intens jika didiskusikan.

Review Komik The Hellbound Vol. 1 oleh Yeon Sang-ho & Choi Gyu-seok
Komik The Hellbound Vol. 1 oleh Yeon Sang-ho & Choi Gyu-seok (dok. pribadi Rio Odestila)

"Apakah bener dewa turun ke Bumi untuk menghukum manusia yang punya moral tidak baik?"

"Bagaimana dengan orang yang kemudian menebus dosa mereka selama ini, berbuat baik, menolong orang. Apakah mereka tetap akan dihukum dan masuk neraka?"

"Apa benar neraka ada?"

"Kenapa harus menebarkan ketakutan untuk menghukum manusia?"

"Apakah orang lain sesuci itu, tidak punya kesalahan satu pun sehingga tidak memperoleh hukuman juga?"

"Apakah yang tidak dihukum akan masuk surga?"

"Apakah surga ada?"

"Atau malah sebaliknya, yang dihukum adalah orang-orang yang menebus dosanya dan masuk surga, sementara yang hidup ditinggalkan di Bumi untuk menderita dan kemudian masuk neraka?"

Sungguh komik yang bikin mikir..... Rating untuk komik The Hellbound Vol. 1:

4.5
Malaikat turun menciptakan rukun?

Baca juga: Review Komik The Hellbound Vol. 2

Video Review dan Ulasan Komik The Hellbound Vol. 1

Posting Komentar

Posting Komentar