57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

Blurb dan Sinopsis Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

Awalnya kami diminta untuk memperlebar jalan, tapi kemudian terjadi keanehan. Banyak dari para pekerja yang tiba-tiba seperti kerasukan; mereka menggaruk-garuk tanah sampai jari mereka terkelupas dan hancur. Mereka tidak berhenti sampai matahari terbenam atau mati.

Kesaksian pribumi yang melarikan diri dari proyek pembangunan Jalan Raya Pos itu didengar oleh salah seorang eks prajurit VOC. Konon, prajurit itu tahu, bahwa kejadian mengerikan itu akibat ulah seseorang tentara Belanda dengan sepengetahuan Daendels yang membawa kitab sihir dari Mesir ke Pulau Jawa.

Setelah Pertempuran Sungai Nil 1798, Prancis terus berusaha memperluas wilayahnya, termasuk Belanda. Louis Napoleon pun menunjuk Herman Willem Daendels untuk menjadi Gubernur Jenderal Hindia. Daendels tiba di Jawa pada 1808 dan melakukan banyak perubahan radikal. Banyak raja daerah yang menolak kebijakannya. Akibatnya, bagi mereka yang menentang, malapetaka hadir. Salah satunya, Keraton Surosowan di Banten pun turut dihancurkan oleh Daendels. Apakah kekuatan besar Daendels itu terkait dengan hadirnya metafisika di sekelilingnya?

Sihir Mesir di Tanah Jawa menyajikan cerita fiksi ilmiah, dengan berbagai fakta masa lalu Mesir, Eropa, dan Jawa pada awal Daendels hadir di tanah Jawa. Kitab Black Pullet, Freemason, Kanuragan, Macan Putih, Tumbal, dan cerita-cerita dari masa lalu lainnya telah membentuk peradaban. Sebuah upaya untuk mengenal lebih dekat lagi masa lalu untuk erita masa depan yang lebih baik.

Plot dan Jalan Cerita Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

Pada Pertempuran Sungai Nil, seorang prajurit menemukan sebuah buku dengan simbol dan pola-pola aneh. Buku tersebut kemudian dipungut dan dibawa pulang. Setelah dicari tahu, ternyata buku tersebut adalah sebuah buku sihir dari Mesir.

Meski tidak percaya dengan hal gaib, sihir, dan supranatural, karena prajurit tersebut haus akan kekuatan dan kekuasaan, dia kemudian mencoba buku tersebut. Membaca salah satu mantra dan menjalankan ritual yang ada.

Hal yang tidak disangka si prajurit terjadi. Sihir dari buku tersebut bekerja. Si prajurit kemudian memanfaatkan buku sihir tersebut untuk memperoleh kekuasaan dan kekuatan.

Namun, setelah beberapa waktu, ternyata buku sihir tersebut hilang. Buku sihir tersebut berpindah tangan. Daendels lah yang menemukan buku sihir tersebut. Namun, dia belum tahu fungsi, kekuatan, dan apa yang bisa dilakukan oleh buku tersebut.

Daendels kemudian memperoleh pekerjaan untuk menjadi Gubernur Jenderal Hindia. Dia pergi ke Pulau Jawa sembari membawa buku tersebut. Di Pulau Jawa, akhirnya Daendels mengetahui kekuatan buku tersebut. Semenjak itu, segala-galanya berubah.

Orang-orang yang mengetahui buku tersebut, entah mengincar buku sihir tersebut untuk diri mereka sendiri, takut akan bencana yang dibawa buku tersebut, atau mencoba untuk menghancurkan buku tersebut.

Review dan Ulasan Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

Asli, yang biasanya KTJ membuat buku mengarah ke kumpulan cerita, buku kali ini sudah sebuah cerita utuh satu kesatuan seperti novel. Dan, suka banget gua.

Ilustrasinya kece.... Udah nggak perlu diperdebatkan lagi pastinya.

Ceritanya memiliki banyak pesan. Jalan cerita lebih rapi dibanding buku-buku sebelumnya dengan plot dan konflik yang lebih intens, membuat penasaran, dan deg-degan menanti apa yang terjadi berikutnya. Cuman, ada satu kali ceritanya terpotong oleh porsi fakta-fakta tentang Dewa-dewi Yunani/Romawi.

Review Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa oleh Tim Kisah Tanah Jawa
Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa oleh Tim Kisah Tanah Jawa (dok. pribadi Rio Odestila)

Tokoh juga oke, namun perubahan sifat karakter antagonis, yang adalah orang Belanda, yang awalnya digambarkan sebagai tokoh yang bobrok, korupsi, licik, dan serakah meskipun alasannya kebaikan. Mendadak menjadi baik, ramah, welas asih, dan heroik. Aneh. Padahal tidak ada juga kejadian khusus yang mengubah sudut pandang karakter tersebut.

Yang keren lain adalah tentunya mengangkat kisah sejarah Indonesia dan digabungkan dengan mitos dan legenda tentang mistis yang ada. Rating untuk Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa:

4.5
Kitab mantra yang menyihir pembaca

Baca juga: Review Buku Kisah Tanah Jawa: Setan-setan Menggugat

Video Review dan Ulasan Buku Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

Posting Komentar

Posting Komentar