57GSGOUiym0RjqT60gh80ahb2hanHpOxHlTDFWHw
Bookmark

Review Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles)

Blurb dan Sinopsis Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles)

Siapa yang meracuni Emily Inglethorpe yang kaya, dan bagaimana si pembunuh masuk serta melarikan diri dari kamarnya yang terkunci? Kasus ini diperumit banyaknya orang yang punya motif untuk membunuh korban—mulai dari suami baru korban hingga ke dua anak tirinya, pelayannya yang temperamental, serta gadis cantik yang bekerja di apotek rumah sakit.

Novel ini menjadi debut yang brilian bagi Detektif Belgia Hercule Poirot dan jadi titik awal Agatha Christie sebagai Ratu Misteri.

Plot dan Jalan Cerita Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles)

Misteri di Styles adalah kasus pembunuhan yang terjadi di lingkungan atau lokasinya nggak jauh dari rumah pengungsi milik Hercule Poirot. Dan saat itu, Hercule Poirot sedang berada di sana untuk mengurus rumah pengungsinya.

Sebuah keluarga besar yang terdiri dari suami-istri, anak dan anak tiri beserta keluarga mereka dikejutkan dengan kematian dari nyonya rumah tersebut. Ada beberapa spekulasi tentang peristiwa itu, yaitu karena memang sudah tua dan sakit, paranormal, dan pembunuhan. Kemudian, kebetulan di saat peristiwa tersebut, Hastings yang adalah seorang pengacara sewaan/swasta yang sedang bekerja untuk keluarga tersebut menjadi salah satu saksi kejadian tersebut. Dia sedang menginap di sana karena mengurus permasalah hukum terkait bisnis keluarga tersebut dll. Hastings adalah salah seorang teman Poirot dan dia akhirnya meminta Poirot untuk menyelidiki peristiwa kematian nyonya rumah itu.

Review dan Ulasan Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles)

Oh wow...

Berhasil ketipu... Mantep.

Secara konflik dan motif, plot di buku ini sudah tidak asing lagi untuk kita. Uang. Atau lebih tepatnya warisan keluarga. Dalam penyelidikan, baik oleh Hastings dan Poirot, ditemukan bukti yaitu surat warisan keluarga yang dibakar di perapian, makanya dugaan awal adalah uang dan warisan keluarga.

Secara jalan cerita dan penulisan, ceritanya cenderung mengalir begitu saja, tidak lambat ataupun cepat dan terburu-buru. Pembaca akan melihat proses penyelidikan oleh Hastings di awal-awal buku dan diikuti oleh penyelidikan oleh Poirot hingga akhirnya pelaku tertangkap.

Review Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles) oleh Agatha Christie
Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles) oleh Agatha Christie (dok. pribadi Rio Odestila)

Kemudian, bagian menarik di buku ini adalah proses pengadilan. Pelaku menjebak orang lain dan mengarahkan bukti ke orang tersebut hingga akhirnya ditangkap polisi dan diadili. Pembaca akan menyaksikan proses pengadilan, mendengarkan saksi-saksi, barang bukti, pembelaan dll selayaknya pengadilan sungguhan. Menarik banget nih, bagian ini. Pembaca jadinya bisa evaluasi lagi nih nyari pelaku sesungguhnya dari data dan bukti di pengadilan.

Baca juga: Review Novel Hercule Poirot #2: Lapangan Golf Maut (Murder on the Links)

Terus, hal yang mengejutkan gua adalah gua udah punya dua terduga pelaku pembunuhan tersebut dan keduanya salah. Para pelaku di buku kali ini menurut gua cukup pintar dan licik. Jago banget main perannya tuh orang. Kesel gua sehabis baca.

Yang gua nggak suka adalah bagian subplotnya. Ada subplot tentang mata-mata dan spionase. Salah seorang tokoh ternyata mata-mata musuh dari negara lain pada masa itu (saat masih adanya perang) yang memanfaatkan keluarga tersebut untuk mengorek informasi dll. Sempet mikir, "Apa sih? Nggak banget, nggak nyambung dengan bahasan cerita. Tapi yaudahlah"

Sisanya, oke banget. Dan gua juga udah mulai terbiasa dengan gaya penulisan Agatha Christie yang kadang hanya nulis kutipan dialog tanpa menyebut siapa yang ngomong. Kadang bikin bingung, tapi mulai terbiasa dan menjadi daya tarik dan ciri khasnya. Rating novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles):

4.5
Tindakan pelaku yang menipu

Baca juga: Review Novel Hercule Poirot #33: Setelah Pemakaman (After the Funeral)

Video Review dan Ulasan Novel Hercule Poirot #1: Misteri di Styles (The Mysterious Affair at Styles)

Posting Komentar

Posting Komentar